Dijamin Miskin dan Punya Banyak Utang Kalau Gaya Pacarannya Begini

Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)

Setiap orang memiliki gaya pacaran yang berbeda-beda. Ada yang hemat banget karena keduanya sama-sama sederhana, tapi ada juga yang jor-joran alias boros.

Ya, namanya juga sama pacar, tentu penginnya melakukan apapun yang terbaik demi membahagiakan orang terkasih. Sayangnya, gak sedikit orang yang justru kebablasan sampai-sampai menyusahkan diri sendiri dengan berutang.

Parahnya lagi, ada yang tumpukan utangnya kebawa sampai tua. Pacar yang dulu disayang, malah udah bahagia sama yang lain. Lah, kamu tersiksa sampai bertahun-tahun karena kelilit utang.

Lagipula, sedih gak sih saat kamu pacaran tapi gak memberikan manfaat apapun selain menguras isi dompet?

Saking cintanya sama si pacar, kamu bahkan rela melakukan berbagai macam cara untuk selalu bersama, seperti makan tiap hari di tempat mahal, memberikan hadiah hingga liburan setiap bulan.

Ya, emang sih melihat sang pacar bahagia, ikutan bahagia juga. Gak ada salahnya juga menyenangkan pacar, tapi tetap aja logika harus bermain. Jangan sampai mengorbankan masa depanmu demi seseorang yang belum tentu menjadi pasangan hidupmu kelak.

Gak percaya? Berikut ini adalah lima gaya pacaran anak zaman sekarang yang bikin dompet meringis bahkan kelilit utang hingga tua.

Baca Juga: Pacaran dengan Orang Berzodiak Ini, Siap-Siap Ditinggal demi Karier

1. Ngedate di tempat mewah

Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)
Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)

Gaya pacaran yang sering jadi biang kerok dompet menipis itu salah satunya adalah keseringan ngedate di tempat yang mewah.

Ya, siapa sih yang gak senang, pacaran di tempat yang nyaman, menyantap makanan dan minuman lezat didukung suasana yang super romantis.

Rasanya bahagia banget melakukan hal itu bareng orang terkasih. Tapi, awas pulang dari kencan super mewah, kepala langsung pusing karena uang ludes dan bingung besok mau makan apa.

Ujung-ujungnya, pinjam sana sini sama teman cuma buat makan di warung tegal besoknya di kantor. Duh, jangan sampai ya kamu mengalami hal itu. Jadi demi kesehatan dompet, lebih baik tahan dulu ya makan-makan di tempat mewahnya.

Baca Juga: Gaya Pacaran Zaman Now yang Bikin Keuangan Masa Depan Kacau Balau

2. Hadiah mahal

Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)
Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)

Perlu kamu ketahui, kalau hadiah romantis dan berkesan itu gak melulu soal harga yang mahal atau murah lho. Jadi, belum tentu tuh hadiah mahal bisa bikin pacar kamu tersentuh.

Apes gak sih kamu, kalau udah merogoh seluruh isi rekening dan tabungan buat membelikan cincin berlian untuk sang kekasih, nyatanya si pacar ujung-ujungnya ninggalin kamu demi orang yang sederhana.

Itulah mengapa, romantisme gak bisa diukur dari seberapa mahal hadiah yang kamu berikan. Lagipula, kalau terus-terusan memberi hadiah mahal, selain keuanganmu bakal kacau balau, juga gak ada istimewanya lagi dong.

3. Kencan wajib tiap minggu

Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)
Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)

Ketemu pacar di akhir pekan memang menjadi moment yang ditunggu-tunggu. Pasalnya, setelah lima hari stres dengan tumpukan kerjaan, saatnya untuk kencan dengan pacar dan melepas rindu di hari libur.

Hmm.. minggu ini mau pergi kemana ya? Ada film baru gak ya? Nongkrong di mana ya enaknya?

Duh, kalau setiap minggu kamu melakukan hal itu, gak heran kalau dompetmu bakal meringis. Bayangkan aja kalau setiap minggu kamu harus mengeluarkan uang Rp 1 juta untuk kencan. Berarti dalam satu bulan uangmu ludes sebesar Rp 4 juta dong. Lho kok mahal banget?

Coba dihitung-hitung ya:

  • Nonton Rp 50ribu x 2 = Rp 100 ribu
  • Camilan di bioskop, popcorn dan minuman = Rp 150 ribu
  • Makan di restoran = Rp 300 ribu
  • Ngopi = Rp 150 ribu
  • Beliin pacar baju = Rp 300 ribu

Totalnya, Rp 1 juta kan? Kalau begitu terus sih siap-siap aja masa depanmu suram. Boro-boro buat nabung dan investasi, uang udah habis buat kencan mingguan doang. Duh, pikir-pikir lagi deh.

Gak ada salahnya kok kalau kamu pacaran di rumah, ya bisa sekalian pendekatan juga kan dengan calon mertua.

4. Merayakan peringatan tertentu

Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)
Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)

Pusing gak sih kalau ternyata si pacar senang banget merayakan hari jadi. Kalau anniversary setiap satu tahun sih gak masalah ya. Lah, kalau setiap bulan? Bisa-bisa bangkrut dong.

Mau nolak, takut diputusin. Tapi kalau terus dilakukan bikin kantong kebobolan. Jadi dilema sendiri. Apalagi kalau si pacar yang menentukan harus dinner di mana atau liburan ke mana.

Senang sih senang, tapi abis itu kepala botak karena mikirin tumpukan utang yang melilit kamu hingga tua. Masa kamu mau sih kerja cuma buat bayar utang doang?

Coba ajak ngobrol si pacar dan jujur soal kondisi keuangan kamu. Jika dia sayang sama kamu, dia pasti akan mengerti kok dan justru memberikan solusi pacaran hemat. Kalau gak mengerti, lebih baik cari yang lain daripada gaji abis cuma buat bayar utang doang.

5. Hobi nongkrong di kafe kekinian

Gaya pacaran yang bikin miskin. (Pexels)

Perkembangan zaman yang semakin maju memang membuka peluang besar untuk meraup pundi-pundi kekayaan dari berbisnis. Salah satu yang kini tengah menjamur adalah kafe kekinian.

Desain kafe yang instagrammable banget memang menjadi daya tarik sendiri. Mereka bahkan rela merogoh kocek besar demi bisa foto bareng pacar di tempat hits dan mengunggahnya di media sosial. Gak ketinggalan, kafe kekiniannya juga di-tag biar bikin banyak orang iri.

Kalau sesekali sih gak masalah ya. Tapi kalau setiap minggu datang ke kafe kekinian yang sekali nongkrong merogoh kocek hingga ratusan ribu, namanya menyiksa.

Untuk mengakalinya, kamu bisa mengajak pacarmu kencan di tempat yang berbeda dan gak melulu harus kafe, kafe dan kafe, seperti datang ke museum atau tempat wisata yang biayanya murah meriah.

Itu dia lima gaya pacaran anak zaman now yang bikin dompet kebobolan bahkan meninggalkan bekas utang yang cuma bikin hidup kamu susah seumur hidup. Daripada bikin kepala botak, mending hindari gaya pacaran seperti itu ya. Tujuannya cuma satu, demi masa depan yang lebih baik.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →