Imlek 2018: Ini 5 Resep Jajanan Tionghoa di Bawah Rp 35 Ribu

imlek 2018

Wah gak kerasa nih, Perayaan Tahun Baru Anjing Tanah alias Imlek 2018 sudah di depan mata. Kue keranjang emang jadi jajanan yang paling laris, tapi kamu juga bisa kok meracik jajanan khas Imlek lain dengan bujet murah untuk dijual lagi.

Bila salah satu resolusi tahun 2018 kamu adalah punya penghasilan lebih, maka manfaatkan saja momentum Tahun Baru Cina sebagai sarana. Jualan jajanan khas adalah salah satu caranya, terutama bila kamu punya bakat dan hobi masak.

[Baca: Menghasilkan Uang dari Hobi Masak? Coba Ide Bisnis & Profesi Ini]

Sistem jualnya pun mudah. Kamu bisa jual ke tetangga, pasar, atau via pre-order di online shop. Sistem pre-order malah lebih efektif, ketika ada order dari pelanggan, baru deh kamu buat jajanannya dan setelah itu kirim pakai kurir.

Nah, berikut ini lima jajanan khas Imlek 2018 yang bisa dibuat dengan modal Rp 35 ribu. Tapi ini belum termasuk garam, minyak, dan air ya.

Pokoknya pas buat bisnis rumahan jelang Hari Raya. Tentu saja bujet yang tertera bukan buat porsi besar ya, jadi kamu bisa kira-kira tuh buat harga jualnya.

[Baca: 4 Bisnis Rumahan Ini Mendadak Laris Manis Jelang Natal]

1. Candil kue keranjang

imlek 2018
Candil kue keranjang (cookpad)

Kalau cuma kue keranjang doang, bosen dong. Buat Imlek 2018, kenapa gak bikin saja candil kue keranjang? Berikut bahan-bahannya:

– Kue keranjang 250 gram Rp 8 ribu
– Santan 65 ml Rp 2.500
– Daun pandan Rp 6 ribu
– Garam secukupnya
– Air 300 ml

Total: Rp 16.500

Langkah membuat candil kue keranjang cukup sederhana. Siapkan saja santan, daun pandan, air, dan garam secukupnya, lalu campur jadi satu. Masukkan ke panci, aduk sampai rata, dan didihkan.

Setelah mendidih, baru deh kamu masukkan kue keranjang yang sudah dipotong-potong. Aduk-aduk sebentar, matikan kompor, dan sajikan.

2. Lumpia (Springrolls)

imlek 2018
Lumpia (Kompas)

Selain populer di Semarang, lumpia ternyata juga populer di Cina bagian timur, atau lebih tepatnya di Provinsi Jiangxi, Shanghai, Guangzhou, hingga Shenzen, dan Hong Kong. Berikut ini resep untuk membuat lumpia ayam:

– Daging ayam 250 gram Rp 7.500
– Kulit lumpia Rp 7 ribu
– Wortel 250 gram Rp 4 ribu
– Bawang Putih 250 gram Rp 6 ribu
– Bawang Merah 250 gram Rp 5 ribu
– Garam
– Minyak goreng secukupnya

Total: Rp 29.500

Rebus ayam sampai matang, dan setelah itu potong-potong. Untuk wortelnya, potong dalam bentuk dadu. Haluskan juga bawang merah dan putih, lalu siapkan penggorengan yang sudah diminyaki. Tambah garam secukupnya, atau jika kamu ada penyedap rasa juga boleh.

Isi kulit lumpia dengan ayam dan wortel, lalu gulung. Masukkan ke dalam penggorengan disertai dengan bumbu bawang merah dan putih. Goreng sampai matang dan tiriskan, lalu pindahkan ke piring. Siap disantap deh pas Imlek 2018.

3. Pangsit goreng isi ayam

imlek 2018
Pangsit (Okezone)

Pangsit ini juga merupakan kuliner legendaris di Cina lho, mengingat usianya yang sudah ribuan tahun. Biasanya, pangsit goreng ini disantap dengan mie ayam. Tapi bisa juga dicocol saus. Ini yang kamu butuhkan untuk bikin pangsit ayam goreng:

– Terigu protein rendah Lencana Merah Rp 8 ribu
– Telur (ambil kuningnya saja) 1 butir Rp 2.500
– Daging ayam 250 gram Rp 7.500
– Bawang putih 250 gram Rp 6 ribu
– Garam secukupnya
– Air secukupnya

Total: Rp 24 ribu

Pertama-tama, mari kita bikin kulitnya dulu. Campurkan tepung terigu dan garam hingga membentuk gunung, lalu taruh kuning telur di atasnya. Tuang air dan aduk lagi, bentuk jadi adonan dan diamkan selama 15 menit. Putih telurnya jangan dibuang dulu ya.

Sementara menunggu 15 menit, siapkan saja isi pangsitnya dengan memblender daging ayam, bawang putih, dan garam secukupnya. Blender sampai halus.

Adonan kulit pangsitnya digilas tipis dan dipotong 8×8 cm. Agar tidak saling menempel, taburkan saja terigu. Isi tengahnya dengan ayam yang sudah diblender, dan lipat segitiga, tekan supaya rapat. Jangan lupa bagian pinggir dilem saja dengan putih telur.

Setelah itu, goreng dan tiriskan. Dengan bahan baku ini, kamu bisa membuat 12 pangsit goreng lho.

4. Jiaozi

imlek 2018
Jiaozi (espiasdecocina)

Kalau kamu pernah nonton Kung Fu Panda, tentu ingat kan saat si Po ingin makan dumpling? Nah Jiaozi ini ya kurang lebih seperti itu lah, bentuknya mirip-mirip bentuk uang kuno China.  Cara makannya tinggal dicocol ke kecap asin. Biasanya diisi daging babi, tapi untuk kali ini coba diisi daging ayam saja biar ekonomis.

– Kulit pangsit Rp 7 ribu
– Daging ayam 250 gram Rp 7.500
– Telur (ambil kuningnya saja) 1 butir Rp 2.500
– 5 lembar sawi putih Rp 7 ribu
– Daun bawang Rp 5 ribu
– Saos tiram saset Rp 4 ribu
– Kecap Asin Kikkoman Shoyu Saset Rp 1.000
– Garam
– Merica

Total: Rp 34 ribu

Cincang sawi putih, sisihkan, dan campur dengan sedikit garam. Jika sudah berair, peras dengan tangan. Lalu cincang juga daun bawangnya.

Campurkan seluruh cincangan daun itu dengan potongan daging ayam. Jangan lupa untuk menambahkan saos tiram saset, kecap asin, minyak wijen bila ada, dan sedikit garam.

Setelah itu, letakkan daging yang sudah dicampur dengan sawi dan lainnya ke dalam kulit pangsit. Lipat kulitnya sesuai selera, ya pastinya berbentuk uang kuno China ya biar mirip dumpling di Kung Fu Panda. Setelah itu kukus sampai matang dan sajikan.

5. Telur Teh

imlek 2018
Telur Teh (Brilio)

Ini beda sama Teh Talua dari Minangkabau ya. Kalau yang dari Minang itu diminum, sementara yang buat Imlek 2018 ini adalah semacam telur pindang.

– Telur 4 butir Rp 4.500
– Teh 3 kantong Rp 5.500
– 100 gram bubuk kayu manis Rp 7 ribu
– Kecap asin Rp 7.900
– Garam secukupnya

Total: Rp 24.900

Pertama-tama, rebus telurnya sampai matang. Ketuk kulit telur sampai retak tapi jangan langsung dikupas ya.

Rebus air dan tambahkan teh yang dicampur dengan kayu manis, plus kecap asin, dan garamnya. Setelah air rebusannya mendidih, masukkan deh telur rebus yang kulitnya sudah retak itu. Rebus dan rendam hingga semalaman, besok paginya sudah siap disajikan.

Itulah lima resep jajanan yang bisa kamu buat untuk menyambut Imlek 2018. Buat Imlek ya pastinya jajanan khas Imlek dong, bukan jajanan atau makanan khas Western. Nanti malah dikira Natalan, bukan Imlek lagi.

[Baca: Moms, Ini 6 Resep Masakan Western dengan Bujet di Bawah Rp 100 Ribu]