Mendulang Untung Saat Valentine, Coba Jajal 6 Usaha Dadakan Ini!

Bisnis dadakan yang menjamur di hari Valentine

Hari Valentine yang dirayakan setiap tanggal 14 Februari dikenal sebagai hari kasih sayang. Tidak hanya merayakan dengan keluarga atau kekasih, ada pula yang memanfaatkan momen hari Valentine untuk meraup keuntungan.

Pasalnya, banyak orang menunjukkan rasa sayang di hari Valentine dengan memberi hadiah atau kado. Karena itu, banyak hal yang sifatnya musiman bermunculan saat Valentine tiba.

Mulai dari bunga, cokelat, kue, hingga boneka menjadi beberapa pilihan hadiah Valentine yang lazim diberikan pada orang terkasih.

Untuk mereka yang mengambil peluang hari kasih sayang, biasanya banyak yang menjalani bisnis dadakan di momen ini.

Buat kamu yang ingin mengetahuinya, berikut bisnis dadakan yang biasanya banyak bermunculan saat Valentine:

Cokelat

Cokelat di hari Valentine
Cokelat di hari Valentine

Valentine identik dengan pemberian cokelat. Sebelum banyak orang memberikan cokelat sebagai hadiah khusus saat hari kasih sayang, langkah ini pertama kali digagas Richard Cadbury pada tahun 1868.

Menangkap peluang bisnis tersebut, akhirnya banyak orang berjualan cokelat saat Valentine tiba. Mereka membuat cokelat yang telah dikemas secara menarik sendiri.

Ada pula yang membeli dari toko, kemudian mengemas ulang dan menjualnya dengan harga berbeda.

Baca juga: Diskon Sampai 85%! Cari Baju dan Aksesori Buat Outfit di Sini Aja 

Bunga

Bunga di hari Valentine
Bunga di hari Valentine

Selain cokelat, banyak anak-anak muda menjual bunga saat Valentine. Kemudian, ditawarkan kepada pasangan di tempat-tempat wisata atau daerah yang umumnya sering digunakan untuk hangout.

Selain di tempat-tempat khusus, ada pula yang menjajakannya sembari berjalan-jalan di area publik. Seperti taman atau pedestrian di sekitar kota.

Banyak yang ramai-ramai menjajakan bunga di sekitar traffic light saat kendaraan berhenti menunggu lampu hijau menyala. Mereka umumnya sudah mengemas bunga yang djajakan semenarik mungkin.

Baca juga: Jelang Valentine, Ini 10 Wilayah dengan Penduduk Paling Romantis di Indonesia 

Kue atau cupcake

Kua atau cupcake Valentine
Kua atau cupcake Valentine

Kue atau cupcake bertemakan Valentine juga menjadi salah satu bisnis menjanjikan saat hari spesial tesebut. Karena itu, banyak pelaku usaha pembuat kue kebanjiran order membuat kue atau cupcake mungil bertemakan Valentine.

Bisnis kue atau cupcake Valentine ini biasanya dilakukan dengan teknik penjualan menitipkan di toko atau swalayan yang ikut merayakan hari kasih sayang.

Boneka

Boneka di hari Valentine
Boneka di hari Valentine

Saat Valentine tiba, umumnya boneka lucu laris manis sebagai salah satu hadiah khusus yang akan diberikan kepada pasangan. Karena itu, menjelang atau saat hari Valentine, omzet bisnis penjualan boneka juga cukup tinggi.

Tak heran, banyak pelaku usaha membuat sendiri dengan memesan di pembuat boneka atau membelinya dari grosir kemudian dikemas apik dan dijual dengan harga khusus saat hari kasih sayang tiba.

Cincin dan Kalung

Cincin dan kalung di hari Valentine
Cincin dan kalung di hari Valentine

Pesanan pembuatan cincin atau kalung bertemakan hari kasih sayang atau juga yang bersifat pribadi sangat tinggi di hari Valentine.

Rata-rata bentuk kalung atau cincin yang dipesan adalah yang couple yang berfungsi agar pasangan memiliki benda sama yang dikenakan atau kompak.

Rata-rata pemesan dari produk cincin dan kalung didominasi remaja dan kaum muda yang berusia sekitar 18-24 tahunan.

Kaos couple

Kaos couple saat Valentine
Kaos couple saat Valentine

Bisnis kaos couple juga termasuk ide usaha yang cukup menggiurkan di hari Valentine. Jelang hari kasih sayang tiba, banyak pesanan ke pelaku usaha pembuatan atau sablonan kaos.

Umumnya mereka memilih desain yang simpel seperti nama, anekdot atau gambar-gambar lucu yang menandakan keserasian pasangan dalam berpakaian.

Kaos couple tersebut tidak hanya dipakai saat Valentine saja, tapi juga bisa dikenakan di lain waktu.

Itulah beberapa jenis usaha yang umumnya dilakukan saat Valentine atau kasih sayang tiba.