Berpeluang Menjanjikan, Ini Deretan Ide Bisnis di Musim Hujan yang Bisa Dicoba

Membuka-kedai-makanan-pinggir-jalan-jadi-salah-satu-bisnis-musim-hujan-yang-menjanjikan-Shutterstock

Musim hujan telah datang sejak akhir tahun kemarin. Banyak orang yang tidak menyukai musim ini karena berdampak pada pekerjaan mereka. Seperti jalanan kian macet, menuju tempat kantor semakin lama, karena tinggal di daerah pinggir ibu kota. Kondisi banjir yang juga menghambat aktivitas semakin menghantui di musim-musim seperti ini. 

Akan tetapi, musim hujan sebetulnya memiliki banyak keuntungan bagi sebagian besar orang. Di musim ini ada beberapa peluang bisnis yang bisa dijajal lho. Mulai dari jasa ojek payung, penjual jas hujan hingga cuci kendaraan. 

Meski musiman, ide bisnis saat curah hujan sedang tinggi ini sebetulnya berpeluang menjanjikan kalau kamu pandai menyisir setiap celah yang ada. Ada beberapa ide bisnis di musim hujan ini yang bisa berlanjut di segala musim lainnya. Meski tidak seramai saat musim ini sedang berlangsung. 

Nah, gak usah berlama-lama lagi deh, mari kita simak yuk ide bisnis di musim hujan yang bisa kamu lakukan mengutip dari pelbagai sumber. 

1. Cuci kendaraan

Musim Hujan
Cuci kendaraan (Shutterstock).

Salah satu peluang bisnis yang sangat menjanjikan di musim hujan ini adalah cuci kendaraan. Bisa cuci motor, atau kendaraan roda empat seperti mobil. Tentu saat hujan seperti ini orang akan semakin sering menggunakan kendaraan pribadi mereka, terlebih mobil. Karena dengan menggunakan mobil, mereka tidak akan terkena cipratan air yang menggenang di jalan, tidak kehujanan, dan suasana nyaman meski akan terkendala macet. 

Saat seperti ini juga membuat orang jadi enggan mencuci kendaraan mereka sendiri. Jadikan ini peluang baik untuk kamu. Sewa lahan yang cukup untuk menampung beberapa kendaraan roda empat. Buka selama 24 jam nonstop selama musim hujan, dijamin kamu bakalan dapat cuan yang lumayan besar. Buat kamu yang cuma memiliki modal kecil, buka usaha seperti ini di rumah juga gak masalah kok. 

2. Laundry

Musim Hujan
Bisnis Laundry (Shutterstock).

Satu lagi kebiasaan yang bisa dijadikan peluang bagus saat musim hujan adalah jasa laundry. Biasanya, saat hujan seperti ini orang malas untuk mencuci, karena mereka sadar pakaian lembab dan sulit untuk segera kering. 

Mengirimkan pakaian kotor ke laundry pun menjadi solusi. Nah, gunakan peluang ini untuk mendapatkan cuan banyak. Kamu bisa menyewa ruko yang cukup untuk menampung mesin cuci dan area jemur pakaian. Usahakan memberikan pelayanan yang maksimal ya. Jangan sampai pakaian customer makin apek setelah dicuci ke tempat laundry kamu. 

3. Jual pelapis sepatu tahan air

Musim Hujan
Pelapis sepatu tahan air (Shutterstock).

Usaha lain yang bisa dipertimbangkan saat musim hujan ini adalah menjual pelapis sepatu tahan air. Bentuknya seperti kaus kaki yang bisa menutupi sepatu hingga menyeluruh. Terbuat dari karet lentur sehingga tidak mudah sobek jika digunakan selama musim hujan ini. 

Kamu gak perlu sewa lokasi untuk usaha yang satu ini. Cukup berjualan online saja dari rumah, pasarkan melalui marketplace yang ada. Bisa juga menawarkan secara mulut ke mulut pada tetangga atau kerabat. Jangan lupa gunakan media sosial untuk mempromosikan barang yang kamu jual ini ya. 

4. Jual minuman tradisional hangat

Musim Hujan
Wedang Ronde (Shutterstock).

Peluang bisnis di musim hujan juga bisa kulineran lho. Jika kopi sudah terlalu banyak, kamu bisa mencoba jualan minuman tradisional yang bisa memberikan efek hangat pada tubuh. 

Minuman tersebut bisa wedang jahe, wedang bajigur, wedang ronde, dan sekoteng yang memang banyak diminati masyarakat saat musim hujan datang. Gak perlu mahal, kamu cukup jual seharga Rp 5 ribu per porsi juga bakalan banyak pengunjung yang datang. Sambil berteduh, mereka bisa menghangatkan tubuh dengan minuman yang kamu jual ini. 

5. Jual makanan berkuah

Musim Hujan
Bakso jadi makanan yang tepat dikonsumsi saat hujan (Shutterstock).

Satu lagi kuliner yang cocok di jual saat musim hujan seperti sekarang ini, yakni makanan berkuah panas. Bisa soto ayam, soto mie, soto kuah santan, bakso dan yang lainnya. 

Selain membuat suasana menjadi lebih dingin, hujan juga membuat tubuh terus merasakan lapar. Dalam cuaca dingin dan berangin, rasanya sangat pas jika menyantap makanan yang berkuah dan panas. Nah jangan lewatkan peluang untuk menjual jenis makanan seperti ini guys! 

Dengan modal yang gak besar, kamu udah bisa membuat usaha ini dan dijalankan di rumah. Atau kalau memang memiliki modal besar, gak ada salahnya juga menyewa ruko pinggir jalan agar cakupan pembeli makin luas. 

Nah, itu tadi lima peluang usaha yang cocok untuk musim hujan seperti saat ini. Tidak musim hujan pun, lima usaha di atas masih bisa dijalankan dengan baik asal kamu fokus dalam berbisnis. Jangan mudah menyerah dan tetap semangat ya! (Editor: Winda Destiana Putri). 

 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →