Masak Sendiri hingga Main Game, Ini 7 Cara Hemat Rayakan Hari Valentine Bareng Si Dia

Rayakan hari valentine dengan pasangan secara hemat bisa

Hari valentine menjadi momen yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak pasangan di seluruh dunia termasuk Indonesia. Meskipun bertaburan rasa kasih sayang, gak sedikit orang yang merasa was-was karena isi dompet yang bakal terkuras.

Berbagai macam cara dilakukan oleh para pasangan mulai dari makan malam di restoran, jalan-jalan ke tempat yang romantis hingga bikin kejutan dengan hadiah menarik. Bahkan gak sedikit orang yang menggunakan hari tersebut untuk melamar pasangannya segera menikah, romantis banget bukan?

Kamu juga bisa melakukan hal kayak gitu lho tanpa perlu mengeluarkan uang yang banyak, dan yang paling penting tanpa mengurangi makna romantis yang terkandung di hari valentine. Penasaran gimana caranya?

Yuk langsung aja kita simak tips hemat jalan bareng pasangan saat hari valentine berikut ini:

1. Masak sendiri saat malam valentine

Masak di rumah juga bisa kamu lakukan saat merayakan valentine
Masak di rumah juga bisa kamu lakukan saat merayakan valentine, (Shutterstock).

Kalau sebagian orang memilih untuk makan malam di restoran mewah dengan hiasan lilin dan suasana yang romantis, kamu bisa mengakalinya dengan memasak makanan sendiri di rumah.

Bahan-bahannya bisa kamu beli sendiri dari pasar tradisional supaya bisa lebih hemat lagi. Sedangkan untuk bumbu-bumbu bisa menggunakan yang ada di dapur. Kalau kamu gak bisa masak, bisa melihat cara memasak makanan yang diinginkan di YouTube atau internet.

2. Main video game bareng

 

Main game di rumah dengan pasangan bisa lho kamu lakukan saat valentine
Main game di rumah dengan pasangan bisa lho kamu lakukan saat valentine, (Shutterstock).

Tips hemat kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan bermain video game bareng di rumah. Dengan cara ini kamu gak perlu keluar uang sama sekali saat merayakan hari valentine.

Cuma ada syaratnya, pastiin pasangan kamu juga suka bermain game. Kalau  gak, bisa-bisa yang ada malah berantem. 

3. Cari tempat hiburan murah

Mencari tempat hiburan terdekat buat rayakan valentine
Mencari tempat hiburan terdekat buat rayakan valentine, (Shutterstock).

Jalan-jalan ke tempat yang romantis dan enak untuk berduaan seperti di pulau Bali emang membutuhkan dana gak sedikit, belum lagi waktu luang sulit dicari ketika kamu berdua bekerja.

Oleh karena itu kamu bisa menghematnya dengan mencari tempat hiburan yang relatif murah seperti di taman kota, cagar budaya atau warisan budaya di sekitar kota kamu. Pengalamannya juga gak kalah mengasyikkan kok.

4. Touring bareng

Turing bareng kekasih saat valentine perlu dicoba lho
Turing bareng kekasih saat valentine perlu dicoba lho, (Shutterstock).

Kamu pasti tahu karakter Dilan yang suka naik motor bareng Milea di film. Kisah romantis tersebut bisa kamu terapkan saat hari valentine kali ini dengan melakukan touring sepeda motor.

Bisa pergi keliling kota atau sampai keluar kota. Kamu Cuma perlu mengeluarkan uang bensin dan sedikit makanan pinggir jalan ketika merayakan valentine dengan touring motor.

5. Jalanin hobi bareng pasangan

Punya hobi bareng dan lakukan bareng kekasih saat valentine
Punya hobi bareng dan lakukan bareng kekasih saat valentine, (Shutterstock).

Hari valentine gak melulu tentang makan malam dan jalan-jalan ke tempat yang romantis lho. Kamu bisa ngejalanin hobi yang kalian berdua sukai. Contohnya seperti berolahraga dan nonton film terbaru di bioskop.

Walaupun terdengar klasik dan kuno, tapi poin ini bisa mempererat relationship kamu dengan si doi. 

6. Tukar kado di hari valentine

Tukar kado dengan pasangan saat valentine juga bisa
Tukar kado dengan pasangan saat valentine juga bisa, (Shutterstock).

Kegiatan tukar kado gak cuma bisa kamu lakukan pas hari raya Natal aja ternyata, momen hari valentine juga bisa digunakan untuk melakukannya. Kamu bisa nih menyiapkan kado-kado yang lucu dan unik serta berkesan buat pasanganmu. 

Selain romantis, kegiatan yang satu ini juga menyesuaikan dengan bujet kamu untuk berbelanja barang.

7. Double date di hari valentine

Double date dengan teman juga bisa nih kamu lalukan di hari valentine
Double date dengan teman juga bisa nih kamu lalukan di hari valentine, (Shutterstock).

Siapa dari kamu yang belum pernah melakukan double date? Kalau belum pernah bisa banget nih mencobanya di hari kasih sayang. Double date bikin suasana valentine jadi semakin meriah dibandingkan hanya berdua.

 Pilih teman pasangan kamu yang dekat agar kegiatan double date bisa lancar dan terhindar dari momen awkward.

 Kalau kamu masih bingung seberapa besar uang yang bisa dihemat jika melakukan tips di atas bisa menyimak simulasi berikut. Untuk makan malam di sebuah restoran romantis paling gak kamu perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 500 ribu per dua orang untuk menyantap menu steak beserta minumannya.

 Sedangkan jika masak sendiri kamu hanya perlu mengeluarkan biaya kurang lebih sebanyak Rp 160 ribu dengan rincian sebagai berikut:

Nama bahan Harga
Daging wagyu tenderloin (400 gram) Rp 95.000
Kentang goreng beku (500 gram) Rp 15.000
Minyak goreng (1 liter) Rp 10.000
Sayuran Rp 10.000
Garam Rp 2.500
Lada Rp 2.500
Bumbu BBQ (250 gram) Rp 25.000
Total Rp 160.000

Bisa dilihat kalau kamu memasak sendiri di rumah bisa menghemat bujet sampai hingga Rp 500.000 – Rp 160.000 = Rp 340.000. Lumayan banget kan uangnya bisa digunakan beli kopi susu selama satu bulan.

 Nah itulah 7 tips hemat jalan bareng pasangan saat hari valentine. Jadi kamu sekarang gak perlu khawatir lagi deh ngedate bareng doi. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).