Ide Usaha untuk Mahasiswa yang Mau Sampingan, Berdasarkan Jurusan Kamu

Ide usaha untuk mahasiswa banyak tersedia di luar sana. Mahasiswa yang nyambi kerja pun pastinya banyak.

Ada yang memang butuh biaya, ada pula yang iseng mengisi waktu luang. Selain itu, beberapa mahasiswa mencoba mengaplikasikan ilmunya dalam usaha sampingan tersebut.

Ini nih mahasiswa yang punya visi jauh ke depan. Kalau kamu ingin seperti mereka, berikut ini ada ide usaha sampingan mahasiswa berdasarkan jurusan.

Siapa tahu ide ini bisa dijalankan hingga menguntungkan. Selain dapat penghasilan, bisa sekalian praktik sehingga berguna saat masuk dunia kerja.

Ide Usaha untuk Mahasiswa FKIP dan MIPA

usaha untuk mahasiswa
Masih mahasiswa tapi udah punya omzet ratusan juta rupiah…Hmmm..gurih…. (ristekdikti)

– Buka les-lesan

Buat para calon guru dan punya passion dalam bidang sains, buka les-lesan cocok jadi usaha sampingan. Sesuaikan mata pelajaran serta level kelas dengan kuliah yang ditempuh. Selain privat, bisa juga kerja sama dengan temen sefakultas untuk bikin les-lesan bersama.

– Freelance bikin LKS

LKS alias lembar kerja siswa berisi soal-soal latihan buat siswa sekolah. Beberapa penerbit buka lowongan freelance buat bikin LKS ini. Coba hubungi penerbit yang biasa nerbitin LKS, mungkin mereka butuh freelancer baru.

[Baca: 6 Pekerjaan Sampingan Ini Bakal Cepat Menghasilkan Uang]

Ide Usaha untuk Mahasiswa SASTRA

– Les bahasa asing

Terutama mahasiswa sastra Inggris, buka les bahasa bisa jadi ide bagus. Seperti ide buat mahasiswa FKIP, bisa buka les privat maupun buka kelas bersama bareng teman-teman.

– Content writer

Mahasiswa sastra biasanya pandai merangkai kata-kata. Coba deh cari lowongan freelance content writer. Kalau jago bahasa Inggris, ada beberapa forum online yang mempertemukan pencari jasa content writer dan si content writer itu sendiri.

– Translator/interpreter

Ini juga khusus buat mahasiswa sastra asing. Jadi translator/interpreter freelance bisa mendatangkan penghasilan lumayan. Khususnya interpreter, ya, karena harus menerjemahkan on the spot di samping penutur asing.

– Guide

Bila kota tempatmu berkuliah sering dikunjungi wisatawan, bisa dicoba jadi guide di lokasi wisata. Hubungi agen travel atau komunitas guide setempat untuk mendapat informasi bagaimana cara jadi freelance guide.

– Bikin cerpen

Di kuliah diajari teori cerpen, kenapa gak dipraktikkan di dunia nyata? Bikin cerpen lalu kirim ke media massa. Bisa juga puisi atau esai. Yang lebih keren, bikin karya dan kirim ke penerbit untuk dijadikan buku. Lumayan bisa dapet royalti dan nama sebagai penulis.

[Baca: Mahasiswa Rantau, Atur Keuanganmu Kayak Gini Supaya Dompet Aman Terkendali]

FISIP dan HUKUM

usaha untuk mahasiswa
Kalau udah nikmatin enaknya berbisnis, jangan lupa tetep harus lulus kuliah dulu ya. Biar suksesnya dobel. (isigood)

– Guide

Mahasiswa komunikasi ya yang terutama bisa mencoba jadi guide. Ilmu komunikasinya bisa dipraktikkan ketika berkomunikasi dengan turis asing.

– Fotografer

Banyak mahasiswa FISIP yang punya passion di bidang fotografi. Kenapa gak berupaya jadi fotografer freelance? Buat pre-wedding, misalnya. Bisa juga coba jadi fotografer lepas di media massa.

– Nulis opini di media massa

Baik orang FISIP maupun hukum, nulis opini di media massa bisa jadi tantangan sekaligus batu loncatan karier. Makin sering tulisan dimuat, yakinlah makin bagus peluang karier ke depan.

TEKNIK dan TEKNOLOGI

– Programmer

Punya hobi utak-atik bahasa pemrograman komputer? Jadi programmer freelance aja. Bisa juga bikin start-up di bidang digital, siapa tahu malah sukses dan dapet suntikan investor.

– Budi daya tanaman/ternak

Ini nih yang cocok buat mahasiswa teknologi pertanian/kehutanan/peternakan. Bisa praktik ilmu sekalian. Coba kerja sama bareng teman sekelas biar maju bareng.

– Ikut lomba desain arsitektur

Buat mahasiswa arsitektur, mungkin hobi corat-coret desainya bisa disalurkan ke kompetisi atau lomba. Ikuti komunitas arsitek di forum Internet dan aktiflah di sana. Ikuti pula komunitas offline biar gak ketinggalan info.

[Baca: 4 Cara Dapat Uang Rp 2,5 Juta dalam Sebulan Tanpa Kerja Sampingan]

SENI

usaha untuk mahasiswa
Sesekali berdemo memprotes hal yang gak betul boleh aja, harus bahkan. Tapi jangan lupa praktik ilmu dari kuliahnya ya. (2bp)

– Bikin band/jadi penyanyi profesional

Salurkan jiwa senimu ke dunia tarik suara atau panggung musik, gak cuma dipelajari di kampus. Gak sedikit band besar yang diawali dari bangku kuliah.

– Bikin lukisan

Bikin lukisan untuk dijual boleh juga. Sketsa buat cendera mata, misalnya. Kalau jago betul, bisa dilirik kurator dan kolektor nanti. Syukur-syukur masuk galeri seni dan laku dengan harga tinggi.

– Desainer grafis/interior freelance

Buat yang kuliah desain grafis/interior, job freelance ada buanyak di luar sana. Rajin-rajin cari info di forum online aja. Selain itu, bisa gabung situs pencari pekerjaan. Siapa tahu setelah jadi freelancer bisa diangkat jadi pegawai setelah lulus nanti.

Daftar di atas cuma contoh. Pastinya masih banyak ide usaha mahasiswa berdasarkan jurusan yang bisa ditemukan.

Tugas utama mahasiswa memang belajar di bangku kuliah. Tapi gak ada salahnya cari penghasilan dari usaha sendiri.

Entah itu bikin bisnis atau jadi freelancer, penghasilan dari kerja sendiri itu gak cuma bernilai materi. Pengalaman serta koneksi yang didapat pasti berguna kelak setelah lulus dan mencari kerja.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →