Ini Alasan Mengapa Memiliki Pekerjaan Sampingan Itu Penting

Pekerjaan sampingan

Memiliki pekerjaan sampingan itu adalah hal yang wajib (Shutterstock).

Sekarang ini memiliki pekerjaan sampingan itu adalah hal yang wajib. Apalagi jika kamu ingin mengamankan keuangan hari ini sampai kemudian hari. Rasanya memang mustahil jika mengandalkan satu gaji saja. 

Terlebih tingkat pengangguran akibat kehilangan pekerjaan saat ini mulai tinggi. Banyak beberapa perusahaan yang gulung tikar akibat tidak bisanya mengatur perusahaan dengan benar. Kalau sudah begini, memiliki pekerjaan sampingan itu penting guys. 

Baca juga: Pengin Sukses Seperti Rapper AS Kenamaan Rick Ross, Begini Triknya

Tidak ada pekerjaan yang benar-benar aman di dunia ini. Kamu pun wajib memiliki sumber pendapatan yang lain secara lebih rinci. Nah berikut ini adalah alasan kenapa kamu wajib memiliki pekerjaan lain. 

1. Antisipasi PHK

Pegawai kena PHK (Ilustrasi by Shutterstock).

Siapapun di dunia ini gak ada yang bisa memprediksi Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK. PHK bisa menimpa siapa saja dan kapan saja, termasuk kamu. Tidak ada jaminan kamu bisa bekerja selamanya di perusahaan tersebut. 

PHK bisa terjadi karena beberapa alasan, kamu yang tidak achieve target, atau finansial perusahaan tidak sehat sehingga harus mengorbankan beberapa karyawannya. Untuk itu memiliki sumber penghasilan lain perlu dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk ini. 

2. Bisa membeli barang dengan tunai

Belanja di mall (Shutterstock).

Alasan lain kamu harus memiliki pekerjaan sampingan agar apa yang ingin kamu beli bisa segera dibayar. Tidak menggunakan kartu kredit apalagi cicilan dari e-commerce yang kini tengah marak. 

Baca juga: Cara Mudah Meraup Untung ala Beauty Vlogger, Cuma Modal Pede Doang!

Cicilan yang sifatnya konsumtif seperti ini hanya akan menyulitkan keuanganmu di masa mendatang. Belum lagi jumlah bunga yang perlu kamu bayarkan juga bukan? Jadi kalau kamu memiliki penghasilan lain, membeli barang apapun jadi mudah. Tapi ingat ya, jangan mentang-mentang punya uang banyak kamu sampai terlena dan lupa menabung!

3. Memiliki tabungan

Memiliki tabungan (Shutterstock).

Jika pendapatan dari pekerjaan saat ini hanya cukup untuk membayar cicilan rumah dan kendaraan, saatnya kamu memiliki penghasilan lain untuk ditabung. Pasalnya kamu gak akan bisa merasa financial freedom jika tidak memiliki tabungan dan dana darurat. 

Jika kamu ingin kehidupan finansial yang lebih layak, wajib memiliki tabungan dalam bentuk apapun. Baik saham, investasi properti atau emas. Mulai sekarang coba dihitung lagi ya berapa pengeluaran dan pendapatan tiap bulan. 

4. Tidak terbebani dengan inflasi

Ilustrasi Inflasi (Shutterstock).

Jika kamu memiliki penghasilan berlebih, tentu tidak pernah merasa terganggu dengan kenaikan barang-barang seperti bahan makanan. Meski perusahaan biasanya memiliki kebijakan menaikkan gaji karyawan karena inflasi, tetapi nilainya tidak sesuai. Maka dari itu jika kamu memiliki penghasilan lebih, tentu tidak merasa khawatir dengan hal ini. 

Kamu jadi tidak khawatir saat Hari Raya dimana semua bahan makanan akan naik. Inilah mengapa memiliki penghasilan tambahan menjadi penting, biaya kehidupan selalu naik setiap bulannya, sementara pendapatanmu tidak. 

5. Tidak takut mengundurkan diri

Mengundurkan diri (Shutterstock).

Jika kamu sudah merasa lelah dengan kebijakan kantor, kamu bisa dengan mudah mengundurkan diri tanpa takut kehilangan penghasilan. 

Pasalnya, kamu memiliki pekerjaan lain yang sudah bisa diandalkan. Apalagi jika kamu termasuk orang yang berpegang teguh pada prinsip. Meski demikian, kamu tetap wajib mencari pekerjaan utama agar tabunganmu tidak habis terpakai untuk kebutuhan sehari-hari ya!

6. Cepat kaya

Perempuan kaya raya tengah berjalan-jalan (Shutterstock).

Alasan lain kamu wajib memiliki pekerjaan tambahan adalah agar cepat kaya raya. Dengan banyaknya penghasilan yang kamu dapat dari berbagai sumber, bukan tidak mungkin menjadi tajir melintir segera terwujud. 

Bukan cuma bisa menabung dan menyisihkan dana darurat saja, dari uang bekerja sampingan itu bisa kamu gunakan untuk berinvestasi. Jadi makin banyak kan pundi-pundi uangmu kelak. 

Nah, itu tadi beberapa alasan kenapa kamu harus memiliki pekerjaan sampingan. Siapa sih yang gak pengin kaya raya serta merdeka secara finansial. Maka itu selagi masih muda gak ada salahnya untuk terus berkarya. Tetap semangat ya! (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis