Idenya Sepele! Bisnis Menguntungkan dengan Target Orang-orang ‘Mager’

bisnis yang menguntungkan

Kira-kira di dunia ini ada nggak ya bisnis yang menguntungkan sepanjang masa? Sebenarnya yang namanya bisnis akan mendatangkan keuntungan ketika pelakunya pandai dalam mengelolanya. 

Berbisnis memang tidak pernah ada matinya untuk dilakoni, mulai dari nol hingga berada di puncaknya dengan mendatangkan keuntungan alias cuan. Tak sedikit juga, pelaku bisnis pun mengalami masa-masa terpuruk, jatuh bangun dalam membangun sebuah usaha sudah banyak ceritanya lho. 

Jatuh bangun dalam melakoni sebuah bisnis memang sudah tidak asing lagi bagi orang yang menjalaninya. Di era yang sudah maju pesat ini, banyak ide bisnis sangat menjanjikan untuk mendatangkan uang. 

Membuat sebuah bisnis memang perlu intuisi yang bagus, agar tidak salah melangkah, salah satunya memikirkan target pasar. Bingung mau menentukan jualan apa dan harus mulai dari mana? Kalau gitu, coba kamu pilih ide bisnis yang target pasarnya adalah orang-orang malas gerak di sekitarmu, alias ‘mager’.

Kalau iya, ini bisa jadi peluang bagus! Karena orang-orang mager yang hobinya leyeh-leyeh ini bakal bergantung sama layanan berbentuk jasa yang bisa memudahkan aktivitas mereka setiap harinya. Lantas, kenapa nggak kamu jadikan ini kesempatan untuk buka bisnis jasa buat mereka?

Biar rekening kamu semakin gendut di kemudian hari, ini dia 10 bisnis yang menguntungkan dengan target pasar orang malas. Yuk pahami, pelajari, dan dirikan bisnisnya ketika kamu sudah siap. Penasaran?

1. Cuci steam

Bengkel cuti steam motor dan mobil jadi salah satu bisnis yang menguntungkan saat ini. Apalagi kalau lagi musim hujan tiba. Pasalnya, nggak semua orang punya waktu buat mencuci kendaraannya sendiri di rumah, terutama orang-orang yang malas gerak.

Itulah kenapa peluang usaha ini bakal laris manis sampai kapan pun juga. Selain itu, modalnya juga gak mahal kok, apalagi kalau kamu sudah punya lahan.

Gak perlu buru-buru beli hidrolik deh, kemahalan! Mulai aja dengan buka tempat cuci steam kecil di garasi rumah. 

2. Warung makan

Sudah bukan rahasia lagi kalau bisnis makanan emang gak ada matinya. Bisnis makanan bisa dibilang sebagai bisnis yang menguntungkan saat ini hingga masa datang. Target utama dari bisnis ini adalah orang-orang yang gak bisa atau malas masak, mulai dari para karyawan sampai anak-anak indekos.

Kalau lokasi rumahmu sudah strategis dan mumpuni buat dijadikan tempat usaha ini, buruan deh beli peralatan dan segera mulai usaha ini. Soal modal awal buka usaha warung makan, kamu nggak perlu khawatir. Nggak mahal-mahal banget kok!

3. Laundry

Nah, ide usaha yang satu ini jelas banget menargetkan orang-orang yang malas cuci baju. Entah karena terlalu sibuk, ‘mager’ nyuci menggunakan tangan karena tak punya mesin cuci, atau takut pinggangnya encok!

Bisnis ini dijamin akan bertahan lama dan selalu dibutuhkan bagi orang-orang yang ingin baju kotornya bersih secara instan. Lagi-lagi, bisnis laundry bisa dijadikan bisnis rumahan juga karena kamu hanya perlu modal sebuah mesin cuci.

Beberapa waralaba juga menawarkan paket kemitraan buat bisnis yang satu ini. Hanya saja, biaya paket yang ditawarkan tentu gak bakal semurah kalau kamu memulai sendiri ya. 

4. Jasa jahit dan vermak pakaian

Daripada membiarkan orang-orang yang gak bisa atau malas menjahit karena pakaian lamanya robek, buka saja jasa jahit dan vermak baju di rumah. Modal awalnya murah banget!

Buat bahan yang non-obras, bahkan hanya membutuhkan modal Rp3 jutaan saja dengan rincian sebagai berikut:

– Mesin jahit: Rp3 juta

– Benang dan jarum: Rp100 ribu

– Perlengkapan lain, seperti kancing dan resleting: Rp100 ribu

Total: Rp3,2 juta

Nggak perlu khawatir kalau kamu belum bisa menjahit. Kamu bisa kok belajar dengan ikut workshop-workshop yang diselenggarakan secara online atau bisa juga kunjungi situs-situs seperti MauBelajarApa, Lingkaran, dan sebagainya.

5. Salon hewan

Dari sekian banyak pecinta hewan peliharaan, tentu beberapa di antara mereka ada yang gak sempat atau malas memandikan hewan-hewan peliharaannya. Ide unik ini mungkin nggak terpikirkan olehmu. Tapi jangan salah, keuntungan membuka usaha salon hewan diprediksi cukup menjanjikan!

Menurut data yang dilaporkan Kompas pada tahun 2016 lalu, Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah hewan peliharaan yang cukup tinggi. Pangsa pasar hewan peliharaan di Indonesia mencapai 15,6% di Asia Tenggara. Itu sebabnya, membuka usaha salon hewan ini bisa kamu lirik.

Selain salon, kamu juga bisa menyediakan fasilitas penitipan hewan peliharaan juga. Bayangkan, saat bulan Ramadan dan libur panjang tiba, pasti gak sedikit kan yang ingin mudik dan butuh jasa yang mau merawat hewan peliharaannya. 

6. Bisnis Dropship

Di era digital seperti sekarang ini, ada banyak celah untuk berbisnis dengan mengandalkan jaringan internet dengan modal yang nggak terlalu besar. Salah satunya, dropship. 

Apa itu dropship? Ide bisnis ini akan menempatkan kamu sebagai pihak ketiga yang menghubungkan antara pembeli dan supplier barang. Kamu bisa coba bisnis ini melalui marketplace dengan target pasar mereka yang malas belanja di mal. 

Keuntungan yang kamu dapat datang dari selisih harga supplier dengan harga yang sudah kamu tentukan sendiri sesuai pasaran. Misalnya, sebuah sepatu dijual dengan harga Rp250 ribu oleh suplier, lalu kamu jual sepatu itu seharga Rp275 ribu. Dengan begitu, kamu akan dapat keuntungan Rp25 ribu. 

Kelebihan lain dari bisnis dropshipper ini adalah kamu nggak perlu modal gede untuk memulainya. Kamu juga gak harus stok barang atau repot kirim barang ke konsumen. Karena semua dilakukan oleh si supplier. 

7. Bisnis online shop

Akses internet yang mudah dan murah menjadikan bisnis toko online sebagai peluang usaha baru. Apalagi dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia. Kamu pun akan semakin mudah untuk menjual barang dagangan kapanpun dan ke mana saja. 

Selain itu, ketersediaan marketplace besar di Indonesia saat ini juga bisa jadi alternatif untuk kamu memulai usaha toko online dan menjangkau orang-orang yang malas keluar untuk berbelanja.

Misalnya, kamu ingin berjualan baju bayi dan anak-anak. Kalau kamu pemula dan hanya punya modal sedikit, kamu bisa melakukan riset mencari supplier baju anak-anak dengan harga miring. 

Modal awal pun gak terlalu besar, minimal dengan Rp1,5 juta – Rp2 juta kamu sudah bisa menjual 50 pasang baju anak. 

8. Bisnis Snack

Satu lagi nih, ide bisnis yang gak perlu modal besar, yaitu bisnis makanan ringan. Bisnis rumahan satu ini termasuk yang akan terus tumbuh dan menguntungkan. Pasalnya, kebutuhan makanan dan camilan akan terus meningkat berbanding lurus dengan pertumbuhan jumlah penduduk. 

Usaha camilan pun cukup mudah untuk dijalani. Kamu gak harus sewa tempat untuk berjualan, pasarkan saja secara online atau titip di minimarket daerahmu. 

Misalnya, kamu ingin mencoba peruntungan di usaha keripik. Nah, berikut ini rincian modal yang akan kamu butuhkan: 

9. Franchise

Nah, kalau kamu punya cukup modal dan gak mau pusing dengan konsep bisnis, bisnis model waralaba ini bisa jadi pilihan. 

Untuk memulai bisnis francshise, kamu cukup menyiapkan lokasi strategis saja. Untuk produk dan lainnya  sudah disediakan secara lengkap oleh franchisor.

Konsep bisnis ini sudah bukan hal yang baru lagi di Indonesia. Sebab bisnis ini cukup menjanjikan dalam hal mendatangkan profit sekian persen dari pembelian seperangkat usaha waralaba tersebut. Salah satu contoh waralaba besar yaitu KFC yang membandrol harga Rp1,5 triliun untuk membeli lisensinya. Dari harga itu kamu bisa mendapat KFC box serta bahan-bahan pembuatan produknya. 

Untuk merek dagang sebesar KFC kamu memang akan memerlukan modal yang besar. Tapi, ada juga franchise yang bisa kamu dapatkan dengan harga terjangkau, misalnya minuman Bubble Tea yang mematok harga mulai dari Rp8,5 juta – Rp9,5 juta. Tertarik? Yuk, coba kita hitung rinciannya:

10. Warung Sembako

Siapa sih yang gak butuh sembilan bahan pokok (sembako) dalam kesehariannya? Jangan dianggap sepele, usaha ini nyatanya sangat menjanjikan lho

Dengan menyediakan kebutuhan dasar yang dibutuhkan semua orang, maka usaha ini punya target pasar yang majemuk dan akan selalu punya pelanggan. Terutama buat tetangga di sekitar rumahmu yang ‘mager’ untuk pergi jauh demi belanja sembako.

Meski judulnya warung sembako, tapi kamu nggak harus menyediakan semua bahan pokok itu. Mulai saja dengan usaha sembako rumahan yang berfokus menjual beras, gula pasir, minyak goreng, telur ayam, susu, dan mie. 

Beda lagi jika kamu punya modal lebih untuk bisa sewa tempat sehingga bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi. Yang perlu kamu perhatikan, potensi rugi bisa saja terjadi kalau pilihan lokasi warungmu nggak strategis.  

Semua bisa jadi bisnis yang menguntungkan, asalkan…

Itu dia 10 bisnis yang meraup keuntungan dengan target pasarnya adalah orang-orang malas. Kesepuluh bisnis tersebut pun nggak membutuhkan modal banyak. Mulai dari Rp1 jutaan sampai Rp12 jutaan saja, tergolong kecil bukan?

Bisnis ini memang menargetkan orang-orang ‘mager’ tapi kamu sebagai pemilik bisnis, nggak boleh ikutan malas juga! Agar bisnismu bisa mendulang keuntungan besar, kamu wajib untuk kerja keras mencari konsumen baru dan melancarkan promosi.

Kalau dalam waktu sebulan, kamu belum mendapatkan keuntungan berlimpah, itu wajar banget. Sebab, menjalankan bisnis itu gak bisa langsung sukses begitu saja. Ada pasang surut yang harus kamu lewati. Tak sedikit yang mengalami rugi dan bahkan nyaris bangkrut di awal-awal. Tapi yang sukses membangun bisnis besar berawal dari usaha rumahan juga nggak kalah banya!

Kalau mau tertarik mencoba bisnis yang menguntungkan ini, pilih yang sesuai bujet dan kemampuanmu ya! Selain itu terapkan juga tips berikut ini agar bisnis kamu makin lancar:

  • Analisa pasar sebelum memulai bisnis.
  • Belajar dari orang tepat yang menjalani bisnis serupa atau memulai bisnis dari nol.
  • Fokus dan disiplin dalam keuangan maupun operasional bisnismu.
  • Catat semua kegiatan termasuk keuangan bisnis.
  • Kelola keuangan dan jangan boros dengan keuntungan yang kamu dapat. 

Agar bisa sukses memulai bisnis menguntungkan dengan target pasar orang-orang yang malas gerak, yuk cari tahu dan pahami dulu kondisi keuanganmu secara online di Lifepal financial checker.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →