7 Investasi Pangeran Alwaleed bin Talal, Salah Satunya Hotel di Kuningan

Prince Alwaleed bin Talal (forbes.com)

Pangeran asal Arab, Alwaleed bin Talal adalah salah satu pangeran terkaya di dunia. Namun, pangeran yang sempat masuk deretan orang terkaya versi Forbes itu terbilang cukup kontroversial. Pasalnya, pangeran kelahiran 1955 tersebut sempat terjerat “KPK”-nya Arab Saudi.

Terlepas dari kasus tersebut, Alwaleed bin Talal layak dapat acungan jempol soal bisnis dan investasi. Sebab, pangeran tersebut terbilang sangat “royal” berinvestasi. Beberapa bentuk investasinya bisa kamu lihat dalam beberapa perusahaan yang cukup sering kamu dengar namanya.

Berikut beberapa investasi Alwaleed bin Talal yang bakal bikin kamu tercengang sekaligus surprise. Pasalnya, beberapa perusahaan tempat dia jadi investor tersebut dekat banget sama kita yang berada di Indonesia, atau kita gunakan produknya dalam keseharian. Apa aja sih?

1. Perbankan, Citigroup

Alwaleed bin Talal
Logo Citigroup (wikipedia)

Citigroup yang menaungi Citibank adalah salah satu perusahaan yang udah sejak lama dijadikan Alwaleed ladang investasi. Malah pada tahun 1991 silam, Alwaleed bisa dibilang penyelamat buat grup tersebut karena mau membeli saham di saat perusahaan tersebut terpuruk.

Saat itu, Alwaleed bin Talal menginvestasikan dana US$ 550 juta atau sekitar Rp 7,9 triliun. Kini, saham Alwaleed di Citigroup mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,4 triliun.

2. Media sosial, Twitter dan Snapchat

kekayaan alwaleed bin talal
Alwaleed sama CEO Snap (businessinsider)

Yang paling unik dari pangeran tersebut adalah dia cukup gemar berinvestasi di bidang startup, khususnya startup teknologi. Nah, beberapa diantaranya adalah media sosial.

Twitter dan Snapchat, masing-masing dapat suntikan dana US$ 300 juta atau sekitar Rp 4,3 triliun dan US$ 250 juta atau Rp 3,6 triliun. Di masing-masing media sosial tersebut, Alwaleed memegang saham mencapai USD$ 8 miliar alias Rp 115 triliun di Twitter dan 2,3 persen saham Snapchat.

3. Layanan streaming, Deezer

Yang paling anyar, Alwaleed menggelontorkan dana buat layanan streaming kompetitor Spotify. Layanan tersebut bernama Deezer.

Alwaleed menyuntikkan dana sekitar US$ 267 juta atau sekitar Rp 3,8 triliun awal Agustus 2018 ini. Angka tersebut merupakan salah satu angka investasinya yang paling besar sejak keluar dari sel tahanan.

4. Layanan ride-sharing, Lyft dan Careem

rumah alwaleed bin talal
Alwaleed bersama perusahaannya, Kingdom Holdings. (Kingdom.com.sa)

Lyft dan Careem pun jadi incaran Alwaleed buat membagi-bagi uangnya. Layanan ride-sharing yang terkenal di daerah Timur Tengah tersebut mendapatkan pendanaan US$ 105 juta dan US$ 500 juta. Dalam mata uang rupiah, Lyft dapat Rp 1,5 triliun dan Rp 7,2 triliun. Di Lyft, Alwaleed punya 2,3 persen saham.

5. E-commerce, JD.com

Mungkin gak sedikit orang yang gak menyangka pangeran Arab tersebut jadi investor buat perusahaan asal China, JD.com.

Di sana, Alwaleed lewat Kingdom Holding-nya mengucurkan dana US$ 250 juta atau Rp 3,6 triliun. Di JD.com, Alwaleed punya saham sekitar 2,5 persen.

6. Industri teknologi, Apple

Alwaleed pun udah jadi dedengkot investor buat perusahaan Apple sejak tahun 1997 lho. Di sana, Alwaleed punya saham sebanyak 15 persen dari total investasinya sekitar US$ 115 juta atau kira-kira Rp 1,6 triliun.

7. Grup Hotel Raffles

al walid bin talal
Hotel Raffles merupakan salah satu hotel yang digelontorkan dana oleh Alwaleed. (raffles)

Ini nih yang bikin cukup kaget. Hotel Raffles yang sempat jadi tempat menginap Raja Salman dari Arab saat berkunjung ke Indonesia beberapa waktu lalu ternyata merupakan bagian usaha dari perusahaan yang jadi tempat investasi Alwaleed.

Hotel yang berada di Kuningan, Jakarta, tersebut dikelola oleh Raffles Hotels & Resort Singapura. Nah, perusahaan tersebut merupakan bagian usaha yang dapat kucuran dana dari perusahaan pangeran Arab.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Ajib ya pangeran Arab satu ini! Mulai dari corporate sampai startup dengan berbagai lini bisnis digarap oleh dia.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →