Ingin Memaksimalkan Penggunaan Kartu Kredit? Coba Manfaatin Fasilitas Point Rewards Deh!

memaksimalkan penggunaan kartu kredit

Billy dan teman-teman sekantor berencana lunch bareng di Pizza Hut siang ini. “Guys, nanti bayarnya pakai kartu gue aja ya”, Billy ngasih pengumuman ke teman-temannya. Widih, royal amat nih si Billy, padahal biasanya dia paling perhitungan loh!

 

Usut punya usut, Billy adalah pengguna kartu kredit BII Mastercard Gold aktif. Kebetulan, untuk pemegang kartu kredit BII, setiap transaksi kartu kredit bakalan diganjar dengan point rewards. Makanya Billy lagi getol-getolnya bertransaksi agar point rewardsnya makin banyak.

 

Jaman makin modern masbro! Belanja, travelling, ngupi-ngupi, bayar tagihan dan hampir semua transaksi bisa pakai kartu kredit. sudah gak jamannya lagi ke sana kemari bawa duit segepok.

 

Selain ribet, gak aman juga pergi kemana-mana bawa duit sekoper atau bahkan sekarung. kalau bisa simpel ngapain dibikin ribet, ya kan?

 

Pasti sudah banyak diantara kamu yang punya kartu kredit dan familiar memakai kartu kredit untuk berbagai transaksi. Tapi sepertinya masih banyak yang belum maksimal menggunakan kartu kreditnya.

 

Kartu kredit gak cuma menawarkan kemudahan fasilitas belanja semata. Tahu gak kalau kartu kredit juga nawarin benefit lain seperti point rewards?

 

Nah, ini nih fasilitas yang sering terabaikan. Padahal kalau kamu bisa maksimalin point rewards dari kartu kredit kamu, cukup bisa bikin berhemat lho.

 

Biar bisa memaksimalkan penggunaan kartu kredit dengan cara manfaatin fasilitas point rewards, nih simak baik-baik :

 

[Baca : Kenali Manfaat Kartu Kreditmu Points Rewards vs Cash Back]

 

 

Apa Sih Point Rewards Itu

 

Namanya aja point rewards, logikanya kumpulin deh point sebanyak-banyaknya buat dapetin rewards alias hadiah. Caranya gimana? Sering-sering bertransaksi aja! Bisa dengan membeli barang, belanja di supermarket atau makan di merchant-merchant yang ada hubungan kerjasama dengan kartu kredit kamu.

 

Setiap pembayaran dengan kartu kredit akan menambah point rewards di kartu kredit kamu. Point-point itu bisa ditukar dengan hadiah-hadiah tertentu yang sudah disiapkan oleh pihak penerbit kartu kredit. Bentuk hadiahnya pun beragam.

 

Semisal membayar belanjaan di supermarket, setiap pembelanjaan Rp 12.500 mendapat 1 point. Tinggal dikalikan saja berapa jumlah transaksi pembelanjaan kamu. Lumayan kan!

 

Hadiah yang biasanya disediakan antara lain :

 

– Potongan harga di merchant yang kerja sama dengan bank penerbit kartu kredit

– Voucher belanja

– Tiket nonton buy 1 get 1

– Barang atau produk

– Bebas annual fee

– Tiket pesawat atau mileage

 

[Baca : Kartu Kredit yang Bermanfaat Itu Adalah yang Menawarkan Fasilitas-Fasilitas Berguna Seperti Ini]  

 

 

Gimana sih supaya kita bisa memaksimalkan fasilitas point rewards pada kartu kredit?

 

1. Pemilihan kartu kredit

 

memaksimalkan penggunaan kartu kredit

Kartu kredit banyak jenisnya, pertimbangkan baik-baik jangan sampai salah pilih 

 

 

Lebih baik research dulu sebelum mengajukan aplikasi kartu kredit mana yang paling sesuai dengan kebutuhan kamu. Semisal nih, buat yang hobi travelling, cari kartu kredit yang nawarin diskon dan promo liburan or jalan-jalan.  

 

Beberapa kartu kredit yang cocok buat travelling diantaranya BII Platinum, CIMB Niaga Air Asia BIG Poin dan ANZ Travel Visa Signature.

 

2. Penukaran Point Rewards

 

Rajin-rajin ngecek berapa point rewards yang sudah berhasil terkumpul di kartu kredit kamu. Karena point-point tersebut punya jangka waktu penukaran. Sayang kan kalau hangus atau kadaluwarsa.

 

memaksimalkan penggunaan kartu kredit

 

Jangan malas ngecek point rewards dong kalau mau terima hadiah-hadiahnya!

 

 

Pastikan juga untuk gak nunggak tagihan kartu kredit kamu, apalagi sampai berbulan-bulan. Jangan tunda penukaran point rewards dengan hadiah yang senilai dengan total point yang sudah kamu dapat.

 

3Pembayaran Tagihan Secara Otomatis

 

Cara lain untuk menambah point rewards adalah dengan melakukan pembayaran tagihan rutin setiap bulan seperti tv kabel, internet dsb melalui kartu kredit secara otomatis. Tapiiii, inget ya, gak semua bank nawarin fasilitas ini, jadi kamu tetap harus cek terlebih dahulu.

 

memaksimalkan penggunaan kartu kredit

Kartu kredit emang bisa buat bayar tagihan bulanan, tapi cek dulu ya!

 

 

4. Traktir Teman-Teman

 

Traktir di sini bukan berarti kamu jadi royal dan boros bayarin teman-teman kamu ya! Ajak mereka makan di tempat yang lagi ada promo kartu kredit. Jangan bilang-bilang kalau kamu yang bayarin ya!

 

Tetapkan bujet dan berapa teman yang kamu ajak. Saat sudah selesai makan, langsung ke meja kasir dan bayar tagihan dengan kartu kredit kamu. Tinggal bilang deh ke teman-teman bahwa semua sudah dibayar. Teman-teman kamu bakalan surprise sekaligus terkesan deh!  

 

memaksimalkan penggunaan kartu rkedit

Traktir teman-teman bisa nambah point rewards kamu loh, tapi inget, jangan keseringan ya, bisa bokek!

 

 

5. Bijak Menggunakan Point Rewards

 

Mentang-mentang judulnya memaksimalkan point rewards gak berarti jor-joran mengejar rewards tanpa memikirkan risiko ya. Bertransaksi sewajarnya saja, gak usah lebay demi rewards tertentu yang kebetulan menggiurkan.

 

Bank penerbit kartu kredit memang suka nawarin banyak rewards. Tapi jangan karena itu kamu jadi lupa diri bahwa apapun bentuknya kartu kredit adalah utang!

 

memaksimalkan penggunaan kartu kredit

 

Point rewards harusnya yang bikin happy kayak gini, bukan malah numpuk utang ya!

 

 

[Baca : Yuk Nyontek 7 Cara Memaksimalkan Reward Kartu Kredit Ini]

 

 

Ada bunga dan biaya lain yang mengikuti di setiap transaksi kartu kredit. Gak mau bermasalah dengan utang bejibun gara-gara kartu kredit dan berujung masuk daftar hitam Bank Indonesia dong?

 

 

Semua di dunia ini ada aturannya, begitu juga dengan kartu kredit. Aturan mainnya jelas kok! Sebagai pengguna kartu kredit kamu harus paham, kenapa? Supaya kartu kredit yang ada di tangan kamu gak malah berbalik jadi senjata makan tuan.

 

 

 

 

Image Credit :

  •  https://bicarabicara.files.wordpress.com/2012/02/memilih-kartu-kredit.png
  • http://res.cloudinary.com/stg-cermati/image/upload/v1430904330/qhrmudqxqdzftmvuhven.jpg
  • http://cdn1.evigo.com/wp-content/uploads/2013/09/online-security.jpg
  • http://www.olarv.com/wp-content/uploads/2015/03/Siap-siap-Ngeluarin-Duit-di-Dompetmu-Buat-Traktir-Makan-via-fauzandhezigncom.jpg
  • http://3.bp.blogspot.com/-E839x6ARVUI/UpV7DReIxxI/AAAAAAAAAs8/LrJyPs9LF0Y/s1600/Reward+kartu+kredit.jpg

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis