Penduduknya Lebih dari Indonesia, Negara Ini Angka Penganggurannya Paling Rendah?

Debat Cawapres 2019 belum lama ini telah selesai diselenggarakan. Ada cukup banyak fakta menarik yang terungkap. Salah satunya adalah angka pengangguran di Indonesia yang menurun dibanding tahun-tahun sebelumnya.

Fakta tersebut disampaikan Cawapres nomor urut 1 Ma’ruf Amin. Dalam acara debatnya dengan Sandiaga Uno, Pak Kyai mengatakan angka pengangguran di Indonesia menurun. Ia menyebut bahwa tingkat pengangguran di Indonesia berada di angka 5,30 – 5,13 persen.

Kisaran tersebut beda-beda tipis dengan data yang diperoleh Badan Pusat Statistik atau BPS. Seperti yang dicatat BPS, angka pengangguran di Indonesia itu terakhir sekitar 5,34 persen pada Agustus 2018.

Ngomongin angka pengangguran di Indonesia yang menurun, gimana dengan negara-negara lain yang jumlah penduduknya lebih banyak atau sama banyak dengan Indonesia? Apakah lebih rendah angkanya atau justru lebih tinggi?

Buat menjawab pertanyaan tersebut, Moneysmart mencoba memberi jawabannya ini berdasarkan data dari Trading Economics dan Worldbank. Seperti apa jawabannya? Yuk disimak.

Baca juga: Mau Sukses Usaha dan Karier? Ini 5 Nasihat dari Putra Orang Terkaya di RI

1. China

China angka penganggurannya gak gede-gede amat meskipun penduduknya lebih banyak dari Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bicara negara mana yang banyak penduduknya, China  menjadi negara yang berada di peringkat satu. Negara ini diketahui memiliki penduduk sebanyak 1.386.395.000 jiwa pada 2017. Jelas angka populasi tersebut lebih besar dari Indonesia yang mencapai 263.991.380 jiwa.

Gimana dengan angka pengangguran di sana? Seperti yang diungkap Trading Economics, pengangguran di China berada di angka 3,80 persen. Sekalipun penduduknya banyak banget, rupanya China punya tingkat pengangguran yang lebih kecil ketimbang Indonesia lho.

Wajar aja kalau China bisa menekan angka pengangguran. Sebab perekonomian negara ini terbilang bagus. Sayangnya, ekonomi China yang biasanya dobel digit cenderung alami penurunan belakangan ini sebagai akibat dari perang dagang.

Baca juga: Finalis Cover Boy yang Buka Debat Pilpres, Ini Perjalanan Karier Armand Maulana

2. India

India angka penganggurannya bisa dilihat di artikel ini lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Di peringkat dua ada India sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Jumlah penduduk negara dengan biaya hidup murah ini mencapai 1,3 miliar jiwa pada 2017.

Namun, dibandingkan dengan Cina, angka pengangguran di India lebih besar, yaitu 6,10 persen. Kalau dibandingkan dengan Indonesia, angka tersebut bisa dimaklumi, mengingat jumlah penduduk India yang lebih besar.

Bicara ekonomi, India mencetak pertumbuhan ekonomi rata-rata lebih dari 5 persen tiap tahun. Walaupun melambat, pertumbuhan ekonomi India masih berada di atas China sejauh ini.

Baca juga: Terjun ke Dunia Entertainment, Intip Perjalanan Karier 5 Mantan Puteri Indonesia Ini

3. Amerika Serikat

Amerika Serikat angka penganggurannya kecil ketimbang di Indonesia, (Ilustrasi/Shutterstock).

Amerika Serikat menempati peringkat ketiga sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Negeri Paman Sam ini memiliki populasi penduduk sebanyak 325.719.180 jiwa.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Dengan jumlah penduduk yang lebih besar dari Indonesia, Amerika Serikat tercatat memiliki angka pengangguran sebesar 3,80 persen. Lebih kecil ketimbang Indonesia.

Walaupun pernah dilanda krisis 2008, perekonomian Amerika Serikat mampu bangkit dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Namun, Presiden sekaligus CEO Federal Reserve (FED) menyatakan ekonomi Amerika Serikat bakal cenderung melambat di tahun 2009.

Mungkin aja karena pertumbuhannya yang melambat, penurunan angka pengangguran di Amerika Serikat bisa jadi juga melambat.

4. Brazil

Angka pengangguran di Brazil itu mencapai 12 persen ketimbang Indonesia yang belum menyentuh negeri ini, (Ilustrasi /Shutterstock).

Meskipun gak sebanyak Indonesia, Brazil menjadi salah satu negara dengan jumlah penduduk terbesar, yaitu 209.288.280 jiwa. Indonesia sendiri memiliki 54 jutaan lebih banyak dibanding Brazil.

Angka pengangguran di Brazil ternyata lebih besar ketimbang di Indonesia lho. Besarannya itu mencapai 12 persen.

Dari sisi ekonomi, pertumbuhan ekonomi di negara ini bisa dibilang gak menggembirakan selama lima tahun terakhir. Apalagi dari 2015 – 2016, Brazil mengalami resesi. Pada 2017 aja, Brazil cuma mencatat pertumbuhan ekonomi 1 persen.

Nah, itu tadi angka pengangguran dari negara-negara dengan jumlah penduduk terbanyak di dunia. Ke depan bisa aja angka pengangguran negara-negara di atas menurun asalkan perekonomian mereka semakin baik dibanding sebelum-sebelumnya. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →