Ketahui Penyebab Indikator Airbag Menyala dan Artinya

indikator airbag menyala

Pernahkah kamu mengalami kejadian tiba-tiba lampu indikator airbag yang menyala, padahal tidak ada kecelakaan atau benturan? 

Hal ini bisa mengindikasikan adanya masalah pada mobil kamu. Untuk itu, sebaiknya jangan kamu sepelekan, ya. 

Sebenarnya, indikator airbag yang tiba-tiba menyala bukanlah hal yang sering terjadi. Lampu ini mewakili Supplemental Restraint System (SRS) atau sistem pengamanan tambahan. 

Jadi, bisa saja lampu indikator menyala, airbag akan langsung mengembang. Biar tidak bingung, yuk, kita temukan jawaban penyebab lampu indikator airbag menyala dan cara mengatasinya berikut ini!

Apa itu airbag?

Sebelum kita membahas lebih jauh lagi, mari kita ulas tentang airbag. Airbag artinya adalah kantong udara. Dahulu, mobil-mobil di Indonesia, khususnya produksi dari Jepang belum dilengkapi dengan airbag. 

Kebanyakan, mobil-mobil dari Eropa dan Amerika Serikat yang memiliki fitur ini untuk keamanan. 

Lama kelamaan produsen mobil pun akhirnya beramai-ramai menambahkan airbag untuk keamanan pengendaranya. Dari sisi pengendara, mereka pun sadar bahwa kehadiran airbag ini penting untuk meminimalisir dampak kecelakaan lalu lintas. Lantas, apa itu airbag?

Seperti namanya, airbag adalah bantalan udara yang dipasang sebagai fitur keselamatan di mobil. 

Airbag akan terbuka dengan sendirinya ketika terjadi benturan pada bagian depan mobil. Terdapat sensor yang mendeteksi benturan sehingga airbag otomatis akan terbuka. 

Bantalan udara ini akan mengembang dengan cepat sehingga pengemudi yang tersentak ke depan akan terlindungi dari airbag ini, sehingga mereka tidak akan terbentur ke bagian dashboard atau stir mobil.

Dari sini saja kamu sudah mengambil kesimpulan, kehadiran airbag ini berfungsi melindungi pengemudi supaya tidak terbentur dashboard bila mobil mendapat benturan yang keras dari depan. 

Jadi, penting banget untuk menjaga supaya fitur keselamatan ini tetap aktif dan berfungsi dengan baik.

Jangan sampai biaya untuk merawat atau memperbaiki mobilmu justru menguras tabungan. Manfaatkan asuransi mobil syariah agar kamu terjamin dari mahalnya tagihan perbaikan di bengkel. Asuransi mobil syariah memberimu jaminan ganti rugi dengan tetap mengedepankan pengelolaan keuangan sesuai ketentuan syariat.

Penyebab indikator airbag menyala

Lampu indikator airbag menyala pasti membuat kamu kaget. Apalagi jika tidak terjadi benturan, tapi lampu indikatornya tetap menyala. 

Tenang dulu, lampu indikator airbag menyala bukan berarti ada benturan keras dari depan. Tapi, menandakan jika ada gangguan pada perangkat keselamatan mobil tersebut. Ada beberapa hal yang memicu lampu indikator ini tiba-tiba menyala. 

1. Gangguan pada saklar seatbelt

Seatbelt atau sabuk pengaman juga masuk ke dalam SRS. Lampu indikator seatbelt akan langsung menyala saat kamu tidak menggunakannya. 

Ternyata, penyebab indikator airbag tiba-tiba menyala bisa saja datang dari sistem seatbelt kita, tepatnya pada saklarnya. 

Bisa saja saklar pada seatbelt ini sedang ada gangguan. Gangguan saklar bisa datang bila ada benda asing atau kotoran yang menghalangi saklar mendeteksi seatbelt. 

2. Kode komputer yang tak sesuai

Mobil masa kini dirancang dengan  sistem komputer yang memiliki kode-kode rumit, begitu pula pada SRS. Bisa saja indikator airbag menyala karena terjadi error pada kode komputernya. 

Untuk itu, jika lampu indikator terus menyala, segera datangi teknisi bengkel untuk mendeteksi sistem komputer SRS pada mobil kamu. Mereka akan menyetel ulang sistem agar SRS bisa normal kembali.

3. Kabel clock spring

Penyebab lampu indikator airbag menyala juga bisa dipicu pada clock spring. Clock spring merupakan komponen yang menghubungkan unit peraturan airbag dengan driver module yang terpasang di belakang stir mobil. 

Penyebab indikator airbag menyala bisa saja karena clock spring mengalami masalah. Bisa saja karena saat stir dibongkar, pemasangannya tidak benar. Maka cobalah membongkar kembali stir mobil dan kembalikan clock spring pada posisi semula.

Tanda jika sensor airbag rusak

Lampu indikator airbag yang tiba-tiba menyala bisa saja jadi pengingat bila tanda sensor airbag yang rusak. Saat lampu indikator menyala terus, maka fungsi airbag dinonaktifkan. 

Perhatikan juga pola kedipan dari lampu indikator tersebut. Misalnya bila berkedip dua kali lalu jeda dan berkedip tiga kali terus menerus artinya menunjukan kode “23”. 

Arti kode ini tergantung dengan kendaraannya, misalnya bisa menunjukan adanya gangguan pada sensornya.

Tanda sensor airbag rusak juga bisa menjadi pertanda cadangan baterai airbag habis sehingga lampu indikatornya terus menyala. Jika terjadi maka cukup atasi dengan mengembalikan kondisi baterai mobil. 

Terakhir, ada kemungkinan airbag clock spring rusak. Biasanya hal ini terjadi karena pita sirkuit mulai aus setelah waktu yang lama sehingga bisa menyebabkan sistem airbag mendaftarkan kesalahan kode. 

Untuk masalah ini, baiknya segera bawa mobil kamu ke spesialis otomotif untuk melihat diagnosisnya dan segera memperbaiki penyebabnya.

Cara memperbaiki airbag bila rusak

Biasanya kerusakan pada airbag terjadi jika mobil pernah mengalami kecelakaan, tepatnya karena mendapat benturan keras dari arah depan. 

Untuk melakukan perbaikan pada airbag, inflator airbag harus pasti diganti karena tidak akan bisa digunakan kembali. 

Balonnya pun harus diganti meski tidak pecah atau robek. Kenapa balon harus diganti? Khawatir kalau terjadi benturan dan airbag mengembang justru akan robek.

Bagaimana dengan sensor airbag? Bisa saja diganti bila tabrakannya tidak terlalu parah dan masih utuh. 

Tapi kalau sudah hancur harus diganti dengan yang baru. Setelah airbag diganti, nantinya teknisi akan memperbaiki sistem sensornya kembali. 

Untuk biaya perbaikan airbag ini bisa menghabiskan biaya dari Rp 6 juta hingga Rp 20 juta.

Perlukah memiliki asuransi mobil?

Kamu perlu memiliki asuransi mobil. Meskipun mobil sudah dilengkapi dengan airbag untuk meminimalisir dampak kecelakaan, kehadiran asuransi mobil bisa digunakan untuk memperbaiki mobil rusak. Perbaikan mobil dari kerusakan ringan hingga berat pun bisa dicover dari pihak asuransi mobil.

Kamu hanya perlu membayar biaya premi asuransi mobil setiap bulannya. Manfaatnya, saat kecelakaan terjadi, biaya yang membengkak karena reparasi mobil bisa dicover pihak asuransi. 

Apalagi untuk memperbaiki airbag pada mobil harganya bisa mencapai Rp 20 juta, lho! Tabungan kamu pun akan aman.

Cek besaran premi asuransi mobil yang harus kamu bayar di sini.

Tips dari Lifepal! Airbag merupakan salah satu fitur keselamatan yang penting untuk dimiliki. Oleh sebab itu, jika indikator airbag menyala tiba-tiba sebaiknya kamu memeriksanya.

Bisa jadi memang ada hal yang bermasalah, seperti sensor yang rusak, atau baterai airbag sudah habis. 

Jika memang bermasalah, segera perbaiki untuk meminimalisir cedera atau risiko parah saat kamu mengalami kecelakaan. 

Simak pula ulasan mengenai cara cek airbag mobil di artikel Lifepal lainnya!

FAQ seputar indikator airbag menyala

Apa penyebab indikator airbag menyala

Ada beberapa hal yang memicu lampu indikator ini tiba-tiba menyala, yaitu:

  • Gangguan pada saklar seatbelt
  • Kode komputer yang tak sesuai
  • Kabel clock spring

Perlukah memiliki asuransi mobil

Kamu perlu memiliki asuransi mobil. Meskipun mobil sudah dilengkapi dengan airbag untuk meminimalisir dampak kecelakaan, kehadiran asuransi mobil bisa digunakan untuk memperbaiki mobil rusak. Perbaikan mobil dari kerusakan ringan hingga berat pun bisa dicover dari pihak asuransi mobil.

Ada beberapa hal yang memicu lampu indikator ini tiba-tiba menyala, yaitu:

  • Gangguan pada saklar seatbelt
  • Kode komputer yang tak sesuai
  • Kabel clock spring

Kamu perlu memiliki asuransi mobil. Meskipun mobil sudah dilengkapi dengan airbag untuk meminimalisir dampak kecelakaan, kehadiran asuransi mobil bisa digunakan untuk memperbaiki mobil rusak. Perbaikan mobil dari kerusakan ringan hingga berat pun bisa dicover dari pihak asuransi mobil.