Hidup Sederhana dan Bangun Siang, Inilah Fakta Bos Google Sundar Pichai

Gempa yang terjadi di Palu hingga memicu terjadinya tsunami meninggalkan luka yang mendalam. Ungkapan belasungkawa dan uluran bantuan mengalir dari banyak orang. Salah satunya yang turut bersimpati adalah Sundar Pichai.

Rupanya apa yang terjadi di Palu telah menyentuh perasaannya. Mewakili Google, ia menyampaikan rasa simpatinya yang mendalam buat keluarga korban yang ditinggalkan. Selain itu, ia juga memberitahukan pemberian uang senilai US$ 1 juta sebagai wujud bantuan Google.

Sikap Sundar Pichai dan Google ini memang layak mendapat pujian. Ternyata gak cuma itu, ada fakta-fakta menarik dari sosok CEO Google ini. Seperti apa? Yuk disimak.

1. Masa kecil dijalani serba sederhana

Sundar Pichai, Bos Google (Instagram).

Gak seperti yang dibayangkan banyak orang, Sundar Pichai ternyata hidup dalam keadaan serba sederhana. Ia terlahir di Tamil Nadu, India pada 12 Juli 1972.

Di tanah kelahirannya Sundar bersama keluarganya tinggal di sebuah apartemen yang isinya cuma dua kamar. Begitu sederhananya, jangan harap kamu bisa menemukan televisi di apartemennya. Buat tidur aja, ia mau gak mau harus berbagi kamar dengan adiknya.

2. Dikenal sebagai sosok yang kalem dan sangat pintar

Sundar Pichai dikenal sebagai sosok yang kalem (Instagram).

Sepertinya hidup sederhana yang dijalaninya membentuk Sundar Pichai menjadi sosok yang kalem. Ia dikenal gak pernah neko-neko alias lurus aja dalam kesehariannya.

Udah gitu Sundar juga terbilang pintar. Di sekolah ia selalu menjadi unggulan. Saking pintarnya, ia pernah menjadi juara dalam ujian pencarian bakat nasional. Gak heran kalau peraih gelar sarjana di Indian Institute of Technology Kharagpur bisa mendapat beasiswa buat melanjutkan pendidikan di Stanford University.

Asal tahu aja nih. Universitas yang satu ini emang dikenal sebagai pencetak bibit-bibit unggul di dunia teknologi. Nama-nama seperti Elon Musk, Sergey Brin, Larry Page, hingga Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy adalah lulusan Stanford University.

3. Bisa berangkat ke Amerika Serikat berkat ayahnya

Sundar bisa ke Amerika Serikat berkat pengorbanan ayah dan keluarganya (Instagram).

Sekalipun dapat beasiswa buat melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat, bukan berarti Sundar Pichai bisa langsung berangkat ke sana. Keterbatasan dana sempat menjadi kendala  saat itu.

Beruntungnya Sundar punya ayah sangat perhatian akan pendidikannya. Agar Sundar bisa berangkat, ayahnya sampai mengajukan pinjaman. Sayang, pengajuannya ditolak.

Dalam situasi tersebut, mau gak mau tabungan keluarga US$ 1.000 digunakan demi bisa beli tiket pesawat. Sundar pun akhirnya bisa ke Amerika Serikat berkat pengorbanan ayah dan keluarganya.

4. Berkarier di Google sejak 2004

Sundar Pichai berkarier di Google sejak 2004 (Instagram).

Karier pertama yang dijalani Sundar Pichai dimulai di Applied Materials. Setelah itu, ia melanjutkan kariernya di McKinsey & Company.

Sundar mulai bergabung ke Google tahun 2004. Ia diserahi tanggung jawab buat mengembangkan beberapa produk Google, seperti Google Chrome, Chrome OS, dan Google Drive. Terus ia juga dipercaya buat mengembangkan Gmail dan Google Maps.

5. Dipercaya mengurusi Android

Pada 2013, ia dipercaya menggantikan posisi Andy Rubin buat mengurusi Android (Instagram).

Selama bekerja di Google, karier Sundar Pichai bertambah bagus dan terus menanjak. Pada 2013, ia dipercaya menggantikan posisi Andy Rubin buat mengurusi Android.

Dalam pengembangan ini, ia diminta buat menarik banyak orang agar menggunakan Android. Salah satu proyeknya yang terbilang sukses adalah peluncuran Android One.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Keberadaan smartphone ini sebagai wujud Google buat menyediakan smartphone yang terjangkau di seluruh dunia.

6. Ogah terlibat drama dan politik di Google

Sundar Pichai juga sosok pekerja yang ogah terlibat drama dan politik di kantornya (instagram).

Selain dikenal sebagai sosok yang kalem, Sundar Pichai juga sosok pekerja yang ogah terlibat drama dan politik di kantornya.

Ia lebih memilih buat menghindarinya ketimbang menceburkan diri ke dalamnya. Fokus pada apa yang dikerjakannya dan memastikan timnya bekerja dengan baik menjadi cara Sundar buat menghindari drama dan politik kantor.

7. Hobi bangun siang

Sundar Pichai gemar bangun siang (Instagram).

Banyak yang mengira orang yang punya jabatan penting atau posisi yang tinggi di kantor pasti jadwalnya selalu ketat. Sampai-sampai gak ada yang namanya bangun siang dalam kamus mereka.

Hal tersebut ternyata gak berlaku buat Sundar Pichai. Masih banyak yang belum tahu ternyata Sundar suka banget bangun siang. Sesiang-siangnya bangun tidur Sundar itu antara pukul 06.30 dan 07.00.

Menurutnya, ia bukanlah tipe morning person. Sehabis bangun tidur ia butuh waktu sendiri semisal baca koran dan minum teh.

8. Diangkat menjadi CEO Google tahun 2015

Pada 2015, Sundar Pichai diangkat menjadi CEO Google (Instagram).

Prestasi dan dedikasinya yang luar biasa selama bekerja di Google membawanya buat menduduki posisi yang lebih tinggi lagi. Pada 2015, Sundar Pichai diangkat menjadi CEO Google.

Buat informasi, posisi ini sebelumnya dijabat Larry Page yang merupakan pendiri Google. Sementara Larry Page memilih buat mengurusi Alphabet Inc.

Saat di Google, Sundar pernah mengambil keputusan tegas. Ia melakukan pemecatan terhadap karyawan Google yang membuat memo merendahkan wanita. Walau akhirnya dituntut, Sundar mengaku gak nyesal buat keputusan tersebut.

Itu tadi fakta-fakta menarik seputar Sundar Pichai. Sifatnya yang selalu rendah hati dan fokus pada tujuan yang pengin dicapainya layak menjadi inspirasi. Semoga aja di bawah kepemimpinannya makin banyak inovasi Google yang tercipta! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →