5 Ide Bisnis Menguntungkan Cocok Buat Kamu yang Hobi Berkebun

Ide bisnis untuk yang suka berkebun

Banyak ide bisnis dari hobi berkebun. Sayangnya, terkadang untuk menyalurkan hobi tersebut terkendala beberapa hal, seperti ketersediaan lahan dan waktu untuk mengurusnya.

Berkebun bisa dilakukan di mana saja. Kalau kamu tinggal di pedesaan, mungkin akan banyak spot yang bisa dimanfaatkan. 

Kalau kamu tinggal di perkotaan, manfaatkan saja ruang-ruang sempit di rumah. Metode berkebun seperti ini disebut dengan hidroponik.

Apa yang ditanam juga bisa beragam, mulai dari sayuran hingga buah-buahan. Namun, agar lebih efisien, kamu juga perlu memperhatikan karakteristik bibit yang kamu tanam.

Hal yang paling diperhatikan adalah, iklim daerah. Pasalnya, gak semua tanaman bisa dikembangkan di sembarangan tempat. 

Ada yang hanya bisa di tanam di daerah pegunungan, ada juga yang hanya bisa berkembang di daerah panas.

Intinya, apabila dijalankan penuh ketekunan, berkebun bisa menjadi ladang penghasilan yang menjanjikan. Yang paling umum sih, kamu bisa menjual hasil panen kebun kamu.

Tapi, ada banyak ide bisnis yang dikembangkan dari hobi ini. Apa saja? Yuk simak rangkuman di bawah ini seperti dikutip dari Businessadvice:

1. Menjual hasil kebun organik

Menjual hasil kerbun organik (Pixabay)

Mengonsumsi hasil perkebunan sendiri seperti sayuran dan buah-buahan tentu bakal lebih menghemat pengeluaran kamu.

Gak cuma itu, kamu juga bisa memastikan kebersihan hasil panen tersebut ketimbang membeli di pasar atau supermarket. Kamu bisa memastikan apa yang kamu konsumsi bebas zat-zat kimia berbahaya.

Tapi, ini bisa jadi peluang usahamu lho. Kalau kamu memiliki lahan luas, cobalah lebih banyak tanaman untuk kemudian dijual kembali.

Menjual produk organik bisa menjadi ladang pemasukan bagi kamu. Jangan takut kehilangan pasar, karena tren masa kini, masyarakat sudah mulai beralih ke sayuran-sayuran dan buah-buahan organik.

Kalau perlu, buat brand sendiri hasil kebunmu, kemudian distribusikan ke supermarket atau restoran terdekat.

Banyak tanaman yang bisa dijadikan komoditas produk organik, misalnya seperti brokoli, lobak, kacang panjang, sawi, bawang, hingga buah-buahan seperti jeruk, apel, mangga.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Harga jual produk kebun organik bisa dibilang lebih mahal ketimbang sayuran yang dijual di pasaran. Karena higienis dan kualitasnya dijamin aman untuk tubuh.

2. Menjual benih

Menjual benih (Pixabay)

Jangan cuma berkebun, belajarlah cara membuat benih. Misalnya, jika kamu menanam cabai, coba untuk membuat benihnya juga. Caranya mudah, petik cabai yang sudah tua dari kebunmu, ambil bijinya dan kemudian rendam bijinya di air bersih.

Untuk memilah mana biji yang baik, kamu bisa mengambil yang sudah tenggelam, karena biasanya yang tenggelam akan menunjukkan pertumbuhan yang baik bila ditanam. Setelah diambil, tinggal dijemur hingga kering.

Kalau kamu berminat menjualnya, masukkan sekitar 10 sampai 20 benih ke dalam kemasan dan dijual deh secara online. Harga untuk 10 benih cabai bisa dijual sekitar Rp 10 ribu hingga Rp 20 ribu, tergantung jenis cabainya.

Untuk membuat benih tanaman lainnya, kamu bisa lihat-lihat di internet. Saat ini, sudah banyak para petani atau pemilik kebun yang membagikan ilmu dan tipsnya dalam mengembangkan perkebunan khususnya dalam hal pembuatan benih.

3. Menjual bunga

Menjual bunga (pixabay)

Kalau ide bisnis satu ini lebih tepat untuk mereka yang senang berkebun tanaman-tanaman hias. Menanam tanaman hias memang bikin hati tenang. Bagaimana tidak, setiap hari, kamu bisa memandangi kecantikan bunga-bunga dengan penuh warna.

Selain membuat hati tenang, ternyata ini bisa menjadi ladang uang yang menguntungkan. Salah satu tanaman hias yang bisa dijadikan sumber penghasilan adalah mawar.

Jika kamu berhasil mengembangbiakkannya dalam jumlah banyak, jual saja tangkai-tangkai mawar itu ke toko bunga. Satu tangkai biasanya dijual seharga Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu.

Kalau kamu punya keahlian membuat buket, harga jualnya bisa lebih tinggi lagi, sekitar Rp 50 ribu hingga Rp 200 ribuan.

4. Membuka kelas berkebun

Buka kursus berkebun (Shutterstock)

Bertahun-tahun lamanya kamu menggeluti dunia perkebunan, hingga berhasil mengembangkan beberapa tanaman dengan caramu sendiri. Artinya, skill-mu dalam berkebun sudah berada di level ekspert.

Di momen itulah, saatnya kamu untuk berbagi ilmu dengan orang-orang banyak, tentunya berbayar.

Meski murah, berkebun bukanlah hal yang mudah. Bagi orang awam, melihat di internet, atau belajar dari ahlinya menjadi satu-satunya cara untuk menjadi mahir.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Kalau kamu merasa mahir, buka saja kursus tentang berkebun. Bisa digelar di rumah, atau lahan perkebunan kamu jika memang memungkinkan.

Ajari mereka bagaimana merawat tanaman yang baik, caranya memetik hasil panen, dan lain-lain. Lumayan kan uang hasil kursus ini bisa buat menambah penghasilanmu.

5. Menjual jus murni

Jualan jus murni (Pixabay)

Jika memiliki banyak tanaman buah di kebunmu, dan bingung ketika sedang panen mau dikemanakan buah-buahan itu, daripada nanti membusuk, lebih baik kamu jadikan jus.

Jus organik dan murni, kemudian dikemas semenarik mungkin di dalam botol. Bisa juga kamu jadikan selai buah-buahan seperti stroberi, dan lainnya.

Setelah dikemas menarik, tinggal kamu pasarkan via online, atau coba tawarkan ke supermarket-supermarket.

6. Jual peralatan berkebun

Jual peralatan berkebun salah satu ide bisnis

Berhubung para pemilik hobi berkebun gak sedikit, maka permintaan terhadap sarung tangan, gunting,  gembor,skop, dan peralatan lain juga tentunya lumayan tinggi. Nah, kenapa gak kita manfaatkan saja untuk bisnis?

Bisa saja kita membeli peralatan-peralatan itu di China dalam jumlah banyak, dan menjualnya di e-commerce lokal. 

Perkakas-perkakas dari Negeri Tirai Bambu umumnya dijual dengan harga lebih murah. Membeli dalam jumlah banyak tentu harganya bisa lebih murah lagi.

7.  Jual pupuk

Jual pupuk salah satu ide bisnis

Kalau benih saja dijual, maka jangan lupa juga untuk menjual pupuk. Dengan pupuk yang tepat, tentu saja proses tumbuhnya tanaman-tanaman akan lebih optimal.

Jenis pupuk memang cukup beragam. Ada pupuk kandang, kompos, organik, dan lain sebagainya. Kegunaan pupuk itu pun berbeda-beda. 

Itulah tujuh ide bisnis yang bisa memberikan pundi-pundi uang untuk kamu yang demen banget berkebun. Semua itu bisa dimulai dengan skala kecil hingga skala besar tergantung dengan ruang yang kamu miliki.

Intinya, kamu harus memahami betul bagaimana cara berkebun dan memanen hasilnya. Kalau kamu tidak memiliki keahlian, jangan harap bisnis-bisnis di atas bisa berjalan dengan baik, sekalipun lahan kamu luas. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →