Indopremier Sekuritas dan Cara Daftar [Plus Fee Transaksinya]

indopremier

Indopremier alias PT Indo Premier Sekuritas adalah salah satu perusahaan sekuritas teraktif di Indonesia. Tepat pada april 2019, sekuritas berkode PD ini telah mencatatkan frekuensi perdagangan senilai Rp 14,04 triliun, dengan volume 13.273 lot saham. 

Perusahaan ini didirikan tahun 1996 dengan nama Puridana Sekurindo, oleh Ungkoro Darmosusilo dan Nixon J. Silfanus. Selain sekuritas, mereka pun memiliki anak usaha di bidang manajer investasi, Indo Premier Investment Management.

Satu hal yang membuat Indopremier terkenal adalah inovasinya di tahun 2007. Mereka menjadi sekuritas pertama di Indonesia yang meluncurkan produk Exchange Trade Fund (ETF) berbasis saham di Indeks LQ45. Selain itu, mereka pun memiliki portal berita yang bernama IPOTNews.

Tertarik untuk membuka akun saham di perusahaan sekuritas ini? Yuk kita cari tahu apa sih kelebihan Indopremier ketimbang sekuritas lain, dan bagaimana cara mendaftarnya. 

Keunggulan Indopremier Sekuritas

Ada beberapa keuntungan jika kamu membuka akun saham di Indopremier. Beberapa di antaranya adalah:

1. Gak cuma bisa beli saham

Dengan membuka akun saham di Indopremier, kamu gak hanya bisa belanja saham lho, melainkan juga reksadana sekaligus produk ETF. Hal itu disebabkan karena mereka juga punya supermarket reksadana bernama IpotFund. 

Pilihan reksadana di IpotFund juga sangat banyak dan lengkap lho.

2. Setoran awal investasinya bisa sesukamu

Jika sekuritas lain mematok setoran atau deposit awal sebesar jutaan Rupiah, hal ini gak dilakukan oleh Indopremier. 

Pada intinya, kamu bisa setor berapa saja yang kamu mau untuk deposit awal ke rekening dana nasabah (RDN). Rp100 ribu bisa, Rp10 ribu pun bisa. 

3. Proses registrasinya sangat mudah

Nah ini yang paling penting. Proses registrasi di sekuritas ini memang sangat mudah dan juga cepat.

Mereka menyediakan fitur pendaftaran akun secara online tanpa perlu mengirim dokumen fisik. Dalam hitungan jam, langsung disetujui. Canggih kan?

Cara daftar Indopremier Sekuritas

Nah ini pembahasan yang ditunggu-tunggu. Gimana ya caranya membuka akun di sekuritas ini? Katanya cepat prosesnya.

Baiklah, buat kamu yang ingin pakai cara konservatif, maka kamu bisa datangi saja kantornya dan isi formulir di sana. 

Namun buat yang ingin lebih praktis, maka ikuti saja langkahnya di bawah sini:

1. Persiapkan dokumen-dokumen

Sebelum melakukan pendaftaran, kamu bisa mempersiapkan sejumlah dokumen yang dibutuhkan, seperti KTP, NPWP, fotokopi buku tabungan, dan tanda tangan basah di kertas lalu foto tanda tangannya.

2.  Install IpotGo dan masuk ke bagian registrasi

Registrasi pendaftaran akun ini bisa dilakukan melalui IpotGo. IpotGo bisa diunduh melalui ponsel pintar atau melalui perangkat komputer. 

Praktis banget kan? Setelah IpotGo sudah diunduh dan diinstall, maka langsung isi saja formulir pendaftaran yang disediakan.

3. Foto selfie dengan memegang KTP dan foto berkas lainnya

Kamu akan diminta untuk melakukan foto selfie dengan memegang KTP sebagai bukti bahwa kamu yang benar-benar mendaftar. Setelah itu foto KTPnya sendiri, dan foto kertas yang sudah kamu tandatangani. 

4. Buat username, password, serta PIN

Langkah selanjutnya adalah membuat username, password, dan PIN. Aplikasi trading Indopremier memiliki fitur keamanan yang baik. 

Untuk login ke aplikasi kamu harus memasukkan username serta passwordnya. Sementara itu ketika trading, kamu wajib mengetik PIN terlebih dulu.

5. Video call dengan pihak customer care

Setelah seluruh data terisi, lakukan peninjauan data dengan baik. Pastikan data yang kamu kirimkan ke sekuritas adalah data yang benar.

Pihak customer care pun akan menghubungimu untuk melakukan wawancara video call. 

6. Permohonan rekening efek dan rekening dana nasabah diproses

Indopremier akan membuat Single Identification (SID) di KSEI, dan memproses permohonan rekening dana nasabah. Tunggu saja ya, proses ini gak akan memakan waktu selama satu minggu kok. 

Jika akunnya sudah aktif, maka kamu akan dikirimkan email yang berisi User ID, nomor RDN, Password, dan PINnya. 

Setoran awal Indopremier Sekuritas

Seperti yang telah dijelaskan pada bagian keunggulan, bahwa Indopremier tidak mematok besaran saldo minimal untuk disetorkan ke rekening efek. Artinya, nasabah bisa melakukan pembukaan tanpa harus menyetorkan sejumlah dana. 

Namun, untuk melakukan pembelian saham, pastikan kalau rekening kamu telah terisi saldo yang mencukupi untuk pembelian sebuah emiten. 

Biaya transaksi atau fee Indopremier Sekuritas

Mengingat sekuritas ini gak menetapkan biaya deposit awal ke rekening nasabah, namun Indopremier tetap memberikan fee atau biaya transaksi ke pada para nasabah saat melakukan pembelian atau penjualan saham. 

  • Buy/beli: 0,19 persen
  • Sell/jual: 0,29 persen

Meskipun proses pendaftarannya yang lebih mudah daripada sekuritas lainnya, namun fee ini terbilang lebih besar bila dibandingkan dengan sekuritas lainnya. Tapi tenang saja fee tersebut setimpal dengan pelayanan yang kamu dapatkan saat bertransaksi saham.

Belum lagi, sekuritas ini juga memiliki banyak aplikasi dengan beragam fitur. 

Produk Indopremier

Sekuritas ini gak hanya bisa memfasilitasi dalam urusan beli saham, melainkan juga reksadana. Oleh sebabnya, Indopremier punya beberapa pilihan produk menarik, mulai dari aplikasi jual beli saham hingga aplikasi investasi reksadana.

1. IPOTSTOCK

Ini adalah aplikasi jual beli saham yang bisa kamu gunakan di laptop. Fiturnya sangat menarik, aplikasi ini memiliki sistem auto-trading, hingga kalkulator multiguna.

Penampilannya tergolong user friendly. Jika kita ingin menjual saham kita di harga tertentu, maka kalkulator akan bekerja secara otomatis dan memperlihatkan keuntungan atau kerugian kita pascatransaksi.

Selain itu kamu juga bisa memanfaatkan fitur grafik atau chart multiguna di aplikasi ini.

Sayangnya, IPOTSTOCK ini cuma bisa digunakan di PC atau laptop. Pengguna MacBook belum bisa menikmati fiturnya.

2. IpotUltima

Nah yang ini fungsinya juga untuk trading saham, namun berbeda dengan IPOTSTOCK. IPOT Ultima ini digunakan langsung di browser kamu, misalnya Google Chrome atau Mozilla Firefox.

Tinggal memasukkan username, password, dan pin login maka kamu udah langsung bisa trading tanpa harus install aplikasi.

Buat pengguna MacBook atau Android, aplikasi inilah yang bisa kamu gunakan. Proses tradingnya juga mudah, karena mereka juga memiliki fitur live market.

Hanya saja kekurangannya adalah aplikasi ini cukup berat. Loadingnya juga terbilang agak lama.

Bukan cuma itu, fitur kalkulator multiguna seperti yang dimiliki IPOTSTOCK juga gak tersedia di aplikasi ini.

3. IpotGo

Aplikasi ini tersedia di android dan bisa digunakan untuk beli saham dan reksadana. Penampilannya cukup ringkas dan mudah dimengerti. 

Beberapa fitur di IpotGo antara lain adalah fitur investasi berkala, Go Robo, hingga Go Instant Switching. 

Namun untuk transaksi saham, IpotGo memang kurang nyaman. Hal itu disebabkan karena fitur market live di IpotGo memang gak seperti IPOTSTOCK atau IpotUltima.

4. IPOTFUND

Kalau ini adalah supermarket reksadananya Indopremier. IPOTFUND bukanlah aplikasi melainkan sebuah situs yang menyediakan lebih dari 200 reksadana yang bisa kamu beli.

Untuk transaksinya, bisa lewat IpotGo atau di situs IPOTFUND sendiri.

Salah satu fitur dari IPOTFUND adalah evaluator. Fitur ini menggunakan sistem ranking untuk memberikan penilaian kinerja seluruh reksa dana yang tersedia pada jangka waktu tertentu.

Kamu bisa mengklasifikasikan reksa dana dengan imbal hasil tertinggi berdasarkan jangka waktu investasinya, mulai dari satu bulan, tiga bulan, enam bulan, sembilan bulan, satu tahun, dua tahun, hingga tiga tahun.

Oh ya, satu lagi nih, proses transaksinya juga gratis lho.

5. IPOTPAY

Yang ini bukan untuk investasi, melainkan untuk tabungan. IPOTPAY sejatinya bukan e-money lho, ini adalah platform tabungan dengan fitur menarik.

Intinya, dana yang disimpan di IPOTPAY otomatis ditempatkan di reksadana pasar uang. Itulah sebabnya, mengapa dalam materi promosinya, IPOTPAY bilang kalau bunga tabungannya bisa sampai 7 persen per tahun.

Jadi, produk yang satu ini sejatinya adalah produk tabungan. Namun, bunganya jauh lebih besar dari deposito.

Untuk membuka akun ini, kamu harus register dulu ya. Uangnya bukan berasal dari uang di RDN yang kamu miliki. 

Daftar perusahaan sekuritas terbaik lainnya di Indonesia

Selain Indopremier ada banyak perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia yang bisa kamu jadikan sebagai pilihan dalam berinvestasi saham. Perusahaan-perusahaan tersebut menawarkan keunggulan mereka masing-masing dalam bertransaksi. 

Lifepal sendiri telah membuat ulasan singkat mengenai perusahaan sekuritas tersebut, berikut daftar dan ulasannya:  

Pertanyaan seputar Indopremier Sekuritas

Berikut ini pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan terkait dengan Indopremier Sekuritas.

Indopremier Sekuritas adalah perusahaan sekuritas atau broker saham yang eksis di Indonesia. Perusahaan ini didirikan tahun 1996 dengan nama Puridana Sekurindo. Selain sekuritas, Indopremier memiliki anak usaha di bidang manajemen investasi

Salah satu cara untuk mengetahui apakah perusahaan sekuritas itu terpercaya atau tidak bisa dilihat dari izin mereka. Indopremier Sekuritas sendiri telah mendapatkan izin operasional dan diawasi oleh lembaga yang berwenang yaitu Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara mendaftar Indopremier bisa dilakukan dengan dua cara, pertama dengan cara offline atau mendatangi langsung kantor mereka, dan dengan cara online melalui situs resmi www.indopremier.com.

Kelebihan dari Indopremier adalah tidak mematok setoran awal kepada para nasabahnya untuk melakukan pembukaan rekening. Artinya, nasabah tidak dipungut biaya dan disyaratkan untuk menyetorkan dana sepeserpun untuk melakukan pembukaan.

IpotGo adalah aplikasi android maupun iOS dari Indopremier yang bisa digunakan nasabah untuk melakukan pembelian saham secara online.

Sama seperti perusahaan sekuritas lainnya, Indopremier juga membebankan biaya transaksi atau fee kepada nasabahnya dengan besaran 0,19 persen untuk aktivitas pembelian saham dan 0,29 persen untuk aktivitas penjualan saham.

Sekian informasi singkat mengenai Indopremier Sekuritas. Semoga bisa membantu kamu dalam berinvestasi saham. 

Jika investasi saham masih kurang, kamu bisa mencoba sarana investasi lainnya yang lebih bermanfaat seperti misalnya asuransi unit link. Dengan asuransi unit link, kamu bisa mendapatkan manfaat ganda, yaitu manfaat jiwa dan manfaat investasi. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →