Hobi Olahraga Ekstrem? Ini 4 Alasan Kamu Butuh Asuransi

asuransi olahraga ekstrem

Apakah kamu punya hobi olahraga ekstrem? Perlu kamu tahu, olahraga ekstrem punya risiko yang relatif lebih besar ketimbang olahraga pada umumnya.

Risiko yang jelas sekali dihadapi para pegiat olahraga ekstrem adalah tentunya kecelakaan, bahkan yang paling buruk adalah kematian. Oleh karena itu, penting bagimu buat punya perlindungan yang baik untuk dirimu.

Perlindungan yang dimaksud di sini adalah proteksi asuransi. Bukan asuransi kesehatan atau asuransi kesehatan biasa, namun asuransi khusus untuk olahraga ekstrem.

Sebab, hanya asuransi khusus olahraga ekstrem saja yang dapat memberikan pertanggungan bagi risiko-risiko yang berpeluang dialami para pegiat olahraga ekstrem. Pertanggungan ini amat penting untuk membuatmu terhindar dari risiko kehilangan uang dalam jumlah besar untuk menanggung biaya pengobatan atau perawatan jika sesuatu yang buruk terjadi.

Namun, seberapa penting asuransi untuk olahraga ekstrem ini bagi kamu penyuka aktivitas olahraga ekstrem? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini, sebagaimana dikutip dari Jagadiri. 

1. Olahraga ekstrem amat menyenangkan, namun tinggi risiko

Olahraga yang memacu adrenalin itu memang seru. Rasa tegang dan gembira bercampur jadi satu. Kita akan senang dan puas jika mampu menaklukkan suatu tantangan. Tapi, itu juga setara dengan risikonya.

Katakanlah kamu hobi olahraga sepeda gunung. Tiap akhir pekan jadi waktu wajib untuk bersepeda bareng kawan-kawan. Namun, apa jadinya jika baru saja gowes mendaki bukit, tiba-tiba kakimu terkilir dan sepedamu jatuh. 

Di sinilah peran asuransi olahraga ekstrem. Asuransi bakal memberikan perlindungan dari mengalami risiko kecelakaan saat olahraga dan risiko meninggal dunia akibat kecelakaan. 

2. Pengorbanan yang dikeluarkan terlalu besar, sayang bila tak ada proteksi terhadap risiko

Memang, jika sudah ketagihan olahraga ekstrem, apa aja bakal diupayakan pastinya. Sebut saja soal aksesoris. Kalau sudah terlanjur cinta dengan kegiatan naik gunung, peralatan dan aksesoris daki gunung yang terbilang mahal pun diborong semua. Selain fungsinya, perangkat dan fashion naik gunung tentu bakal meningkatkan kadar ketampanan dan kecantikan beberapa ratus persen.

Biar maksimal, tentu banyak juga di antara kamu yang juga rela melakukan latihan fisik berupa jogging dan kardio tiap hari. Tujuannya, supaya otot-otot tubuh terlatih untuk melakukan kerja berat saat mendaki. 

Lalu, apa hubungannya dengan asuransi olahraga ekstrem? Asuransi bikin kamu makin tenang saat mendaki. Tidak perlu khawatir siapa yang menanggung risiko kecelakaan dan bagaimana santunan meninggal dunianya. Alhasil, tetap bisa fokus menikmati perjalanan pendakian bersama teman-teman tanpa rasa khawatir. 

3. Kalau olahraga ekstrem sudah jadi profesi, proteksi wajib hukumnya

Bagi kamu yang memang berprofesi sebagai atlet olahraga ekstrem, sudah tentu proteksi asuransi jadi hal yang wajib. Di samping risiko kecelakaan, profesi atlet rentan sekali terkena dehidrasi berat, cedera otot, cedera sumsum tulang belakang, terkilir, patah tulang, cedera kepala berat, hingga heat stroke

Memiliki asuransi sebagai proteksi amat membantu meringankan beban finansial akibat kecelakaan yang dialami.

4. Walau sudah sesuai aturan main, risiko tetap ada

Setiap olahraga ekstrem pasti memiliki prosedur masing-masing untuk memastikan keamanan para pegiatnya. Tak jarang, para pegiat olahraga ekstrem harus berlatih cukup lama dalam bimbingan dan pengawasan pelatih berpengalaman, sampai bisa melakukan aksi olahraga tersebut dengan baik.

Prosedur dan aman dari arahan pelatih sudah sepatutnya jadi pegangan. Sehingga, jika ada risiko cedera, kamu tetap bisa mengatasi dan mengurangi dampak buruknya.

Namun, seketat apapun kita mengikuti segala prosedur dan arahan, risiko tetaplah ada. Oleh karena itu perlindungan asuransi yang baik masih jadi kebutuhan dan keharusan. 

Nah, buat kamu yang hobi olahraga ekstrem, sudahkah terlindungi dengan asuransi? Jika belum, tak perlu repot, karena sekarang ada asuransi yang memberikan layanan praktis, yakni melalui pengajuan polis, pembayaran premi, hingga pengajuan klaim secara online.

Tak hanya itu, asuransi online yang ditawarkan oleh Jagadiri, memberikan fasilitas-fasilitas menarik pula, seperti evakuasi medis ke fasilitas perawatan terdekat, repatriasi medis bagi yang ingin pulang usai menjalani perawatan, transportasi yang mendampingimu selama bepergian 7 hari, sampai layanan pengiriman obat dalam keadaan darurat. 

*berlaku untuk produk Jaga Jiwa Xtra, Jaga Jiwa, Jaga Aman, Jaga Aman Plus

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →