Usia 30, Idealnya Kamu Udah Punya 10 Kriteria Finansial Ini Nih

Kondisi keuangan idealnya semakin membaik seiring bertambahnya usia. Jika saat usia 20-an kamu belum punya rencana keuangan yang jelas atau masih suka belanja secara impulsif, kebiasaan tersebut gak boleh terjadi lagi saat menginjak usia 30 tahun.

Usia 30 artinya kamu sudah berada di puncak masa produktif. Semestinya, kamu sudah paham arah hidup serta tujuan keuangan di masa depan. Nah, sudahkah kondisi keuanganmu memenuhi kriteria ideal di usia kepala tiga?

Untuk memastikannya, mari kita cek 10 kriteria kondisi keuangan ideal untuk yang berusia 30-an.

1. Tidak bergantung kepada orangtua

kondisi keuangan

Di usia ini, umumnya kamu telah berkarier selama lebih dari lima tahun. Gak sedikit nih yang mulai mandiri sepenuhnya saat sudah berpenghasilan sendiri. Tapi, gak jarang juga yang masih sedikit-sedikit minta bantuan orangtua saat dompet kempes sebelum tanggal gajian.

Nah, di usia kepala tiga, mulailah untuk mandiri finansial sepenuhnya. Untuk itu, kamu pun harus siapkan dana darurat pribadi agar tidak mengusik dompet orangtua saat terjadi sesuatu yang gak terduga.

2. Bebas utang konsumtif

kondisi keuangan

Pada usia ini, tanggung jawab keuangan yang dihadapi jauh lebih besar daripada saat masih usia 20-an dulu. Terutama buat kamu yang kini sudah menikah ataupun memiliki anak.

Oleh sebab itu, selesaikanlah semua cicilan utang konsumtif kayak gadget atau barang elektronik lain. Jangan sampai tergoda untuk menambah daftar utang. Pada usia ini sebaiknya kamu telah sadar untuk gak membeli barang konsumtif yang belum kamu mampu bayar secara tunai.

3. Mulai membangun portofolio investasi

kondisi keuangan

Jika saat usia 20-an kamu belum melirik produk investasi, sekarang gak perlu ditunda lagi. Kamu dapat mencoba investasi reksadana, saham, hingga properti. Dalam jangka pendek atau pun panjang, profit investasi dapat kamu gunakan untuk mewujudkan berbagai tujuan keuanganmu. Contohnya, memenuhi dana pensiun atau dana darurat.

4. Telah memiliki dana darurat sebesar 6 bulan penghasilan

kondisi keuangan

Jika sewaktu-waktu hal buruk terjadi padamu, kayak di-PHK atau sakit, gak berarti kamu langsung lari ke pangkuan orangtua. Ingat, sudah saatnya kamu mandiri.

Di usia 30-an kamu sudah perlu memiliki dana darurat sebesar enam bulan penghasilan. Asumsinya, jika kamu di-PHK dan gak bekerja selama beberapa bulan, kamu masih punya dana yang memadai sampai mendapatkan sumber penghasilan baru.

5. Memiliki penghasilan aktif dan pemasukan sampingan

kondisi keuangan

Sekecil apa pun, memiliki pemasukan sampingan adalah hal yang penting. Caranya bisa bermacam-macam. Mulai dari buka usaha, sampai punya kerja sampingan. Dengan demikian kamu gak hanya bergantung kepada satu sumber penghasilan.

6. Punya aset berharga

kondisi keuangan

Punya rumah, tanah, kendaraan, atau aset berharga lainnya memang bukan ukuran status sosial. Tapi, kepemilikan aset berharga dapat menjadi investasi jangka panjang.

Upaya memiliki aset berharga harus sudah dilakukan bahkan menjelang 30-an. Contohnya aja dengan ngambil KPR atau kredit pemilikan rumah.

Jika gak dilakukan segera, pastinya kamu gak akan rela jika masih menyicil KPR saat masa pensiun telah tiba atau kemungkinan buruknya, menebeng tinggal di rumah keluarga.

7. Punya catatan cashflow bulanan

kondisi keuangan

Uang mengalir entah ke mana aja tiap bulannya? Di usia 30-an hal ini udah haram hukumnya. Kamu udah gak bisa sembarangan menghabiskan uang tanpa anggaran yang jelas. Jika tidak, meski penghasilanmu terus bertambah, kondisi keuangan tetap akan mandek selamanya.

8. Jumlah tabungan sebesar 1 tahun penghasilan

kondisi keuangan

Menurut Kimmie Greene, perencana keuangan di Intuit dan Mint.com, idealnya di usia 30 kamu telah memiliki tabungan sebesar penghasilan selama setahun.

Jadi, jika penghasilanmu selama setahun sebesar Rp 120 juta, maka jumlah tabunganmu saat ini pun harus mencapai Rp 120 juta. Tabungan ini meliputi keseluruhan tabungan yang kamu punya, termasuk dana pensiun.

9. Memiliki asuransi

kondisi keuangan

Udah gak zaman menyepelekan pentingnya manfaat asuransi. Jika saat ini kamu udah punya tanggungan ditambah kamu adalah kepala keluarga, asuransi jiwa wajib dimiliki.

Sementara untuk  kesehatan, gak masalah sih jika hanya ingin mengandalkan BPJS. Tapi, jika layanan yang diberikan gak sesuai dengan kebutuhanmu, segera tambahlah dengan asuransi swasta. Untuk lebih lengkapnya, bisa kamu baca di sini.

10. Udah mempersiapkan dana pensiun

kondisi keuangan

Tanya Lifepal - Untuk Pertanyaan Keuanganmu
Bagaimana cara mengelola uang pesangon untuk korban PHK karena Covid-19?Dijawab : Eko Endarto, CFP, RFA

Hayo, sudahkah kamu menyiapkan dana pensiun? Ingat, semakin lama kamu mulai menabung dana pensiun, semakin besar dana yang perlu disisihkan. Alhasil, kamu akan makin terasa terbebani nantinya.

Idealnya, dana pensiun sudah disiapkan bahkan saat pertama dapat penghasilan. Cek cara menghitung dana pensiun yang kamu perlukan di sini.

Itulah 10 kriteria kondisi keuangan yang ideal di usia 30-an. Sudah ada berapa poin yang berhasil kamu penuhi belum nih?

Jika gak lebih dari tiga poin, yuk evaluasi lagi gaya hidup yang dijalani. Mulai aware sama kondisi finansial biar uang gak cuma numpang lewat. Semoga bermanfaat!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →