Modal Kain 6 Meter, Indadari Sukses Dirikan Bisnis Busana Muslim Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Indadari Sukses Bisnis Busana Muslim (MoneySmart/Christantio Utama Gunawan)

Nama Indadari mungkin bagi sebagian orang di Indonesia masih belum terlalu familiar. Sebaliknya bagi wanita berhijab yang rajin berbelanja fashion muslim di online shop pasti udah mengetahui tentang merek cadar yang ia dirikan pada tahun 2016 lalu ini.

Semakin banyaknya perempuan beragama Islam di Indonesia yang memilih untuk mengenakan hijab serta cadar tentu membawa dampak positif ke banyak orang. Gak hanya secara rohani tetapi juga dari industri fashion muslim yang terus melejit pamornya belakangan ini.

Sebagai negara yang memiliki jumlah penduduk beragama Islam terbesar di dunia tentu peluang ini menjadi sangat potensial untuk terus dikembangkan. Bahkan pemerintah melalui beberapa lembaganya terus berupaya agar kita bisa menjadi pusat fashion muslim dunia.

Hal itu gak bakal terwujud kalau usahanya datang dari pemerintah aja. Harus ada turut serta masyarakat yang menjalankan cita-cita tersebut.

Salah satu sosok yang patut di contoh ialah Indadari seperti yang udah kita sedikit bahas di atas. Kalau kamu penasaran dengan kisah suksesnya mending simak aja yuk ceritanya berikut ini:

Bermula karena gak ada cadar yang cocok digunakan oleh Indadari

Indadari
Indadari dalam balutan cadar (Instagram).

Wanita ini mengaku bahwa ide pengin membuka bisnis pakaian muslim bermula dari kesulitan yang ia hadapi saat mencari setelan yang cocok buat dirinya.

“Awalnya tuh simpel banget karena aku waktu itu awal pakai cadar terus gak menemukan cadar yang enak untuk aku. Jadi waktu itu start untuk memulai bisnis cadar,” ucapnya ketika ditemui redaksi Moneysmart pada acara “Smart and Stylish in Halal Ways” tanggal 27 Juli 2019 di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan.

Modal kain sepanjang 6 meter

Indadari
Cadar (Instagram).

Kalau orang pada umumnya membuat sebuah usaha ketika kondisi ekonominya lagi bagus yang dilakukan oleh wanita ini terbilang berani dan penuh risiko. Sebab ketika itu ia sedang dalam masa yang terbilang sulit.

“Dulu pada saat hijrah-hijrahnya gak punya uang karena emang lagi membersihkan diri dari segala bentuk riba dan hal-hal yang haram jadi hanya punya uang yang pas-pasan beli bahan cuma 6 meter. Cari bahan yang paling nyaman, foto dan bismillah terjual serta diterima oleh pasar,” jelasnya.

Bahkan sebetulnya kalau kita mau berusaha memulai bisnis tanpa modal pun bisa dengan cara menjadi reseller atau dropship di media sosial atau e-commerce.

Omzet By Indadari kini udah mencapai ratusan juta rupiah

Rupiah menguat
Rupiah (Shutterstock).

Berkat upaya dan kerja keras yang udah dilakukan dalam waktu 3 tahun belakangan ini brand fashion busana muslim Tanah Air tersebut berhasil meraih omzet ratusan juta rupiah.

Padahal di awal beberapa bulan berdirinya dulu omzetnya hanya sekitar Rp 20 jutaan aja lho, guys! Peningkatannya mencapai lebih dari 5 kali lipat dalam waktu sekitar 2 sampai 3 tahun aja

Menjual cadar dengan motif khas polkadot sebagai identitas

Indadari
Polkadot (Unsplash)

Untuk menjadi sebuah brand yang ternama di dunia bisnis tentu ada hal yang harus membedakan dengan produk lainnya. By Indadari menyajikan berbagai macam cadar serta beberapa setelan busana muslim dengan motif polkadot.

Hampir semua desain yang dibuat menggunakan warna dasar hitam dengan sedikit motif polkadot berwarna putih. Menurutnya ini sebagai salah satu strategi guna meningkatkan brand awareness orang lain terhadap mereknya tersebut.

Harganya juga bervariasi mulai dari puluhan ribu rupiah sampai sekitar Rp 600 ribuan per pasang.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Mempunyai bisnis di bidang properti, makanan dan minuman juga

Indadari
Roti Tembem (Instagram).

Selain berkutik di bidang fashion ternyata ia juga memiliki beberapa bisnis lain yang gak kalah kece lho ternyata!

Di  bidang properti syariah ada perusahaan bernama Indah Sejahtera Land. Dari sektor makanan ada Roti Tembem yang khusus dibuat untuk acara dakwah. Selanjutnya ada Kopi LDR yang menyajikan rasa yang nikmat serta bungkus yang unik karena ada tulisan puisi dalam setiap gelasnya. Puisi dipilih karena wanita hijrah ini sangat suka dengan karya sastra tersebut.

Tips menjalankan usaha dari Indadari

Indadari
Strategi bisnis ala Indadari (MoneySmart/Christantio Utama Gunawan).

Gak afdol namanya kalo udah mendapat kisah inspiratif dari orang sukses tetapi belum mengetahui tips-tips apa aja yang bisa kita terapkan.

Pertama adalah ketika menjalankan sebuah usaha kamu gak boleh hanya mementingkan keuntungan semata. Yang lebih penting dari itu adalah bisnis yang kamu gerakan bisa mendapatkan pahala yang banyak serta berdampak positif kepada orang lain.

Kedua yakni cari ilmunya, banyak orang asal menjalankan bisnis tanpa mempelajari tentang dunia yang digeluti sehingga menyebabkan kegagalan. Ada baiknya kamu mencoba untuk mempelajari tentang dunia bisnis yang pengin kamu geluti dari manapun bisa media sosial, teman ataupun orang yang udah sukses sekalipun.

Terakhir, kamu harus yakin kalau yang namanya rezeki seseorang itu udah ada yang atur sehingga gak berpikir negatif terus. Jadi sebanyak atau sedikitpun pendapatan yang dihasilkan harus disyukuri dan digunakan sebaik-baiknya.

Nah itulah sedikit cerita dari perjalanan bisnis wanita muslim inspiratif Indadari. Kamu tertarik untuk terjun langsung ke bidang yang sama gak, guys? (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →