Hemat dan Gak Pakai Ribet, Ini 5 Ide Dekor Mobil Pengantin Sendiri

Mobil pengantin memang bukan unsur utama dalam pernikahan. Tapi, wajar kok kalau kamu ingin pernikahanmu sempurna dan tampak indah, termasuk mobil pengantinnya. Namanya juga prosesi sekali seumur hidup kan.

Walau begitu, bikin mobil pengantin yang cantik gak perlu banyak biaya juga. Kalau mau hemat, hias aja sendiri. Bareng sama calon pasanganmu juga boleh. Itung-itung sekalian pacaran berfaedah.

Eh, butuh idenya? Tenang, MoneySmart punya kumpulan ide dekorasi mobil pengantin biar cantik di hari pernikahanmu.

1. Dekorasi bunga

mobil pengantin
(Image: pinimg)

Dekorasi bunga di kap depan mobil paling banyak digunakan orang dan terbilang cukup mudah. Kamu hanya perlu satu ikat bunga yang segar. Jika ingin bermain warna, pilihlah warna bunga yang senada seperti merah muda dan putih agar tampak berkelas.

Kalau kamu bosan dengan gaya di atas, peletakan bunga bisa diubah menjadi seperti di bawah ini.

mobil pengantin
(Image: pinterest)

Kamu bisa meletakan satu buket bunga pada sudut atas mobil dan menyusun beberapa tangkai bunga di bawahnya. Cara ini akan membuat bunga tampak seolah berjatuhan secara alami.

mobil pengantin
(Image: pinterest)

Menyebarkan beberapa tangkai bunga pada satu sisi mobil juga akan membuat mobilmu tampak cantik. Atur komposisi antara bunga berukuran besar dan yang kecil agar tampak natural tapi gak berantakan.

Kalau kamu gak terlalu suka hiasan yang cukup ramai pada bagian depan mobil, kamu bisa menghias hanya pada belakang seperti gambar di bawah ini.

mobil pengantin
(Image: pinterest)

Untuk menghias menggunakan bunga, bujet yang diperlukan mulai dari Rp 250 ribuan.  Besarannya tergantung jenis dan berapa banyak bunga yang kamu gunakan.

Sebagai informasi, jika ingin mencari bunga segar dengan harga terjangkau di Jakarta, datanglah ke Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta Barat. Di sana terdapat ratusan penjual bunga yang memasang tarif 20-30 persen lebih murah dari tempat lain.

2. Dekorasi balon

Penggunaan balon juga kerap digunakan sebagai penghias mobil pengantin. Bujetnya bisa setengah dari dekorasi bunga. Berikut inspirasinya.

mobil pengantin
(Image: pinterest)

Kamu bisa membentuk balon menjadi karakter tertentu kayak pasangan angsa di atas atau membentuk simbol hati. Tapi, kalau kamu merasa ini cukup merepotkan, langsung dikaitkan seperti gambar di bawah ini juga cantik kok.

mobil pengantin
(Image: pinterest)
mobil pengantin
(Image: pinterest)

3. Dekorasi pita

Gak mau pakai bunga dan balon? Kamu masih punya alternatif lain, pita! Menghias mobil menggunakan pita bisa lebih irit dan tetap cantik selama kamu dapat menghias dengan baik. Berikut inspirasinya.

mobil pengantin
(Image: pinterest)

Kamu bisa juga kreasikan pita dan kain tile menjadi bunga mawar putih yang cantik. Gak akan layu di jalan, tapi juga gak tampak murahan.

Mau yang lebih simple lagi? Membuat bentuk pita dari kain tile seperti di bawah ini juga manis, lho.

mobil pengantin
(Image: pinterest)

Harga kain tile juga gak mahal. Umumnya cuma butuh sekitar Rp 13.000 per meternya.

4. Fokus pada detail

Selain mendekorasi bagian lapang pada mobil –seperti kap depan atau belakang–, jangan lupakan mempercantik mobil pada bagian-bagian kecil seperti pada gagang pintu atau belakang spion.

 

mobil pengantin
(Image: pinterest)

 

mobil pengantin
(Image: pinterest)

5. Jangan berlebihan

Kalau kamu suka dengan dekorasi bunga, balon, dan pita, atau bahkan boneka, bisa juga mengombinasikan ketiganya. Kayak gini nih.

 

mobil pengantin
(Image: pinterest)

Walau begitu, pastikan dekorasi yang kamu lakukan gak berlebihan. Bukan cuma berpotensi terlihat jelek, tapi juga bisa berbahaya buat keselamatan di jalan. Misalnya kayak dekorasi di bawah. Kasihan pengemudinya sih.

mobil pengantin
(Image: pinterest)

Satu lagi, saat mendekorasi mobil sendiri, pastikan semua ornamen telah merekat dengan sempurna. Ikat  tali atau pita yang digunakan dengan kencang agar tidak terlepas atau berantakan di jalan.

 

Gimana? Mudah kan? Hemat banyak rupiah lagi. Jangan sungkan meminta bantuan teman atau sepupumu. Jadikan kegiatan hias-menghias ini sebagai aktivitas yang menyenangkan biar hasilnya juga maksimal.

Selamat mempersiapkan hari bahagiamu yah!