Peringati Hari Pangan Sedunia, Begini Cara Menghemat Makanan dan Pengeluaran!

Hari pangan sedunia

16 Oktober setiap tahunnya selalu diperingati oleh seluruh penduduk dunia sebagai hari pangan pedunia. Hari pangan sedunia mengajarkan kita buat berhemat dalam soal makanan dan pengeluaran. 

Di Indonesia sendiri hari tersebut biasa dirayakan di sekolah-sekolah maupun instansi pemerintah. Acara yang berlangsung biasanya melekat mengenai soal makanan dan sembako serta gimana menghargai sumber daya alam di bumi. 

Penetapan hari tersebut dicetus oleh Food and Agriculture Organization yang masih satu kesatuan dengan Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1979 lalu. Setiap tahunnya mereka membuat topik tersendiri dalam merayakan hari tersebut seperti Women in Agriculture (1984), Water for Life (1994) dan Food Prices – from crisis to stability (2010).

Walaupun gak langsung memiliki dampak masif terhadap banyak orang tetapi kamu juga perlu ikut serta dalam memperingati.  

Nah daripada berlama-lama lagi mending langsung lihat aja nih gimana caranya menghemat makanan serta isi dompet kamu. Di sini kamu bakal tahu gimana caranya bisa mengontrol uang kamu dan makanan secara bersamaan dalam memperingati hari pangan sedunia. 

Baca juga: 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan

1. Memperingati Hari Pangan Sedunia ada baiknya nih menanam sayuran dan buah di pekarangan rumah

hari pangan sedunia
Bercocok tanam dan menghasilkan bahan pangan sendiri merupakan cara menghemat juga nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Menlansir dari Mashable Asia, salah satu cara paling mudah dalam memperingati Hari Pangan Sedunia adalah dengan cara menanam sayuran di pekarangan rumah. Hal ini berguna untuk meminimalisir penggunaan bahan makanan di dunia

Selain bisa menghemat penggunaan bahan makanan, tips ini juga bisa bermanfaat untuk menyelamatkan isi dompet kamu karena gak perlu keluar biaya lagi untuk berbelanja ke pasar atau supermarket.

Keuntungan lainnya kamu bisa mendapatkan sayuran maupun buahan yang segar dari halaman mu. Cara ini juga bisa meyakini menghemat pengeluaran dalam belanja. 

Baca juga: Mahasiswa, Gini Cara Berhemat yang Bisa Kamu Lakukan supaya Gak Bokek

2. Masak makanan secukupnya

hari pangan sedunia
Masak makanan secukupnya cara kita menghemat lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Poin kedua adalah menjaga porsi makanan yang kamu masak agar gak terbuang dengan sia-sia. Masih banyak orang yang gak mengetahui kalau kamu membuang sisa-sisa makanan merupakan pemborosan.  

Oleh karena itu kamu perlu memperhatikan porsi makanan yang dibuat dan dikonsumsi. Dengan cara ini berarti bisa menghemat uang belanja dari tips kedua ini.

Baca juga: Kakeibo, Cara Berhemat dari Jepang yang Bakal Bikin Kamu Kaya

3. Menyimpan makanan di lemari pendingin

hari pangan sedunia
Menyimpan makanan di lemari pendingin salah satu cara menghemat, (Ilustrasi/Shutterstock).

Tips selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk menghemat makanan dalam memperingati Hari Pangan Sedunia adalah dengan menyimpan makanan di lemari pendingin alias kulkas. 

Salah satu bahan makanan yang paling mudah busuk tentunya sayur mayur dan buah-buahan. Oleh karena itu kamu mesti cepat-cepat menyimpannya ke lemari pendingin agar lebih awet. 

Nah buat bahan makanan seperti sayur mayur dan buah-buahan yang cepat membusuk, ada baiknya nih kamu gak membelinya berlebihan. Hal ini bisa meminimalisir pembusukan dan berakhir dengan membuang bahan makanan.  

4. Hemat air

hari pangan sedunia
Salah satu cara menghemat uang adalah menghemat air juga, (Ilustrasi/Shutterstock).

Selain makanan, salah satu hal yang gak luput dari peringatan hari pangan sedunia adalah dengan menghemat penggunaan air. Penggunaan yang berlebihan terutama air bersih dan layak minum.  

Jumlah populasi manusia di bumi yang terus bertambah dan menembus angka 7 miliar juga memiliki dampak gak baik buat keberadaan air. Gak heran nih jika kamu mendengar adanya krisis air bersih di belahan dunia. 

Dengan begitu kamu juga bisa menghemat pengeluaran lho dengan cara mengurangi jumlah penggunaan listrik.

5. Memproduksi pupuk dari sisa makanan

hari pangan sedunia
Memproduksi pupuk makanan salah satu cara buat menghemat juga nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Cara terakhir dalam memperingati hari pangan sedunia yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan makanan sisa sebagai pupuk. Tips ini sangat bermanfaat jika kamu melakukan poin pertama. 

Efek yang paling dirasakan adalah dompet kamu gak lagi terkuras karena harus membeli pupuk. Jika berhasil dilakukan keberadaan uang kamu bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Nah itulah sedikit tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat makanan dan isi dompet dalam memperingati hari pangan sedunia yang jatuh hari ini, sudahkah melakukan beberapa hal yang sangat penting seperti di atas tadi? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →