Ibu-ibu Kini Bisa Cek Harga Kebutuhan Pokok Sebelum Belanja Lewat Info Pangan Jakarta

info pangan jakarta

Iih, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama pengertian banget sih sama derita ibu-ibu yang suka was-was isi dompetnya kurang saat belanja di pasar. Jelas was-was dong mengingat harga sembako enggak pernah pasti.

Kadang harga daging sapi hari ini pas sama isi kantong, tapi besoknya berubah mencekik leher. Hari ini rencana masak telur sambal balado bisa batal total gara-gara sekilo telur banderolnya melejit dua kali lipat.

Sekarang itu tinggal cerita. Keluhan ibu-ibu soal harga sembako yang berfluktuasi itu dijawab Pemprov DKI lewat http://infopangan.jakarta.go.id/. Di situ tertera dengan lengkap harga sembako yang berlaku di pasar-pasar yang dikelola PD Pasar Jaya. Semua harga-harga itu di-update tiap hari.

“Ibu-ibu yang mau belanja ke pasar, tapi bingung soal harga bisa cek dulu ke website yang dikelola Pemprov DKI Jakarta http://infopangan.jakarta.go.id/,” tulis Gubernur Basuki Tjahja Purnama di akun Facebook-nya.

Kalau mau lebih praktis lagi, tinggal download saja aplikasi yang bernama ‘Info Pangan’. Aplikasi itu gratisan kok.

Bagi yang pakai iPhone, bisa diunduh lewat App Store. Terus yang smartphone-nya Android, silakan dicari di Google Play Store.

info pangan jakarta

Cek dulu aplikasi Info Pangan Jakarta sebelum eksekusi ke warung langganan

Aplikasi info pangan Jakarta itu bisa digunakan untuk pantau kenaikan harga sembako atau membandingkan harga sembako dari satu pasar dengan pasar lainnya. Begini kan enak. Jadinya bisa bebas mau belanja di mana yang sodorin harga termurah. Ya namanya ibu-ibu, urusan irit sudah jadi prinsip utama!

[Baca: Trik Belanja Bulanan yang Bikin Selamet Anggaran Keluarga]

Enggak usah khawatir nyasar karena aplikasi ini juga dilengkapi peta. Di situ bakal dituntun lokasi pasar yang ingin dituju.

Selain membantu untuk pantau harga, aplikasi ini juga bisa mencegah para pedagang bandel memainkan harga sembako. Kan semua harga sudah tertera dengan jelas sehingga bisa bedakan dengan jelas mana pedagang yang ‘nakal’ dengan pasang harga tinggi-tinggi.

[Baca: Lokasi Belanja yang Ramah sama Isi Dompet]

Tambahan lagi ya, aplikasi ini juga jadi ‘alarm’ buat pemerintah kalau harga-harga sembako naiknya sudah enggak masuk akal. Ibu-ibu bisa cerewetin dengan memberi masukan ke pemerintah.

Misalnya harga cabe merah yang sudah kelewat mahal, langsung lapor lewat aplikasi buatan developer yang kerja sama dengan Bank Indonesia dan Pemprov DKI ini.

info pangan jakarta

Kayak begitu tampilan Info Pangan Jakarta, Bapak-bapak dan Ibu-ibu

Sebenarnya tujuan dari aplikasi ini selain memudahkan warga Jakarta mengecek harga sembako, juga dimaksudkan untuk pemerataan distribusi sembako sesuai dengan permintaan. Kan ini bisa jadi masalah. Ketika permintaan di suatu pasar menumpuk, dikhawatirkan pedagang bakal aji mumpung memainkan harga.

Sedangkan bagi ibu-ibu, aplikasi ini kegunaannya simpel saja. Apalagi kalau bukan bikin pede alias percaya diri lagi ke pasar.

Enggak ada lagi kisah pulang dari pasar bermuram durja. Enggak ada lagi cerita isi dompet kurang pas ke pasar.

Terus, aplikasi ini juga bisa dijadikan rujukan rencana mau masak apa. Tinggal sesuaikan saja sama anggaran belanja harian. Ini karena karena harga-harga sembako sudah enggak gelap lagi.

[Baca: Ini Dia Barang Belanjaan yang Sebenarnya Bisa Dibikin Sendiri]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →