15 Cara Hidup Sederhana Bisa Dilakukan Semua Orang

Hidup Sederhana

Berdasarkan penjelasan di KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), istilah ‘hidup sederhana’ adalah tidak berlebih-lebihan. Dengan kata lain, hidup berkecukupan yang tidak mengesankan berkekurangan atau berkelebihan.

Salah satu alasan mengapa menerapkan hidup sederhana dinilai penting adalah demi mencapai kebebasan finansial. Sebab dengan begitu berarti Anda menjalani gaya hidup yang tidak boros. Secara otomatis, Anda menyimpan uang yang tidak digunakan untuk dijadikan aset berharga di masa depan.

Dengan cara seperti itu, Anda bahkan bisa menjadi orang kaya! Yuk, ikuti 15 tips dan cara hidup sederhana berikut ini:

1. Tidak Konsumtif

Cara paling utama untuk memulai hidup sederhana adalah mengurangi sifat konsumtif. Sebab, untuk menjadi sederhana, Anda perlu menahan diri untuk tidak berlebihan, bukan? Berbanding terbalik dari itu, sifat konsumtif justru mengajak Anda untuk memiliki sesuatu atas dasar keinginan dan bukan kebutuhan.

Salah satu cara mengurangi sifat konsumtif adalah mengurangi belanja yang tidak perlu. Bahkan, menahan diri dari membeli barang-barang yang Anda rasa tidak terlalu diperlukan.

Anda dapat menanyakan kepada diri sendiri, “Apakah saya benar-benar butuh barang ini? Apakah kalau tidak punya barang tersebut, saya akan mati atau tidak dapat beraktivitas seperti biasa?”

2. Menyadari Prioritas Pengeluaran

Bisa menahan diri untuk berbelanja yang tidak perlu mungkin masih dapat Anda tolak, tetapi kadang kala kita bisa saja tidak menyadari adanya prioritas pengeluaran. Apa maksudnya?

Contoh, Anda dihadapkan kepada pilihan untuk memulai KPR (Kredit Pemilikan Rumah) dahulu atau mencicil mobil? Pada kasus Anda, bisa saja keduanya sama-sama penting. Kedua benda tersebut pun sama bergunanya. Namun, Anda bisa jadikan lebih spesifik, mana yang lebih penting di antara keduanya?

Yang pasti saat menentukan yang paling penting, ada baiknya untuk menyingkirkan gengsi. Kenapa harus demikian? Sebab di dalam prinsip hidup sederhana, Anda tidak membutuhkan gengsi.

Jika Anda memang butuh mobil sebagai mata pencaharian, misalnya dijadikan taksi, maka membeli mobil terlebih dahulu tidak jadi masalah. Toh, memang untuk hal produktif yang mana bisa Anda gunakan untuk mengumpulkan dana demi membayar uang muka KPR.

Akan tetapi, kalau Anda tidak ada rencana untuk menghasilkan uang dari mobil tersebut, tentu lebih bijaksana mendahulukan KPR. Harga mobil pasti menyusut, sementara rumah dapat menjadi aset paling berharga di kemudian hari.

3. Tidak Memaksakan Diri Mengikuti Gaya Hidup Orang Lain

Dengan memaksakan diri mengikuti gaya hidup orang lain, apalagi sebenarnya Anda tidak sanggup, hanya akan menyiksa diri. Pasalnya, latar belakang Anda dan orang tersebut tentu berbeda, bukan?

Anda mungkin dapat mengikuti gaya orang lain. Misalnya,orang lain memakai barang-barang branded dan Anda mampu untuk membelinya. Namun, coba telisik lagi apakah hal tersebut sepadan dengan tabungan atau aset yang Anda miliki?

Kalau ternyata Anda belum punya tabungan atau aset sama sekali, lebih baik simpan uang yang dimiliki. Tidak perlu menunjukkan diri bahwa Anda mampu mengikuti gaya tertentu.

4. Fokus pada Pencapaian Pribadi, Bukan Orang Lain

Tidak hanya soal gaya, Anda pun sebaiknya berfokus kepada pencapaian pribadi dan bukan orang lain. Tidak perlu membandingkan pencapaian Anda dengan orang lain, khususnya soal keunggulan finansial.

Pencapaian setiap orang tidak bisa disamakan sebagaimana terdampak oleh berbagai faktor. Mulai dari latar belakang, pendidikan, dan bahkan faktor luck. Yang terpenting adalah mengupayakan untuk senantiasa menjadi lebih baik daripada masa lalu. Setelah itu, barulah Anda dapat berbangga.

Dengan cara ini, Anda pun tidak ngoyo untuk bekerja hingga melupakan kemampuan tubuh dan pikiran. Kalau Anda sampai sakit, tentu harus keluar uang lagi, bukan?

5. Hidup Sederhana di Bawah Kemampuan

Salah satu kunci penting lain untuk hidup sederhana adalah hidup di bawah standar kemampuan diri sendiri. Jadi, tidak hanya berfokus untuk menurunkan standar gaya hidup, tetapi juga berupaya meminimalkan biaya hidup.

Kebutuhan utama kita adalah sandang, pangan, dan papan. Nah, kalau memang memungkinkan, turunkan standar Anda atas ketiga kelompok kebutuhan tersebut.

Misalnya, Anda butuh tempat tinggal, tetapi tidak harus tinggal di perumahan atau apartemen mewah. Atau, Anda mungkin sanggup untuk makan di luar setiap hari, tetapi kalau masih bisa berhemat dengan cara memasak sendiri di rumah, mengapa tidak?

Dengan menghemat seperti itu, Anda pun memiliki lebih banyak dana lagi untuk ditabung atau investasi. Kebebasan finansial pun akan semakin cepat Anda raih!

6. Singkirkan Pengeluaran Kecil yang Tidak Diperlukan

Pengeluaran-pengeluaran besar, seperti bujet kongko bersama teman atau belanja baju bulanan mungkin dapat dikurangi. Akan tetapi, pengeluaran kecil sering kali terus berjalan tanpa disadari.

Anda berlangganan terlalu banyak layanan. Padahal, Anda tidak benar-benar butuh atau bahkan tidak sempat menggunakannya.

Contoh, Anda berlangganan streaming online terlalu banyak. Mulai dari Netflix, Iflix, dan HOOQ secara sekaligus hanya karena merasa ada beberapa siaran yang tidak disediakan di salah satu layanan. Coba deh untuk pilah-pilih lagi mana yang benar-benar Anda sukai, tidak perlu diborong secara membabi-buta.

Begitu juga dengan pengeluaran kecil, seperti “jajan-jajan kecil”. Ada baiknya untuk mulai memerhatikan pengeluaran seperti itu.

Katakanlah, Anda mengeluarkan uang untuk beli camilan atau air mineral botol Rp30 ribu per hari. Tanpa disadari dalam sebulan, Anda mengeluarkan uang sampai dengan Rp900 ribu. Padahal dana tersebut setara dengan makan siang Anda selama sebulan.

Untuk bantu mendukungnya, prioritaskan kepada kesehatan tubuh Anda bahwa dengan mengurangi jajan, Anda bisa sekaligus menjalani diet sehat.

7. Buang atau Hibahkan Barang yang Tidak Dipakai Lagi

Menjalani hidup sederhana hampir dapat disamakan dengan hidup minimalis. Termasuk pula soal pilihan barang-barang yang ada di tempat tinggal Anda.

Semakin banyak barang bertumpuk di rumah, maka semakin banyak waktu yang harus Anda sediakan untuk membenahi dan merawatnya.

Nah, mengapa tidak membuang atau hibahkan saja barang-barang yang sudah tidak terpakai itu? Selain tempat tinggal Anda menjadi lebih lega, Anda pun tidak perlu pusing memikirkan di mana harus meletakkan barang-barang tersebut lagi. Termasuk pula biaya perawatannya.

8. Rajin Memberi Zakat

Walaupun hidup pas-pasan, bukan menjadi alasan untuk tidak memberikan zakat kepada orang yang kurang mampu. Dengan begitu, rezeki yang kamu dapatkan di kemudian hari akan digandakan oleh Sang Pencipta.

Memberi zakat juga bisa memberikan rasa lega dan tenang kepada diri sendiri, lho!

9. Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Kartu kredit itu bagai pisau bermata dua, di satu sisi bisa berbahaya jika penggunannya tidak diatur dan tepat sasaran, namun di sisi lain juga bisa menjadi yang yang baik bila bisa digunakan sebagai hal yang produktif seperti membangun usaha.

Oleh karena itu ada baiknya menggunakan kartu kredit secara bijak dan tidak berlebihan setiap bulannya.

10. Aktif Mengikuti Kegiatan Sosial

Tips atau cara hidup sederhana yang selanjutnya adalah dengan mengikuti kegiatan sosial. Banyak orang menghabiskan sebagian besar waktu luangnya dengan pergi jalan-jalan ke mal atau pusat perbelanjaan, akibatnya pengeluaran semakin boros.

Dibandingkan pergi ke mal atau pusat perbelanjaan, ada baiknya mengganti kebiasaan tersebut dengan aktif di berbagai kegiatan sosial di lingkungan rumah, tempat ibadah hingga komunitas tertentu.

11. Liburan Boleh, Asal…

Setelah bekerja selama berbulan-bulan, liburan adalah aktivitas yang sangat penting untuk menyegarkan pikiran dari kejenuhan. Liburan juga gak selalu identik dengan lokasi-lokasi yang mahal seperti Raja Ampat, Bali ataupun ke luar negeri.

Anda bisa melakukan liburan singkat dan sederhana dengan mengunjungi museum, tempat piknik atau sekedar pergi ke restoran dengan pemandangan yang indah.

12. Memiliki Tabungan dan Investasi yang Cukup

Supaya pengelolaan keuangan bisa mencukupi di berbagai kebutuhan, Anda juga gak boleh melupakan satu hal yang penting yakni menabung serta berinvestasi. Gunanya untuk memenuhi kebutuhan di masa yang akan datang serta mempertahankan valuasi harta yang dimiliki.

Terdapat berbagai macam hal yang bisa dilakukan seperti investasi emas, logam mulia, saham hingga reksa dana. Tinggal sesuaikan aja sama kemampuan dan kebutuhan diri sendiri.

13. Menggunakan Transportasi Umum

Menggunakan transportasi umum merupakan penerapan gaya hidup sederhana yang paling simpel untuk bisa diterapkan. Sekarang ini di  beberapa kota besar, fasilitas sarana dan prasarana transportasi udah terbilang cukup layak digunakan oleh publik. Sebut aja seperti MRT dan LRT.

Jadi gak ada salahnya memanfaatkan fasilitas yang udah disiapkan oleh pemerintah untuk menerapkan gaya hidup tersebut mulai dari sekarang. Tentunya jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan juga ya!

14. Berkumpul dengan Orang Terdekat

Bukan cuma waktu Lebaran atau Hari Raya keagamaan aja, silaturahmi dengan keluarga, saudara dan orang terdekat juga penting dilakukan untuk menjalin hubungan yang baik. Selain menjalin relasi yang baik, silaturahmi juga bisa berguna untuk melepas stres setelah melakukan pekerjaan yang membebani hidup.

15. Hilangkan Rasa Gengsi untuk Hidup Sederhana

Tips atau cara hidup sederhana yang terakhir adalah dengan menghilangkan rasa gengsi. Banyak orang gak bisa hidup secukupnya karena takut gengsi atau dipandang sebelah mata oleh rekan dan teman-temannya.

Padahal hal tersebut belum tentu benar terjadi. Banyak tokoh sukses yang berpakaian apa adanya ketika bekerja atau sekedar jalan-jalan keluar rumah seperti pendiri sosial media Facebook yakni Mark Zuckerberg. Itu bisa terjadi karena mereka menghilangkan rasa gengsi dari dirinya sendiri

Demikian 15 tips dan cara untuk hidup sederhana yang dapat Anda terapkan. Semoga kebebasan finansial yang Anda impikan dapat tercapai setelah menerapkan tips-tips tersebut!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →