Ini Nih 4 Hewan Peliharaan yang Murah dan Mudah Dipelihara

Hewan Peliharaan yang Murah

Ketika melihat kucing atau anjing yang lucu di televisi, pernah gak terlintas keinginan buat memelihara binatang itu di rumah?

“Pelihara diri sendiri aja ngos-ngosan, kok mau pelihara hewan…”

Nah, pemikiran ini juga mungkin datang kemudian dan membuyarkan harapan memelihara binatang.

Jelas, tanggung jawab punya binatang peliharaan itu besar. Gak cuma ngasih makan dan tempat tidur, ada biaya perawatan serta pencegahan penyakit yang mesti ditanggung. Belum lagi kalau hewan itu jatuh sakit.

Namun bukan berarti pasti boncos kalau punya peliharaan di rumah. Gimana kalau memelihara hewan selain kucing dan anjing yang emang terkenal mahal?

Berikut ini perkiraan harga binatang peliharaan yang murah plus biaya yang menyertai:

1. Ikan hias air tawar

hewan peliharaan yang murah
(ikan koki hias/ blogspot)

Gak cuma ikan laut, ikan tawar pun banyak yang lucu dan imut-imut. Misalnya cupang, mas koki, guppy, juga platy. Harganya pun murah lho.

Sepasang ikan cupang dengan sirip dan ekor merekah cantik paling Rp 200-300 ribuan. Ikan mas koki malah lebih murah lagi.

Untuk modalnya, kamu perlu beli akuarium ukuran 90 x 40 x 50 cm seharga Rp 200 ribu, ornamen akuarium dan hiasan Rp 200 ribu, batu kolam seplastik Rp 20 ribu, mesin aerator Rp 30 ribu, serta filter Rp 100 ribu.

Adapun harga pakan ikan cuma Rp 5.000 per kemasan, bisa dipakai hingga seminggu. Biaya rutin yang keluar ya hanya pakan ini. Gak perlu suntik vaksin, cukup rutin bersihkan akuarium agar ikan jauh dari penyakit.

2. Hamster

hewan peliharaan yang murah
(Hamster/The Spruce)

Hewan peliharaan yang murah berikutnya adalah hamster. Harganya berkisar Rp 50 ribuan. Adapun kandang yang ukuran single rata-rata Rp 50-100 ribu. Itu sudah termasuk tempat minum dan makan, serta kincir buat main si hamster.

Biaya lainnya adalah untuk beli serbuk kayu Rp 7.000. Pakan hamster berupa biji-bijian. Kalau mau yang standar, pakai biji bunga matahari yang murah.

Tapi kalau mau bikin hamster lebih sehat dan energetik, bisa pakai biji campuran yang dijual seharga Rp 50 ribuan per kilo. Agar hamster sehat, berikan juga vitamin berbentuk cair yang harganya Rp 10 ribuan per 30 ml, bisa untuk seminggu.

[Baca: Mau Punya Hewan Peliharaan? Boleh Saja, Asal Rumahmu Begini..]

3. Kura-kura air

Binatang reptil ini termasuk punya daya tahan tubuh yang bagus. Gerak tubuhnya pun menggelikan. Yang lebih oke, harganya terjangkau.

Harga kura-kura Brasil, misalnya, hanya Rp 25 ribu-50 ribu. Paling gak pelihara dua kura-kura lah biar gak kesepian.

Kebutuhan lainnya adalah akuarium 90 x 40 x 50 cm seharga Rp 200 ribu, kandang kering plastik Rp 20 ribu, aksesori akuarium Rp 200 ribu, dan pakan Rp 5.000-25 ribu per botol. Murah kan.

4. Burung

hewan peliharaan yang murah
(Perkutut/pelihara burung)

Selain bisa menghibur, hewan peliharaan yang murah ini juga dapat dijadikan duit. Itu kalau burung yang dipelihara bisa diperlombakan seperti perkutut. Atau justru untuk diternak seperti love bird.

Burung perkutut, misalnya, harganya sekitar Rp 500 ribu. Itu yang berjenis bagus dan bisa diikutkan lomba. Ada juga yang lebih mahal kalau memang mau berfokus ke lomba.

Harga itu biasanya sudah termasuk kandangnya. Adapun harga pakan perkutut bervariasi, yang paling murah Rp 6.000. Biar suaranya makin greeeng, tambahkan vitamin dan suplemen yang harganya Rp 20-50 ribuan. Terjangkau banget.

Selain itu, perkutut juga jinak dan gak perlu dilatih biar gak membahayakan sang pemilik. Emang ada kasus orang meninggal dipatok perkutut? Keluarga dijamin aman deh!

[Baca: Mau Keluarga Aman? Ini Biaya yang Perlu Disiapkan untuk Merawat dan Melatih Pitbull]

Itulah empat hewan peliharaan yang murah dan mudah dalam perawatan. Kalau memelihara kucing atau anjing, bisa jadi butuh biaya hingga lebih dari Rp 1 juta. Apalagi bila binatang peliharaan itu keturunan ras.

Bila pengin pelihara kucing dan anjing yang murah, cari yang berjenis kampung saja. Jangan salah, beberapa kucing dan anjing kampung punya bulu yang sedap dipandang juga. Alternatif lainnya adalah ambil adopsi, yang gak perlu biaya alias gratis.

[Baca: Bisnis Salon Hewan, Unik tapi Pantas Dilirik]

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →