Jokowi Bilang Pemerintahan Dilan, Kalau “Bisnis Dilan” Apa Saja ya Jenisnya?

ide bisnis

Istilah Pemerintahan Dilan alias “digital melayani” yang disebut Jokowi di debat capres memang santer diberitakan media. Nah, meminjam konsep “dilan” ala Jokowi alias memberikan pelayanan kepada masyarakat melalui sistem digital, ternyata ada lho ide bisnis “dilan” yang kiranya bisa dirintis pakai modal kecil atau modal dengkul.

Bob Sadino pernah bilang, “Mau gak kira-kira kalau dengkulnya dibeli 500 juta? Tidak mau kan, berarti Anda punya modal 1 milyar dengan 2 dengkul Anda!” Paham?”

Intinya adalah, apapun bisnisnya, niat pendiri usahalah yang jadi kunci keberhasilannya. Bukan seberapa besar modalnya.

Jadi, mau bisnis dilan atau bukan dilan pun tetap bakal sukses kok. Asalkan kamu memang berani dan serius dalam membesarkannya.

Kira-kira bisnis dilan seperti apa ya yang bisa dirintis pakai modal kecil atau modal dengkul? Berikut ulasan lengkapnya.

Baca juga: Cuma Modal Rp 5 Juta, Ini 12 Peluang Usaha yang Menjanjikan Tahun Ini

1. Jasa desain grafis

ide bisnis
Jasa desain grafis. (Pixabay)

Bersyukur banget jika kamu adalah seorang karyawan di bidang desain di salah satu perusahaan. Bermodalkan komputer atau laptop yang kamu digunakan di kantor, kamu bisa memulai bisnis dilan yang satu ini.

Sejatinya, untuk mencari pelanggan dari jasa desainmu tidaklah sulit. Sekarang sudah ada banyak platform internet pencari tenaga kerja freelance. Bener dong kalau ide bisnis yang satu ini memang bersifat dilan alias digital melayani. Wong kamu melayani pelanggan yang mau bikin desain.

Cantumkan saja portfolio kerjamu di sana. Pasti cepat deh dapat calon klien baru.

Baca juga: 9 Nasihat Bob Sadino Biar Bisnis Modal Kecil Untung Besar

2. Ide bisnis jasa pembayaran

ide bisnis
Jasa pembayaran pakai kartu kredit. (Shutterstock)

Kelihatannya memang gak wajar, tapi kalau kamu punya kartu kredit tentu saja jasa ini bisa jadi salah satu ide bisnis.

Jasa pembayaran itu cukup luas, bisa mencakup pembayaran online situs streaming atau jasa belanja online di situs asing yang menggunakan kartu kredit.

Tetapkan saja tarif jasa sebesar berapa persen dari harga barang yang dibeli. Gak usah kemahalan dan jangan kemurahan juga.

Baca juga: Modal Nol Rupiah Tapi Untungnya Gede, Berani Coba 5 Bisnis Ini?

3. Kursus online

ide bisnis
Kursus online. (Pixabay)

Apa bakatmu? Main musikkah? bahasa asingkah? olahragakah? digital marketing? atau apalagi? Bakat berlimpah itu jelas bisa jadi salah satu ide bisnis dilan. Setuju gak?

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Kalau gak tahu caranya gimana, coba buka saja channel Youtube. Lihat deh berapa banyak tutorial-tutorial gratis yang diberikan oleh salah satu pemilik akun Youtube. Intinya kamu bakal melayani banyak orang yang memang mau belajar.

Kamu pun bisa melakukan hal yang sama. Kursusnya ya pake sistem video call saja, tapi jangan lupa, yang mau ikut tentu harus bayar.

4. Pembuatan website

ide bisnis
Jasa bikin website. (Pixabay)

Gak sedikit orang yang memang pengin bikin situs sendiri untuk kepentingan personal ataupun bisnis. Kenapa gak bantuin mereka saja? Tentunya ini bisa dilakukan jika kamu memiliki skill pembuatan website.

Dan sekali lagi, kamu bisa memanfaatkan platform pencari jasa freelance untuk melancarkan bisnis ini. Mudah bukan?

5. Jasa konsinyasi

ide bisnis
Jasa konsinyasi. (Pixabay)

Konsinyasi jelas bisa membantu para pedagang yang mau jualan, tapi mager atau gak ngerti dalam memanfaatkan medsos atau online store.

Kamu yang paham tentu bisa melayani dia dengan membantu pemasaran dagangan mereka. Tapi jangan lupa terapkan juga biaya lapak.

Itulah empat ide bisnis dilan yang bisa kamu garap dari sekarang. Ada yang modal dengkul alias cuma modal skill, ada juga yang harus modal infrastruktur dan duit. Tapi walaupun modal duit pasti gak gede-gede amat, gak sebesar mendirikan perusahaan sejenis GoJek, Grab, dan lainnya.

Namun balik lagi, semuanya tentu ada modal utamanya yaitu laptop dan koneksi internet. Karena kalau gak pakai internet ya bukan dilan namanya. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →