Selamat Hari Ibu! Ini Perempuan Sukses Zaman Now yang Cocok Jadi Panutan

Selamat hari ibu! Tahu dong kalau setiap tanggal 22 Desember merupakan hari yang spesial bagi semua perempuan terutama para ibu di Indonesia. Nah, bertepatan dengan Hari Ibu kali ini, yuk kita melihat para perempuan yang sukses jadi ibu rumah tangga dan juga memiliki jenjang karier yang bikin salut.

Ya! Para ibu modern ini gak cuma sukses mengurus rumah tangga tetapi mereka juga berkarya dan berkarier. Bahkan, beberapa di antara mereka ada yang menyabet gelar wanita terkaya lho!

Melihat kerja keras mereka yang bisa dibilang gak mudah, perjalanan karier para ibu rumah tangga berikut ini mendapatkan apresiasi. Bukan zamannya lagi nih perempuan saat ini hanya duduk di rumah dan mengurus anak dan mengerjakan pekerjaan rumah.

Baca juga: Berawal dari Suka, Perempuan Ini Sukses Bangun Kerajaan Bisnis Jamu

Sekarang ini udah banyak banget perempuan yang meraih kesuksesan dalam berkarier baik di perkantoran maupun di pemerintahan. Bayangkan aja, udah banyak lho perempuan-perempuan Indonesia saat ini menduduki posisi sangat strategis di perusahaan maupun instansi pemerintahan.

Mau tahu siapa aja perempuan Indonesia yang sukses jadi ibu rumah tangga tapi punya kesuksesan dalam berkarier juga. Yuk, kita lihat bareng-bareng di bawah ini yang udah dirangkum oleh redaksi MoneySmart.id: 

1. Sri Mulyani

Sri Mulyani bisa dibilang salah satu perempuan sukses yang memiliki karier yang moncer dan ibu rumah tangga, (Instagram/@smindrawati).

Kamu pasti udah gak asing lagi dengar nama Sri Mulyani Indrawati. Ibu rumah tangga satu ini bisa dibilang hebat banget! Sebab, dia gak cuma jago mengurus rumah tangga tetapi juga berkontribusi buat negara dan dunia Internasional.

Sukses jadi Menteri Keuangan, Sri Mulyani sempat didapuk jadi Direktur Pelaksana Bank Dunia beberapa tahun lalu. Disebut-sebut gaji Sri Mulyani mencapai Rp 5 miliar per tahun.

Baca juga: Wajib Ditiru! Ini Nih 5 Perempuan Indonesia yang Sukses di Usia 20an

Kini, Sri Mulyani sendiri udah kembali ke Indonesia dan menjabat posisi Menteri Keuangan lagi. Sementara itu, ketiga anak Sri Mulyani juga terbilang sukses. Salah satunya adalah Dewinta Illinia Sumartono yang mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

2. Tri Rismaharini

Bu Risma salah satu gambaran ibu rumah tangga yang sukses memiliki karier yang meroket, (Instagram/@trirismaharini).

Kerap disapa sebagai “Bu Risma”, Tri Rismaharini merupakan walikota Surabaya yang cukup menyita perhatian banyak masyarakat Indonesia. Oh ya, ibu dua anak tersebut adalah wanita pertama yang mampu menjabat sebagai walikota Surabaya.

Soal keuangan, Risma bisa disebut miliarder. Sebab, harta kekayaannya mencapai Rp 1,8 miliar. Meski demikian, angka tersebut emang masih jauh lebih rendah ketimbang pejabat ataupun figur politik lainnya.

Baca juga: Kelainan Kulit, 5 Perempuan Ini Malah Sukses Jadi Model

Rima sendiri memiliki dua anak yaitu Fuad Bernardi dan Tantri Gunarni Saptoadji. Dimana kedua putra dan putri Risma tersebut mulai aktif berwirausaha di bidang kuliner.

3. Kartini Muljadi

Kartini Muljadi salah satu gambaran ibu rumah tangga yang sukses, (Instagram/@ditasoedarjo).

Kartini Muljadi bisa dibilang salah satu legenda yang bakal dikenang sepanjang masa. Namanya legendaris karena bisnis Kartini Muljadi yang menggurita di Tanah Air. Bahkan, namanya masuk dalam daftar Forbes sebagai wanita terkaya di Indonesia.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Istri Lim Tjing Hien tersebut dikenal sebagai pengusaha setelah sebelumnya sempat berkarier di kehakiman. Sekarang, Kartini Muljadi menggerakkan bisnisnya bersama-sama dengan anak-anak dan cucu-cucunya. Total kekayaan keluarga tersebut pun mencapai US$ 610 juta atau setara Rp 8,8 triliun!

4. Desi Sulistio Hidayat

Desi Sulistio Hidayat adalah salah satu pendiri brand Sido Muncul yang kini udah dikelola oleh anaknya, Irwan Hidayat. Mendiang Desi Sulistio Hidayat jadi contoh nyata bahwa ibu rumah tangga sekalipun masih bisa berbisnis.

Perusahaan turun-temurun tersebut bermula dari usaha kecil di sebuah kota kecil. Namun, perusahaan tersebut kini berhasil menyabet predikat sebagai salah satu perusahaan terbesar di Indonesia. Gak cuma itu, Desi Sulistio Hidayat sendiri sempat dinobatkan sebagai salah satu wanita terkaya di Indonesia versi GlobeAsia.

Total kekayaan keluarga Desi Sulistio Hidayat mencapai US$ 640 juta atau setara Rp 9,2 triliun. Desi sendiri sempat mewariskan bisnis kuliner bahkan pada cucu-cucunya.

5. Anne Avantie

Anne Avantie salah satu perempuan zaman now dan ibu rumah tangga yang memiliki karier bagus, (Instagram/@anneavantieheart).

Kamu yang update banget sama dunia fashion pasti udah sering dengar nama Anne Avantie wara-wiri di berbagai fashion show. Perancang busana sekaligus ibu dari tiga anak tersebut bisa dibilang sukses hingga ke panggung Internasional.

Gak cuma jadi miliarder, Anne Avantie pun termasuk publik figur paling dermawan. Dia mendirikan berbagai yayasan dan aktif dalam berbagai kegiatan sosial. Gak heran kalau Anne dinobatkan sebagai miliarder paling dermawan versi majalah Forbes.

Kini, Intan Avantie mengikuti jejak sang ibu menjadi desainer fesyen. Sementara itu, kedua anak lainnya seperti Ernest Christoga Susilo jadi koki dan berbisnis. Sementara itu, putra bungsunya telah menyelesaikan pendidikan SMA beberapa tahun lalu.

6. Arini Subianto

Nama Arini Subianto mencuat khususnya sejak masuk dalam daftar wanita terkaya Indonesia versi Forbes. Yang bikin kisahnya makin menyita perhatian karena Arini adalah seorang ibu tunggal yang ditinggal suaminya karena kecelakaan.

Ibu rumah tangga satu ini memiliki dua anak. Meski berstatus sebagai ibu tunggal, dia berhasil membangun perusahaan keluarga yang dia miliki jadi sukses. Salah satu perusahaan tersebut adalah Persada Capital Investama.

Total kekayaan Arini Subianto kini mencapai US$ 665 juta atau setara Rp 9,6 triliun. Angka tersebut mengalahkan Kartini Muljadi yang dulunya memegang predikat wanita terkaya Indonesia.

Inspiratif banget ya ibu-ibu rumah tangga yang udah disebutkan di artikel ini. Ada yang merintis dari nol, ada pula yang bekerja sama dengan suami, serta bahkan ada yang berstatus ibu tunggal.

Apapun background mereka, para ibu top ini bisa menyeimbangkan antara perannya sebagai ibu rumah tangga dan berkarier. Terbukti, sebagian besar dari keturunan mereka pun akhirnya menikmati hasilnya dan melanjutkan kerja keras tersebut.

Kamu yang perempuan zaman now juga bisa lho mencapai titik karier seperti mereka di atas. Gak ada salahnya kamu perempuan memiliki posisi pekerjaan yang lebih baik dari pasangan.

Jangan pernah mau kalah dengan apa yang di raih oleh pria saat ini. Perempuan pun juga bisa memiliki “lebih” dalam pendapatan dan karier lho. Asalkan kamu mau bekerja keras dan giat demi menggapai cita-cita. (Editor: Mahardian Prawira).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →