IHSG Anjlok, Begini Caranya Ngeraup Keuntungan di Balik Itu

IHSG Hari Ini

Indeks Harga Saham Gabungan alias IHSG hari ini emang gak bisa diprediksi. Bisa turun bisa juga naik. Pada 13 Agustus 2018, IHSG emang sempat rontok karena imbas dari krisis ekonomi di Turki. Namun sejatinya hal itu gak perlu membuatmu panik karena peristiwa ini justru membuahkan keuntungan buat kamu para investor pemula.

Alah, keuntungan apa yang bisa didapat investor? Wong harga saham lagi pada anjlok gitu kok. Masa iya peristiwa ini bisa bikin untung?

Pada intinya, naik turunnya IHSG emang bikin was-was. Tapi, hal itu wajar terjadi kok. Sebagai investor pemula kita gak perlu takut dengan hal itu apalagi sampai depresi.

Para investor pemula yang sudah tertarik berinvestasi di saham, justru bisa mengambil keuntungan besar lewat fenomena ini. Mau tahu apa saja keuntungan yang bisa didapat? Berikut ulasan lengkapnya.

1. Belanja saham

ihsg hari ini
Beli saham deh mumpung murah

Ketika IHSG hari ini turun, cermati saja saham-saham perusahaan mana yang indikatornya merah. Itu tandanya, saham itu emang lagi murah-murahnya guys.

So, kenapa gak dibeli saja satu atau beberapa lot? Sesuai dengan kemampuanmu.

Di saat IHSG anjlok, sejatinya gak semua saham harganya ngedrop. Masih ada beberapa saham yang stabil atau malah terlihat hijau.

Jika harganya murah, kamu pun bisa membeli dengan jumlah banyak. Mungkin saja bisa lebih dari 1 lot atau 100 lembar.  Otomatis keuntungan yang kamu dapat nantinya berlipat ganda bukan?

Jadi, ketika IHSG hari ini turun ya udah, “jajanin” aja uangmu di pasar modal. Jangan jajan di warung atau minimarket melulu, ntar gak balik duitnya.

2. Belanja reksadana

ihsg hari ini
Reksadana saham juga boleh

Selain saham, otomatis harga NAB/Up dari reksadana saham juga ikutan turun jika IHSG hari ini loyo. Itu artinya, dengan modal awal yang sebesar Rp 100 ribuan, kamu berpeluang dapat unit lebih banyak dari sebelumnya.

Sudah tahu kan apa itu reksadana saham?

Dengan berinvestasi di reksadana saham, 80 persen dana investasimu akan dikelola oleh Manajer Investasi di saham, dan sisanya di instrumen lain sesuai prospektus. Bisa jadi obligasi atau mungkin instrumen di pasar uang.

Investasi yang satu ini memang risikonya cukup tinggi. Tapi pas deh buat mereka yang pengin investasi saham tapi masih belum berani melihat risikonya yang sangat besar.

Dengan memulai investasi yang satu ini, investor udah mulai belajar bagaimana berinvestasi di sektor saham. Mereka bisa melihat dan merasakan bagaimana menggiurkannya investasi dan bagaimana rasanya melihat uang berkurang jika IHSG hari ini turun.

3. Jangan langsung tarik investasimu

ihsg hari ini
Tahan dulu jangan keburu dijual

Ketika IHSG hari ini anjlok, duitmu yang diinvestasikan tentunya akan berkurang. Nah peristiwa kayak gini bisa dibilang ngeri-ngeri sedap.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Ngeri karena ngelihat duit berkurang dan kadang gak yakin apakah harga perlembar saham atau unit reksadana ini bakal kegerus terus atau hanya sementara. Tapi di satu sisi, peristiwa ini sedap bagi para investor senior. Pasalnya, mereka mungkin bisa memprediksi suatu saat harga saham atau reksadana ini bakal meroket lagi.

Ketika peristiwa ini terjadi, jangan parno dulu. Sabar saja, dan tetap yakin bahwa IHSG bakal perkasa di masa yang tepat.

Jika kamu cairkan saat itu juga, otomatis yang kamu terima cuma kerugian. Ya jelas saja, investasimu berkurang atau malah minus pada saat itu.

Top up aja deh reksadana atau kepemilikan sahammu. Beli saja berapa lot saham, atau beberapa unit reksadana. Seperti yang dijelaskan di poin satu dan dua, ini saatnya untuk “jajan” tapi bukan jajan di warung.

4. Gak usah sering-sering mantau investasi, nanti stres sendiri

ihsg hari ini
Jangan dilihatin terus nanti stres

Udah tahu kalau IHSG turun hari ini sebanyak sekian persen, yaudah biarin aja, namanya juga kamu investasi di sektor saham yang sangat fluktuatif. Daripada mantau returns investasimu yang berkurang atau minus dan bikin kamu stres, ya mending diemin aja.

Mending kamu fokus kerja atau aktivitas lain yang lebih produktif. Pastinya, pantau berita ekonomi juga ya, jangan lupa.

Pas IHSG menguat lagi, baru deh kamu pantau portfolio investasimu. Kalau ternyata naik kan lumayan bikin happy tuh.

IHSG hari ini turun, jangan galau

Itulah empat hal yang bisa dilakukan investor-investor pemula dalam menyikapi IHSG yang rontok. Pokoknya, pesan Lifepal cuma satu: jangan galau dan tetap berinvestasi.

Jika memang kamu merasa gak nyaman menyaksikan fluktuatifnya dunia investasi saham, itu tandanya investasi ini memang gak cocok untuk dirimu. Mungkin, kamu bisa mencoba investasi lain yang risikonya lebih rendah seperti emas, reksadana pasar uang, Surat Utang Negara, Obligasi Ritel Indonesia, atau pendapatan tetap.

Saham memang diperuntukan buat yang sudah lumayan berpengalaman dalam dunia investasi. So, mereka gak bakalan kaget ketika menghadapi risiko investasi yang cukup tinggi.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →