Ini 10 Negara Terkaya di Dunia, Upah Minimumnya Ada yang Rp29 Juta!

Qatar Skyline (arcadis.com)

Selain orang terkaya di dunia, negara terkaya di dunia juga ada lho. Negara-negara ini dikategorikan terkaya karena angka Gross Domestic Product atau GDP per kapitanya yang besar. Pendapatan per kapita artinya hasil pembagian dari pendapatan negara dengan jumlah penduduknya. 

Banyak yang menduga kalau negara terkaya itu adanya di Timur Tengah karena kaya minyak. Namun faktanya gak gitu juga. Ada negara yang kaya karena punya sistem perbankan dan investasi yang bagus. Dari sana mereka dapat uang.

Wah, itu berarti penduduknya sejahtera dong? Pasti kalau kerja di sana, dapat gajinya besar ya?

Daripada cuma nebak-nebak, mendingan langsung aja yuk dicek. Dikutip dari World Population Review, nih 10 negara terkaya di dunia berdasarkan pendapatan per kapita. Check this out! 

10. Australia 

Tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Australia tengah menurun, tercatat 1,4 persen hingga Juni 2019. Bahkan, menurut Biro Statistik Australia realisasi ini tercatat paling rendah dalam 10 tahun terakhir. 

Meski begitu, pendapatan per kapitanya masih terbilang tinggi yaitu sebesar US$58.824. Penghasilan terbesar negeri kangguru ini adalah produksi wool, perkebunan anggur dan industry tambang menjadikan Australia sebagai salah satu negara termakmur di dunia. 

9. Singapura 

negara singapura

Negara tetangga Indonesia ini namanya tercatat dalam daftar negara terkaya di dunia. Singapura bisa menjadi negara kaya gak terlepas dari perdagangan internasionalnya. Selain itu, Singapura juga dikenal sebagai salah satu pusat keuangan dunia. Hal ini disebabkan karena mengurus perizinan bisnis di sana cuma butuh waktu tiga jam. Pebisnis tentu aja senang banget dengan sistem yang efisien itu. Pendapatan per kapita Negeri Singa ini sebesar US$62.690. 

8. Denmark 

Peringkat negara terkaya di dunia selanjutnya adalah Denmark dengan pendapatan per kapita US$63.434. Meski tidak memiliki kekayaan alam, namun Denmark mampu mencetak sumber daya manusianya yang tinggi melalui pendidikannya yang berkualitas tinggi. Ditambah lagi, di pemerintahan Denmark tidak ada kasus korupsi yang menjadi factor pendorong kemajuan dari negara paling ramah untuk pesepeda ini.

7. Amerika Serikat

Bisa dibilang pasar finansial Amerika Serikat yang mempengaruhi perekonomian dunia, dan cadangan mata uang global banyak diinvestasikan dalam dolar AS. Berdasarkan pendapatan per kapitanya, negeri Paman Sam ini mencatat sebesar US$64.906. 

6. Qatar 

kerja di qatar

Qatar mampu mengalahkan Amerika Serikat dalam pendapatan per kapitanya yang tercatat sebesar US$65.062. Negeri ini bisa kaya seperti sekarang karena ladang gas alam terbesar yang kebetulan ada di tanah mereka. Kontan aja negara ini kemudian menjadi negara eksportir gas alam terbesar di dunia meski dulunya bisa dibilang negara miskin. Selain ladang gasnya, saat ini kemajuan perekonomiannya didukung juga dari sektor pariwisata dan properti. 

Di bawah pengelolaan pemerintah yang baik, Qatar menggratiskan biaya pendidikan, kesehatan, air, dan listrik. Ditambah lagi subsidi bantuan perumahan. Seakan pundi-pundi kekayaannya masih kurang, Qatar memanfaatkan pendapatannya sebagai modal investasi di berbagai negara.

Di balik predikatnya sebagai negara terkaya di dunia, gaji di Qatar ternyata gak sebesar yang dibayangkan lho. Gaji minimal di sana sekitar 1.200 rial Qatar atau Rp4,6 juta aja. Sementara buat pekerja migrannya, minimal Rp2,6 juta per bulan.

5. Islandia 

Luas negaranya yang lebih kecil disbanding Pulau Jawa, salah satu negara di benua Eropa ini bertengger di posisi ke-5 negara terkaya di dunia dengan angka PDP US$78.181. Islandia unggul di bidang perikanan, peternakan dan produk aluminium. Bahkan hasil ikannya mampu memasok kebutuhan untuk Belanda, Inggris, Spanyol, Jerman, dan Prancis.

4. Irlandia

negara terkaya di dunia
Irlandia (wikimedia)

Negara yang satu ini dinobatkan sebagai negara terkaya di dunia nomor empat. Faktanya, dulu Irlandia bukanlah negara makmur di dunia apalagi masuk jajaran terkaya seperti sekarang.

Kunci sukses Irlandia bisa seperti sekarang terletak pada perbankan dan industrinya. Kalau dulu mengekspor makanan, kini Irlandia mengekspor komputer, perlengkapan medis, mesin listrik, serta produk kimia dan farmasi. 

Pemasukan yang diterima negara ini paling banyak dihabiskan buat pendidikan. Pendidikan di sana gak dikenakan biaya alias gratis. Jangan heran kalau negara ini banyak mencetak sarjana.

Fokus negara ini terhadap pendidikan berbuah manis. Banyak perusahaan besar berinvestasi di Irlandia, seperti IBM, Novartis, eBay, dan Microsoft. Pendapatan per kapita Irlandia sebesar US$81.477. 

Di Irlandia, setiap pekerja minimal menerima gaji sekitar 1.563 Ruro atau sekitar Rp25 juta per bulan. Gaji tersebut adalah nomor dua terbesar di Eropa.

3. Swiss 

Tingkat pengangguran yang rendah menjadikan SDM di Swiss menjadi sangat produktif. Sehingga pendapatan rata-ratanya pun cukup tinggi. Dilihat dari pendapatan per kapitanya, Swiss mampu bertengger di posisi ke-3 negara-negara terkaya dengan US$83.832. Teknologi yang canggih menjadikan kegiatan perekonomian di Swiss dikenal sangat modern. Bahkan perbankan negara ini pun dikenal cukup baik. 

Orang Swiss dikenal kaya di sebagian besar negara di dunia. Pasalnya seorang pembersih atau pelayan biasa bisa menghasilkan lebih dari US$3.000 atau setara dengan Rp44,4 juta per bulannya. 

2. Norwegia 

Posisi geografis yang berbatasan langsung dengan laut juga sumber daya alam Norwegia yang melimpah, menjadikan negara ini selalu masuk dalam jajaran negara terkaya di dunia setiap tahunnya. Industri perikanan, minyak bumi dan bernilai tinggi membuat pendapatan per kapita Norwegia sebesar US$86.362. 

1. Luksemburg 

negara terkaya di dunia
Luksemburg (visitluxembourg)

Walau negara kecil, Luksemburg menjadi negara terkaya di dunia nomor wahid dengan angka per kapita tertinggi US$119.719. Awalnya Luksemburg merupakan negara agraris. Namun masuknya industri mengubah negara ini secara signifikan.

Gak cukup sampai di situ, Luksemburg juga didukung bisnis finansial yang tentu aja berkontribusi buat perekonomiannya. Apalagi negara ini juga terkenal karena banknya yang menjaga ketat data nasabahnya.

Kabarnya nih, kebanyakan aset Kim Jong-il, ayah dari Kim Jong-un, disimpan di salah satu bank di negara ini. Kisaran gaji minimal di Luksemburg mencapai US$2.257 atau sekitar Rp29 jutaan per bulan. Gaji ini lebih besar dari gaji di Irlandia dan merupakan nomor satu terbesar di Eropa.

Dari 10 negara terkaya di dunia ini, ada gak yang menarik minat kamu? Apa kamu berminat kerja di luar negeri dan rela meninggalkan keluarga di Indonesia? Share di kolom komentar yuk!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →