Infovesta Reksadana – Pilihan Produk, Layanan, dan Cara Daftar

Infovesta Reksadana – Pilihan Produk, Layanan, dan Cara Daftar

Infovesta reksadana adalah data produk investasi pasar modal yang disajikan PT Infovesta Utama. Selain reksadana, Infovesta juga menyajikan data produk investasi lain, termasuk saham dan obligasi.

Salah satu layanan yang diberikan Infovesta adalah scoring dari produk-produk reksa dana. Infovesta juga memiliki layanan Infovesta Investment Platform (VIP) yang membantu investor dalam menyusun rencana berinvestasi.

Beberapa perusahaan sekuritas dan manajer investasi telah bekerja sama dengan Infovesta. Di antaranya, BNI Asset Management, Ciptadana Asset Management, Danareksa, Mega Investama, Samuel Aset Manajemen, Sinarmas Asset Management, Syailendra, hingga Eastspring Investments.

Selain data tersebut, ada juga aplikasi investasi, online learning, dan layanan konsultasi investasi. Mau tahu lebih lanjut? Yuk, simak produk reksadana, layanan, dan cara buka akun di sini!

Profil Infovesta

Infovesta adalah perusahaan teknologi terkemuka di Tanah Air yang mengedepankan kepentingan investor dalam zona investasi, khususnya pasar modal. 

Infovesta percaya bahwa inovasi bakalan menciptakan solusi atas setiap persoalan. Hal ini pun diterapkan Infovesta dalam setiap penyajian data dan teknologi terkait pasar modal. 

Infovesta menyatukan kecerdasan teknologi ke dalam setiap produk dan jasa yang diciptakan. Dengan menghubungkan elemen data dan informasi, Infovesta mampu menciptakan sebuah solusi investasi yang sangat terintegrasi dengan kebutuhan investor sehari-hari. 

‘Kami mampu merumuskan sebab-akibat, risiko-peluang, dengan cara-cara baru yang membuat investor mengambil keputusan dengan lebih percaya diri.’ Demikian tulis Infovesta di laman resminya.

Punya pertanyaan seputar reksadana dan investasi? Kunjungi laman tim ahli di Tanya Lifepal!

1. Perjalanan perusahaan

Pada 2005, Infovesta resmi berdiri sebagai penyedia data dan informasi reksa dana. Dari sinilah kemudian infovesta reksa dana dikenal masyarakat umum, khususnya pada stakeholder di industri pasar modal. 

Sepanjang 2006-2009, Infovesta pertama kali menciptakan scoring reksa dana, sekaligus sebagai scoring pertama di Indonesia. Karenanya istilah Infovesta reksa dana cukup dikenal oleh investor.

Infovesta juga menambah data dan informasi saham, obligasi, pasar uang, dan unit link. Infovesta pun menyediakan analisis kuantitatif reksa dana, saham, obligasi, pasar uang, dan unit link. 

Pada periode 2010-2012, Infovesta menciptakan E-Waperd, sebuah aplikasi online learning untuk membantu para calon wakil agen penjual reksa dana (waperd) yang ingin mengambil ujian waperd demi mendapat lisensi sebagai waperd resmi OJK. 

Infovesta juga mengembangkan aplikasi investment advisor untuk bank dan aplikasi perhitungan kinerja investasi untuk investor institusi. Lantas Infovesta juga menyediakan layanan daya feed, sebuah mekanisme yang mampu memindahkan (transfer) data langsung ke database klien. 

Kemudian pada 2013-2016, Infovesta memantapkan diri sebagai konsultan profesional dengan memberikan konsultasi seperti prosedur (SOP) investasi, pedoman manajemen risiko investasi, dan pedoman penilaian risiko kepada investor institusi.

Menciptakan VIP, sebuah aplikasi yang mengakomodasi perencanaan investasi, pencatatan investasi, dan pemantauan investasi. Infovesta juga menciptakan aplikasi i-learn, sebuah aplikasi berbasis mobile yang merupakan modifikasi dari E-Waperd.

Pada 2017, Infovesta menciptakan INVESTPRO, sebuah aplikasi berbasis web yang mengintegrasikan proses perencanaan, implementasi hingga pemantauan portofolio investasi dengan keunggulan interaksi multiuser antartim investasi serta dapat merekam setiap transaksi untuk kepentingan tata kelola yang lebih baik.

2. Scoring produk reksa dana

Sebagai informasi, Infovesta Scoring yang dilakukan adalah metode evaluasi reksa dana oleh PT Infovesta Utama dengan menggunakan parameter yang dianggap penting dan bertujuan memudahkan investor dalam memilih reksa dana berdasarkan kinerja historisnya. 

Aspek dan parameter yang digunakan dalams scoring:

  • Aspek kinerja, menggunakan parameter modified sharpe ratio dan total return
  • Aspek kepercayaan investor, menggunakan parameter pertumbuhan UP
  • Aspek kepatuhan regulasi, menggunakan parameter nilai dana kelolaan

Produk reksadana di Infovesta

Inovesta menyajikan data terkait produk-produk reksa dana, termasuk reksa dana saham, campuran, pendapatan tetap (RDPT), pasar uang (RDPU), terproteksi, indeks & ETF, reksa dana syariah, penyertaan terbatas, hingga reksa dana dolar. 

Tapi sebelum membahas detail mengenai Infovesta reksa dana? Kita refresh dulu yuk mengenai pengertian reksa dana. Reksa dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. 

Nah, saat membeli reksa dana sebagai aset investasi, kamu akan mendapat tanda bukti pembelian berupa unit penyertaan (UP). UP ini yang didapat dihitung dari nominal pembelian kamu dibagi dengan NAB (nilai aktiva bersih). Nilai NAB/UP ini bisa naik turun sesuai dengan perkembangan pasar modal.

*Data-data berikutnya, dikutip dari laman resmi Infovesta per Juni 2021.

1. Infovesta reksadana saham

Reksa dana saham adalah reksa dana yang sekurang-kurangnya 80 persen dari dana yang dikelola diinvestasikan ke dalam efek bersifat ekuitas alias saham.

Produk Reksa Dana NAB/UP
Architas Saham Dinamis 5.311,78  
Ashmore Saham Sejahtera Nusantara II – Total Return 1.029,447
Avrist Equity – Cross Sectoral 796,98
Cipta OVO Ekuitas 2.014,64
HPAM Smart Beta Ekuitas 1.143,862
Manulife Dana Saham Utama 1.431,23
Manulife Saham Andalan 2.378,71
Pacific Equity Flexi Fund 1.026,22
Shinhan Equity Growth 2.187,25
Sucorinvest Equity Fund 2.261,08
Sucorinvest Mai Fund 1.696,44
Sucorinvest Sharia Equity Fund 1.958,9

2. Infovesta reksadana campuran

Reksa dana campuran memiliki perbandingan target aset alokasi pada efek saham dan pendapatan tetap yang tidak diketagorikan ke dalam jenis reksa dana lainnya. Reksa dana yang alokasinya merupakan kombinasi antara efek ekuitas (saham) dan efek utang (obligasi) di mana masing-masing efek tidak ada yang melebihi 80 persen.

Produk Reksa Dana NAB/UP
Batavia Campuran Utama 1.564,385
NET Dana Berimbang 1.242,817
SAM Mutiara Nusa Campuran 1.534,562
Star Balanced 3.685,238
Sucorinvest Anak Pintar 2.161,71
Sucorinvest Citra Dana Berimbang 1.894,68

3. Infovesta reksadana pendapatan tetap

Reksa dana pendapatan tetap sekurang-kurangnya 80 persen dari dana yang dikelola (aktivanya) dalam bentuk efek bersifat utang. Reksa dana yang alokasi investasinya minimal 80 persen pada efek pendapatan tetap, seperti utang (baik surat utang negara/SUN) atau surat perusahaan berjangka lebih dari 1 tahun. 

Produk Reksa Dana NAB/UP
Ashmore Dana USD Nusantara – Total Return 1,44 
BNI-AM Ardhani Pendapatan Tetap Syariah 1.421,54
Bahana Prime Income Fund 1.870,01
Batavia Obligasi Bertumbuh 1.344,225
Principal Prime Income Fund 1.804,5
Sam Dana Pendapatan Tetap 1.537,09
Setiabudi Dana Obligasi Plus 1.392,405
Shinhan Sukuk Syariah I 1.475,258
Simas Pendapatan Tetap Andalan 1.405,676
Sinarmas Hidup Sejahtera 1.360,835
Sucorinvest Bond Fund 1.495,38
Syailendra Pendapatan Tetap Premium 1.492,581

4. Infovesta reksadana pasar uang

Reksa dana pasar uang ini investasinya ditanam pada efek bersifat utang dengan jatuh tempo yang kurang dari setahun.

Reksa dana pasar uang merupakan reksa dana yang mayoritas alokasi investasinya pada efek pasar uang, seperti Surat Berharga Indonesia (SBI), surat utang berjangka kurang dari satu tahun, deposito berjangka dan tabungan. 

Produk Reksa Dana NAB/UP
Bahana Likuid Plus 1.239,4
Mega Dana Kas 1.790,319
Setiabudi Dana Pasar Uang 1.289,153
Sucorinvest Money Market Fund 1.569,66

5. Infovesta reksadana syariah

Reksa dana syariah menempatkan seluruh aloksi investasi kepada produk-produk syariah. 

Produk Reksa Dana NAB/UP
BNI-AM Ardhani Pendapatan tetap Syariah 1.42154
Shinhan Sukuk Syariah 1475,258
Sucorinvest Sharia Equity Fund 1.958,9

Layanan Infovesta

Infovesta menawarkan 4 produk dan layanan, yakni Investpro, Online Learning Platform, Data Feed, dan TESSA. Lifepal akan membahas dua di antaranya:

1. Investpro

Investpro dikembangkan oleh Infovesta sebagai dukungan untuk para pengelola portofolio dalam organisasi. Sistem ini mengintegrasikan proses pencernaan, implementasi hingga pemantauan portofolio investasi. Investpro memungkinkan interaksi multiuser antartim investasi dan memantau serta merekam setiap transaksi untuk kepentingan audit dan justifikasi. 

2. TESSA

Infovesta mengembangkan TESSA sebagai aplikasi berbasis mobile. Aplikasi ini memberikan berbagai data dan informasi reksa dana lengkap dan terkini.

TESSA membantu klien memantau kinerja reksa dana dan membandingkannya dengan indeks referensi dan reksa dana lain. Ketersediaan data oleh TESSA termasuk NAB/UP, imbal hasil/return baik untuk 1D, MOM, YTD, YOY, 3Y, AUM, Infovesta Scoring (6M, 1Y, 3Y), factsheets, grafik kinerja, dan grafik pembanding.

Buat kamu yang pengin berinvestasi, cek dulu profil risiko investasi kamu lewat Kuis dari Lifepal berikut ini:

Cara buka akun di Infovesta

Bagi investor, baik perorangan atau institusi bisa menjadi klien Infovesta. Caranya dengan melakukan registrasi akun baru di situs resmi Infovesta. 

Setelah itu, investor hanya perlu mengisi data diri berupa nama lengkap, nomor ponsel, serta alamat surat elektronik (email). 

Terus selanjutnya bagaimana? Tenang, pihak Infovesta sendiri yang akan menghubungi investor. Jadi tak perlu ribet, pihak Infovesta yang akan menjelaskan secara detail proses pendaftaran dan fasilitas apa saja yang akan didapat nanti. 

Pertanyaan seputar Infovesta