Biar Masa Tua Aman Sentosa, Berapa Sih Dana Pensiun yang Diperlukan?

Menghitung dana pensiun

Gak salah nih masih umur 25-an udah ngomongin dana pensiun? Pensiunnya kan masih lama banget.

Anggaplah kamu akan pensiun di usia 55 tahun. Artinya, kamu masih memiliki sekitar 30 tahun masa produktif. Perlukah waktu selama itu untuk menyiapkan dana masa tua?

Perlu dong. Apalagi jika kamu ingin menikmati masa pensiun yang nyaman. Persiapan dana pensiun akan lebih baik jika dilakukan sejak dini, bahkan saat pertama kali bekerja.

Masa pensiun yang nyaman artinya kamu masih mampu menunjang gaya hidupmu seperti saat ini, tanpa harus bekerja. Selain itu, kamu pun bisa menikmati masa tua dengan melakukan hal yang kamu inginkan, seperti travelling atau melakukan hobi lain.

Menurut statistik, usia harapan hidup manusia sekitar 68 tahun. Artinya, kita perlu menyiapkan dana untuk 13 tahun masa pensiun. Gak mau kan hidup tergantung pemberian anak atau orang lain nantinya?

Pertanyaan selanjutnya, berapa dana yang dibutuhkan agar 13 tahun masa pensiun bisa dilalui dengan kondisi finansial yang aman sentosa? Rp 500 juta? Rp 1 miliar?

Untuk menjawab pertanyaan ini mari kita lakukan simulasi hitung-hitungan bersama.

Menghitung dana pensiun

dana pensiun
(Image: Tirto)

Perlu diketahui bahwa kebutuhan dana pensiun akan berbeda-beda tiap orang. Faktor pembedanya mulai dari gaya hidup yang diharapkan saat pensiun, anak yang masih ditanggung, penyakit yang diderita, dan lainnya.

Jadi, mari kita hitung dengan melihat kondisi diri masing-masing. Pertama, catat berapa gaji terakhirmu saat ini dan estimasi usia pensiun.

Contoh kasus:

Saat ini kamu berusia 25 tahun dengan gaji Rp 8 juta per bulan. Kamu ingin menikmati masa tua dengan travelling atau menggeluti hobimu. Dengan asumsi saat pensiun nanti kamu udah gak punya cicilan utang atau pun tanggungan pendidikan anak, kamu pikir dana Rp 6 juta per bulan masih bisa memenuhi keinginanmu tersebut.

Dengan demikian, dana yang kamu butuhkan untuk 13 tahun alias 156 bulan adalah Rp 6 juta x 156 = Rp 936 juta. Begitu?

Sayangnya, gak bisa se-simple itu. Harus diingat bahwa besaran Rp 6 juta saat ini gak sama nilainya pada 30 tahun mendatang.

Tentu masih ingat, saat kecil dulu, uang Rp 1.000 sudah bisa bikin perut kenyang, tapi sekarang buat parkir aja gak cukup. Begitu pula dengan nilai uang saat beberapa tahun mendatang. Inilah faktor inflasi yang gak bisa diabaikan.

Oleh sebab itu, kita harus punya perkiraan nilai Rp 6 juta pada 30 tahun mendatang. Beberapa tahun ke belakang, rata-rata kenaikan inflasi per tahunnya 4-5 persen. Kamu bisa mencoba menghitung melalui situs finance formula seperti pada gambar di bawah ini.

dana pensiun

Ket:

  • Rate per period adalah estimasi kenaikan inflasi (5 persen) dibagi 12 bulan
  • # of Period adalah total tahun x 12 bulan (30 tahun x 12 bulan = 360)

Dari perhitungan di atas, diketahui bahwa uang yang kamu perlukan tiap bulannya melambung dari Rp 6 juta jadi Rp 26,7 juta per bulan. Oleh sebab itu, selama 13 tahun (156 bulan) masa pensiun kamu membutuhkan sekitar Rp 26,7 juta x 156 = Rp 4,1 miliar.

Pertanyaan berikutnya, bisakah menyiapkan dana sebesar Rp 4,1 miliar?

Cara siapkan dana pensiun

Dana tersebut bisa kamu penuhi dengan mencicil selama masa produktif. Mencicil ke mana? Ke produk investasi dong. Supaya uangmu terus bertambah sesuai dengan imbal hasil atau return produknya.

Jika imbal hasil yang didapatkan sebesar 15 persen, kamu hanya perlu mencicil Rp 790 ribu per bulan lho. Untuk mendapatkan imbal hasil 10-15 persen, tempatkan dana pada instrumen investasi berupa reksadana atau saham.

Semakin tinggi asumsi imbal hasil yang didapatkan, semakin sedikit dana yang perlu disisihkan. Begitu pula dengan periode persiapan yang dilakukan. Semakin dini kamu memulai, dana yang perlu dicicil pun akan semakin kecil.

dana pensiun
(Image: huffingpost)

Jadi, gak salah dong sudah harus menyiapkan dana pensiun meski baru 25-an? Kalau menurut perhitunganmu, berapa dana pensiun yang kamu perlukan?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →