Ingin Memberikan Kado di Hari Ibu Tanpa Mengeluarkan Biaya? Ini Referensinya

Hari Ibu adalah hari peringatan atau perayaan terhadap peran seorang ibu dalam keluarganya, baik untuk suami, anak-anak, maupun lingkungan sosialnya.

Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebas tugaskan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap merupakan kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya.

Di Indonesia hari ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother’s Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei.

Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women’s Day diperingati setiap tanggal 8 Maret.

Tanggal ini diresmikan oleh Presiden Soekarno di bawah Keputusan Presiden Republik Indonesia No. 316 Tahun 1959 tanggal 16 Desember 1959, pada ulang tahun ke-25 Kongres Perempuan Indonesia 1928. Tanggal tersebut dipilih untuk merayakan semangat wanita Indonesia dan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara.

Kini, arti Hari Ibu telah banyak berubah, dimana hari tersebut kini diperingati dengan menyatakan rasa cinta terhadap kaum ibu. Orang-orang saling bertukar hadiah dan menyelenggarakan berbagai acara dan kompetisi, seperti lomba memasak dan memakai kebaya.

Ibu merupakan sosok yang sangat berarti bagi semua orang. Tanpa seorang ibu, tentu kita gak bakalan hadir ke dunia ini. Betapa kerasnya perjuangan seorang ibu dalam mendidik anak-anaknya. Bahkan sejak dari dalam kandungan, ibu tak pernah lelah memberikan perhatiannya pada anak.

Di momen Hari Ibu yang jatuh pada Sabtu ini, banyak orang mencari inspirasi untuk memberikan hadiah kepada ibu mereka. Bahkan, gak sedikit pula yang sudah menyiapkan kejutan untuk menyambut moment penuh makna itu.

Kalau kamu salah satunya yang sedang mencari referensi atau bagaimana membuat ibumu terkesan tanpa perlu mengeluarkan banyak biaya, MoneySmart telah merangkumnya untukmu.

Inspirasi kejutan berikut ini dapat membuat para ibu tersentuh dan merasa bahagia saat perayaan Hari Ibu. Bagaimana dan apa aja sih, simak yuk ulasan berikut ini.

Baca juga: Kamu Berkepribadian Ekstrovert, 5 Pekerjaan Ini Cocok Diterapkan! Jangan Sampai Salah Pilih

1. Ringankan bebannya di hari itu

Ringankan bebannya di hari itu (Shutterstock).

Jika selama ini seorang ibu bekerja tak kenal lelah di rumah, coba saat perayaan Hari Ibu nanti, kamu yang ambil semua tugas-tugas itu.

Kalau perlu, untuk meringankan tugas kesehariannya, kamu bersama ayah dan saudara yang lain mengambil alih. Mulai dari bangun di pagi hari, jika ibu yang biasanya membangunkanmu, kamu harus sudah bangun lebih dulu.

Cuci pakaian, cuci piring, bersih-bersih dan kegiatan lain bisa kamu ambil alih. Di satu hari itu, jangan buat ibumu melakukan pekerjaan rumah tangga, biarkan dia beristirahat sejenak untuk melakukan aktifitas yang selama ini sulit dilakukannya.

2. Masak makanan kesukaannya

Memasak bersama (Shutterstock).

Membuatkan makanan kesukaan juga bisa jadi cara membahagiakan ibu. Apalagi kalau kamu pintar memasak, pasti ibumu akan menyukainya.

Jika setiap hari ibumu yang sibuk memikirkan makanan untukmu dan anggota keluarga lain, coba di Hari Ibu nanti, kamu bertukar peran dengannya. Buat makanan kesukaan ibumu selezat mungkin. Jangan lupa, ajak anggota keluarga lain untuk turut serta.

Baca juga: Sering Merasa Gagal Fokus Saat Bekerja, Hentikan 5 Kebiasaan Buruk Ini di Kantor

3. Mengajaknya jalan-jalan

Mengajaknya jalan-jalan ke taman (Shutterstock).

Jalan-jalan gak selalu ke mall. Kamu bisa mengajak ibumu olahraga pagi di taman atau sekedar duduk manis seraya membicarakan moment apa yang terlewat untuk dibahas bersama.

Jika kamu dan ibumu sudah tidak tinggal serumah, momen kebersamaan ini yang paling dirindukan olehnya.

Oleh karena itu, gak ada salahnya kamu ajak ibumu pergi jalan-jalan menghirup udara segar, bicarakan apa yang ingin kalian bahas. Terdengar sepele, tetapi ini sangat berarti untuk kalian berdua.

4. Pijat ketika dia lelah

Pijat ketika dia lelah (Shutterstock).

Memberikan pijatan juga dapat membuat ibu senang. Terlebih setelah ia lelah karena telah mengatur urusan rumah tangga selama ini. Meskipun kamu gak pandai dalam memijat, niat baik ini selalu disambut hangat oleh seorang ibu. Intinya niatmu tulus ingin meringankan bebannya.

Baca juga: Pengin Kulit Mulus ala Perempuan Korea, Ini Deretan Sheet Mask Murah yang Perlu Kamu Coba

5. Bikin scrapbook

Scrapbook (Shutterstock).

Buatlah sebuah album mini keseruan kamu bareng ibu selama setahun ini. Apa saja yang sudah kalian lakukan bersama, momen-momen hangat kedekatan kalian, atau bahkan saat perayaan ulang tahunnya.

Kalau susah untuk mencetaknya, kamu bisa buat kolase foto-foto di ponsel atau laptop, serta berikan pada ibumu. Dijamin, ibumu akan terharu begitu melihat kenangan manis yang selama satu tahun ini kalian lakukan.

6. Berikan hadiah kecil

Berikan hadiah kecil (Shutterstock).

Memberikan hadiah gak harus selalu mahal. Kamu gak perlu memberikan hadiah bermerek atau bahkan berlian. Kalau memiliki uangnya sih gak apa-apa, tetapi kalau kamu sendiri gak punya uang lebih baik jangan. Banyak kok hadiah kecil yang dapat membuat ibumu bahagia.

Kamu bisa memberikannya kerudung, bros, anting-anting, atau tas tangan. Seorang ibu gak pernah menolak pemberian anaknya. Mereka tidak pernah melihat hadiah berdasarkan nila, tetapi ketulusanmu pada ibumu lebih penting.

Enam hal tadi merupakan cara bagaimana kamu bisa membahagiakan ibumu di Hari Ibu. Gak perlu mahal, mewah, yang penting adalah ketulusan cinta kasih darimu untuk ibu. Berikan ibumu waktu untuk melakukan apa yang dia inginkan di satu harian penuh itu. Tak usah banyak mengeluh, kamu hanya perlu membasuh peluh yang meluluh di wajahnya.

Selamat Hari Ibu, wahai wanita-wanita hebat di dunia. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →