Cara Klaim Asuransi Mobil All Risk dan TLO yang Tidak Ditolak

Cara klaim asuransi mobil all risk dan tlo

Cara klaim asuransi mobil yang tepat adalah dengan mengikuti prosedur yang benar, yaitu segera menghubungi perusahaan asuransi dan mengurus dokumen yang diminta.

Setelah itu, kamu bisa mendapatkan penggantian mobil yang rusak atau hilang.

Namun, kamu perlu tahu dulu bahwa ada dua jenis pertanggungan dalam asuransi mobil terbaik, yaitu all risk dan total loss only (TLO).

Asuransi mobil all risk adalah pertanggungan menyeluruh yang bisa menanggung kerusakan terkecil, seperti lecet hingga kerusakan parah.

Sementara itu, asuransi mobil TLO hanya menanggung kerusakan parah (di atas 75 persen) saja.

Oleh sebab itu, prosedur cara klaim asuransi mobil, baik all risk maupun TLO, tentu akan berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini!

Syarat klaim asuransi mobil

Sebelum menuju langkah-langkah cara klaim asuransi mobil yang rusak atau hilang, kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen, di antaranya:

  • Polis asuransi dalam bentuk asli dan fotokopi.
  • Fotokopi SIM dan STNK.
  • Bukti laporan kepolisian jika mobil mengalami kerusakan berat karena kecelakaan ataupun kehilangan.
  • Formulir klaim yang sudah diisi dengan lengkap dan ditandatangani.
  • Kronologi kejadian secara tertulis.
  • Foto-foto kerusakan seperti, lecet, penyok dan lain-lain.

Cara klaim asuransi mobil all risk

Asuransi mobil all risk adalah asuransi yang akan menanggung semua risiko yang mungkin terjadi meliputi segala jenis kerusakan, baik dalam skala yang ringan maupun berat, bahkan kehilangan unit.

Oleh sebab itu, kamu yang mencari cara klaim asuransi mobil all risk akibat lecet dan baret tentu sudah memiliki produk ini.

Berikut ini cara mengajukan klaim asuransi mobil all risk

  1. Lampirkan foto kerusakan, membuat kronologis secara tertulis, atau mendatangi bengkel yang menjadi rekanan asuransi yang kamu gunakan.
  2. Jika sedang berada di luar kota, kamu bisa menghubungi agen asuransi dan menceritakan permasalahan sehingga mereka bisa merekomendasikan bengkel tertentu di kota tersebut. 
  3. Isi formulir klaim yang tersedia di bengkel yang sudah ditandatangani dengan materai dan melampirkan persyaratan lainnya. 
  4. Jika semua lengkap, pihak bengkel akan melakukan konfirmasi kepada perusahaan asuransi. Apabila mendapat persetujuan, mobilmu yang rusak akan segera diperbaiki.  

Apabila kecelakaan melibatkan pihak ketiga, kamu juga bisa mengajukan klaim asuransi lho!

Cara klaim asuransi mobil pihak ketiga hampir sama, kamu bisa menambahkan bukti foto dan surat keterangan dari pihak ketiga terkait kerugian yang dialami. 

Cara klaim asuransi mobil TLO

Asuransi mobil TLO (total loss only) hanya akan mengabulkan klaim jika mobil mengalami kerugian total. Indikatornya adalah kerusakan yang dialami paling tidak mencapai 75 persen dari keseluruhan atau mengalami tindak pencurian.

Umumnya kamu otomatis mendapatkan asuransi TLO jika membeli mobil kredit. Namun, kamu juga bisa membelinya sendiri jika membeli mobil secara tunai. 

Berikut ini cara mengajukan klaim asuransi mobil Total Loss Only atau TLO

  • Jika mobil yang diasuransikan hilang, proses klaim diawali dengan membuat laporan kehilangan terlebih dahulu di kantor polisi tempat kejadian.
  • Kamu akan diminta untuk menulis kronologis tertulis dari kejadian tersebut. 
  • Jangan lupa untuk membawa seluruh dokumen persyaratan seperti KTP, SIM, STNK dan BPKB (jika ada). Juga polis asuransi serta surat laporan kehilangan. 
  • Ajukanlah dokumen tersebut ke perusahaan asuransi.

Untuk mengetahui perkiraan premi asuransi mobil yang akan kamu beli, silakan gunakan kalkulator berikut:

Tips pengajuan klaim asuransi mobil

Selalu ada kemungkinan setelah melakukan cara klaim asuransi mobil, pengajuan ditolak. Oleh karena itu, kamu harus mengantisipasinya agar kerugian yang dialami tidak bertambah besar.

Berikut ini tips yang bisa membantu kamu dalam melakukan cara klaim asuransi mobil tanpa penolakan.

  • Hubungi pihak asuransi sesegera mungkin.
  • Siapkan bukti-bukti dan tunjukkan bukti-bukti tersebut.
  • Jelaskan kronologis kejadian secara jelas dan rinci.
  • Lengkapi persyaratan dan serahkan.

1. Hubungi pihak asuransi sesegera mungkin

Jika mobil mengalami kerusakan, baik karena kecelakaan, bencana banjir, maupun risiko lainnya, atau bahkan kehilangan, kamu harus segera menghubungi pihak asuransi sesegera mungkin agar dapat ditangani dengan segera pula.

Melaporkan kejadian ini pun maksimal dilakukan 3 x 24 jam pasca kejadian. Semakin cepat kamu melapor, semakin mudah pengajuan klaim karena survei dilakukan.

Dalam melakukan laporan, kamu pun diharapkan untuk memberikan penjelasan yang dapat dimengerti pihak asuransi.

Jika kamu melakukan pelaporan sesaat kejadian, pihak asuransi pun akan mengirimkan mobil derek dan langsung membawamu ke bengkel rekanan.

2. Siapkan bukti dan tunjukkan

Menunjukkan bukti atas kejadian yang merugikan mobilmu pun menjadi sangat penting. Ini menjadi dasar bahwa mobil mengalami kerusakan atau kehilangan bukanlah hal yang direncanakan atau diada-ada demi mendapatkan uang asuransi.

Jika mobil mengalami kerusakan, bukti yang dapat kamu siapkan adalah foto-foto dari bagian-bagian yang mengalami penyok maupun lecet.

Apabila mobil hilang saat sedang diparkirkan di suatu tempat, bukti yang kamu butuhkan adalah rekaman CCTV maupun bukti lainnya yang menguatkan bahwa mobilmu benar dicari.

Tentu saja bukti-bukti ini pula yang akan menjadi bahan laporan, tidak hanya kepada asuransi, tetapi juga kepada pihak yang berwajib yaitu polisi.

3. Jelaskan kronologis kejadian secara jelas dan rinci

Selain bukti, kronologis yang kamu paparkan pun menjadi penentu terkabulnya klaim atau tidak. Semakin jelas dan rinci kronologis yang kamu berikan, semakin memudahkan dalam melakukan cara klaim asuransi mobil.

Oleh karena itu, kamu perlu mengingat kejadian dengan sangat baik, dari lokasi, waktu kejadian, sampai posisi pengemudi mobil saat kejadian dan sebagainya.

Tidak hanya itu, kamu pun akan ditanyakan beberapa pertanyaan dari pihak asuransi. Pastikan juga kamu mampu menjawab dengan baik dan tidak berbelit-belit sehingga mudah untuk dimengerti.

Proses dalam melakukan cara klaim asuransi mobil pun akan menjadi lebih lancar.

4. Lengkapi persyaratan dan serahkan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, melakukan cara klaim asuransi mobil membutuhkan persyaratan berupa dokumen-dokumen, seperti fotokopi SIM dan STNK, polis asuransi, bukti-bukti dan formulir.

Pastikan tidak tidak ada yang terlewatkan. Jika kerusakan mobil karena orang lain atau pihak ketiga, persyaratan pun akan sedikit bertambah dengan:

  • Surat pernyataan tuntutan ganti rugi bermaterai dari pihak ketiga.
  • Surat pernyataan dari pihak ketiga yang menuliskan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki layanan asuransi.

Alasan klaim asuransi mobil ditolak

Umumnya, terdapat kondisi tertentu yang menyebabkan pengajuan klaim asuransi mobil ditolak. Apa saja? Simak ulasannya berikut.

1. Polis lapse

Kondisi polis yang tidak aktif atau polis lapse bisa membuat klaim ditolak. Kondisi ini bisa terjadi apabila premi belum dibayar melebihi batas waktu maksimum sehingga perusahaan asuransi tidak bisa membayar klaim kamu.

2. Kerusakan terjadi sebelumnya

Apabila kamu mengajukan kerusakan yang sudah ada sebelum mendaftar asuransi, otomatis sudah tidak bisa lagi untuk mengajukan klaim.

3. Melanggar aturan

Jika pengemudi mobil yang diasuransikan melanggar aturan lalu lintas, klaim juga akan ditolak.

Beberapa contoh pelanggaran umum yang sering terjadi adalah tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) atau mengemudi selagi mabuk alkohol. Selain itu, juga tidak menaati rambu lalu lintas sehingga terjadi kecelakaan.

Perhatikan juga lokasi terjadinya kecelakaan, apabila mobil mengalami lecet saat berada di wilayah tertentu yang tidak termasuk ke dalam kontrak kesepakatan yang terjadi pada polis, bisa jadi klaim akan ditolak.

4. Polis tidak dalam masa tunggu

Masa tunggu merupakan periode satu bulan setelah polis terbit yang mana nasabah belum bisa mengajukan klaim. Jika terjadi risiko pada masa waktu tersebut, bisa jadi klaim akan ditolak.

5. Kerusakan yang disengaja

Kamu tidak bisa mengajukan klaim jika kerusakan mobil terjadi atas kesengajaan, misalnya sengaja menabrakkan mobil ke mobil lainnya atau memukul kendaraan hingga rusak. 

Selain itu, klaim akibat banjir dan mesin kemasukan air juga tidak bisa diterima. Oleh sebab itu, penting menghindari berkendara saat banjir.

Jika suatu saat kamu terjebak banjir, segera menghubungi perusahaan asuransi dan jangan memaksakan untuk berkendara.

Mobil yang lecet karena disengaja, seperti menabrakkan mobil ke mobil lain atau memukul kendaraannya agar ringsek atau rusak, tidak bisa mendapatkan klaim.

Kamu juga tidak bisa mengajukan klaim jika saat terjadi banjir sengaja menerjang banjir dan mesin kemasukan air.

6. Ada aksesori tambahan yang tidak dilaporkan

Penting untuk melaporkan aksesori tambahan yang dipasang pada mobil ke perusahaan asuransi supaya nilai pertanggungan bisa dihitung secara tepat. Pasalnya, jika kamu lupa mengajukan laporan ini, bisa-bisa klaim ditolak.

7. Dokumen klaim tidak lengkap

Dokumen adalah persyaratan wajib dalam mengajukan prosedur dalam melakukan cara klaim asuransi mobil. Berkas yang kamu serahkan bakal di-review perusahaan asuransi sehingga sebaiknya perhatikan kelengkapannya agar klaim tidak ditolak.

Jika kamu masih bingung ingin melindungi mobil kesayangan dengan produk asuransi yang mana, kamu bisa berkonsultasi dengan ahli asuransi yang ada di Lifepal lho!

Mereka akan mengarahkanmu memilih produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan sebab Lifepal merupakan marketplace asuransi terpercaya di Indonesia.

Melalui Lifepal pun kamu bisa mendapatkan polis asuransi mobil terbaik bahkan dengan harga lebih murah. Daripada pusing berkelanjutan, lebih baik tanyakan langsung ke ahlinya di fitur Tanya Lifepal!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →