Ini Bisnis Sampingan Paling Cocok untuk Ibu-ibu hingga Mahasiswa

peluang bisnis

Memiliki bisnis sampingan kini tak bisa dipandang sebelah mata. Walau dinamai bisnis  sampingan, justru menghasilkan cuan dibanding kerjaan utama. 

Makanya, banyak dari orang terdekat kita, malah memiliki banyak uang hanya dari hasil bukan dari pekerjaan utamanya. Dengan memiliki hasil yang seperti itu, banyak orang malah jadi lebih fokus untuk membangun bisnisnya.

Nah, untuk bisa fokus dan menghasilkan profit yang maksimal kerjakan bisnis mudah.  Misalkan membuka bisnis kuliner bagi yang jago memasak, atau jual beli cinderamata jika kamu anaknya artsy banget. 

Atau juga bisa menjual kemampuan kamu di bidang IT untuk buka jasa service atau update gadget. Apapun bisa kamu lakukan untuk jadi usaha sampingan. 

Terdengar mudah memang, namun membuka bisnis ini juga membutuhkan modal. Nah, buat kamu yang berencana membukanya tetapi terbatas soal modal, Lifepal akan memberikan deretan bisnis sampingan yang bisa kamu mulai dengan bujet minimal Rp3 juta saja.

Cukup terjangkau bukan? Tak perlu sampai harus ambil kredit bank atau menunggu warisan orangtua.  Gak usah berlama-lama berikut beberapa bisnis yang bisa kamu lakukan.

Usaha sampingan karyawan

Tenang, buat kamu yang ingin cari tambahan di luar kantor. Lifepal juga punya beberapa ide contoh usaha sampingan yang bisa mau geluti sambil jadi karyawan teladan. Usaha sampingan ini, selain juga bisa jadi tambahan cuan, bisa juga jadi destinasi kamu selanjutnya ketika sudah pensiun dari kantor. Atau jemu karena jadi bawahan.

1. Desain grafis

Jika kamu jago mengoret-coret indah di atas layar gadget, maka kamu bisa banget menjual jasamu sebagai seorang Desain Grafis. Kamu bisa mencari sambilan dengan membuat logo, mengedit foto, membuat kartu nama, menghias tampilan web, atau sekadar membuat ilustrasi lainnya untuk seseorang. 

2. Jasa pembayaran online

Punya kartu kredit tapi bingung mau dipake buat apa? Tawarkan saja jasa kartu kreditmu untuk orang yang membutuhkan. Kamu bisa membantu dia untuk membeli barang impiannya atau sekadar membayar netflix dan spotify-nya. 

3. Berjualan pulsa atau token

Tahukah kamu hingga kini masih banyak loh, orang yang tidak menggunakan uang digital atau bahkan M-banking di gadgetnya. Oleh karena itu bisnis ini masih tampak menggiurkan. Terlebih kini beberapa pembayaran sudah menggunakan uang elektronik. 

Kamu bisa berjualan token, Gopay, bahkan pulsa sekalipun. Ya, walau untungnhya tidak sedikit, namun rutinnya orang untuk membayar segala sesuatu dengan uang elektronik dan pulsa. Maka hingga saat itu pun jasa pengisian pulsa, token serta uang elektronik masih akan laris.

4. Juru ketik

Walaupun semua orang bisa menulis, tapi untuk membuat sebuah tulisan biasanya masih banyak yang kesulitan. Jika kamu mahir dalam hal membuat tulisan, maka jasamu bisa jadi usaha sampingan yang bagus.

Kamu bisa menjadi penulis lepas untuk artikel SEO, kamu bisa jadi juru ketik tugas ilmiah, kamu bisa menjadi penulis naskah seorang Youtuber kondang, atau sebuah proposal usaha. Jika menulis adalah hobimu, maka kamu bisa menunaikan hobi sambil juga mendapatkan komisi. 

Usaha sampingan buat ibu rumah tangga

Meski notabene nya selalu di rumah ngurus rumah dan anak. Ibu-ibu rumah tangga tentu sangat bisa mencari usaha sampingan yang bikin anak senang dan suami tenang. 

5. Penjahit yang Hits

Usaha ini membutuhkan modal Rp. 2 jutaan untuk membeli mesin jahit dan tambahan Rp. 500 ribu untuk benang berbagai warna dan jarum tentunya. Dengan tarif sekali jahit Rp. 10 ribu- 20 ribu, maka kamu akan jadi ibu-ibu berpenghasilan sendiri. Jika sepi orderan, kamu bisa menambah skil menjahit dengan menonton video tutorial menjahit berbagai pola

6. Bisnis bekal makanan

Bisa masak enak dan rajin membuat bekal untuk anak dan suami adalah sebuah gift, Layaknya superhero, kamu bisa menggunakan bakat itu untuk mencoba bisnis katering. Terlebih di era pandemi ini, kebersihan jadi perhatian utama masyarakat. 

Oleh karena itu makanan yang dijamin kebersihannya tentu akan laris manis di kalangan kantor suami atau bahkan lingkungan rumah yang mau arisan sampai aqiqah. 

7. Jual gorengan premium

Merasa bakat masakmu hanya di pastry atau kue-kue basah. Maka jualan jajanan pasar bisa jadi pilihan jitu. Makanan semacam risol mayonaise, puding, gorengan sehat atau lemper ayam tentu disukai banyak orang.  

Jualan jajanan seperti ini biasanya gak bisa cuma satu, bisa 5 atau lebih. Maka ini jadi pangsa pasar yang bagus buat usaha sampinganmu, terlebih nanti ketika bulan puasa datang.

8. Jualan sarapan

Sesuai judulnya, warung ini menjual hidangan untuk sarapan. Apalagi kalau bukan nasi uduk, nasi ulam, atau nasi kuning, beserta lauk pauknya yang sederhana. Cuma modal etalase dan meja, kamu sudah bisa buka usaha ini di depan rumah.

9. Warung Ucok

Jika bakat ibu-ibu sekalian belum mahir masak atau bikin kue, cobalah untuk berjualan saja. Kamu bisa memulai untuk berjualan makanan ringan, kopi, rokok, roti dan beragam air minum. 

Membuka toko kelontong tentu jadi usaha sampingan yang mudah namun butuh banyak modal. Untuk itu mulailah jual barang-barang segmentif dulu, jangan terlalu banyak. 

Jika toko kelontong sudah memiliki banyak pelanggan, kamu bisa melebarkan sayap dengan menambah produk seperti galon dan gas. 

10. Waralaba makanan dan minuman

Jualan ini tentu memang sedikit variannya. Tapi bukan berarti bakal sepi peminat. Kamu bisa jadi supplier air mineral, atau minuman perasa yang banyak dijual di warung-warung. 

Kamu gak perlu repot promosi, toh yang kamu jual sudah punya brand dan konsumennya sendiri. Sehingga kamu hanya tinggal menawarkannya ke beberapa warung dan kamu menjadi agen penyedianya. 

11. Jualan telur

Hampir semua orang pasti dalam sebulan makan telur, entah itu dimasak biasa, direbus bareng mie instan atau digoreng semuanya enak. Harganya yang kadang naik kadang turun jadi pilihan ibu-ibu atau pedagang banyak yang memilih membeli telur di tempat kamu nanti.  

Selain banyak jumlahnya, biasanya harga jualnya bisa lebih murah.

12. Jualan sayur

Jualan sayur sudah pasti auto diserbu ibu-ibu. Kamu bisa berkeliling atau membuka lapak di rumah. Kamu juga bebas memilih mau sayur premium atau sayur biasa, keduanya sama-sama dicari. 

Hanya saja untuk memulai usaha ini, kamu harus lebih berkorban untuk bangun subuh atau tengah malam untuk mendapatkan sayuran segar dari pasar. 

13. Laundry 

Jika rumahmu berada di dekat kampus atau perkantoran, maka usaha sampingan ini sangat cocok untuk lingkungan seperti itu. Ya, jasa laundry tentu bakal ramai sekali disewakan untuk membantu mereka yang tidak punya waktu untuk mencuci dan menjemur pakaian. 

Untuk memulainya mungkin kamu bisa membeli satu unit mesin cuci dan setrika. Sabun dan pelembut bisa kamu dapatkan dengan harga murah dan banyak dijual grosiran. 

Langkah selanjutnya adalah telaten, dan tentu saja karena yang dikerjakan adalah barang kotor, kamu harus selalu ingat untuk mencuci tangan setelah bekerja. 

Usaha sampingan mahasiswa

Karyawan dan ibu rumah tangga sudah, kini giliran mahasiswa yang belum. Tenang, buat kamu yang masih kuliah dan mau cari uang jajan lebih lewat usaha sampingan. 

Dengan syarat, kuliah kamu harus tetap fokus dan berjalan baik jika memang mau dikerjakan sambil membuka bisnis sampingan.

14. Jasa titip (jastip)

Ini nih yang ramai di Instagram, jauhnya orang untuk meraih barang favoritnya, membuat jasa titip beli sangat laris. Kamu bisa memanfaatkan hobi dalam berbelanja dan menemukan barang lucu untuk memulai sebuah bisnis. 

Caranya pun sangat mudah, kamu akan seperti membantu orang untuk membelikan beberapa produk. Enaknya, produk yang kamu belikan, kamu sendiri yang memilihnya. 

15. Dropshipper

Menjadi dropshipper juga tengah banyak digandrungi, orang awam mungkin mengenalnya sebagai distributor. Hanya saja kegiatan menghubungkan produsen dengan konsumen ini ternyata bisa menghasilkan lho. 

Meski keuntungannya hanya sedikit, namun jika kamu berhasil menjualnya dalam jumlah banyak maka keuntungannya bisa sangat tinggi. Bisnis yang satu ini tidak membutuhkan modal, kamu hanya perlu banyak kuota, mata yang jeli dan jempol yang kuat. 

16. Sewa kamar

Jika jiwa entrepreneur kamu sudah ngelotok, orang bilang apapun bisa dijadikan uang. Ya, itu benar karena jika kamu mau usaha sampingan tapi tidak memiliki banyak keahilan yang bisa dijadikan jasa. 

Maka kamu bisa menyewakan kamar yang tidak terpakai. Ya, kamu bisa menerima tamu menginap di kamar, agar orang bisa tidur layak. Hal ini membuat kamar mu yang tadinya mati suri, kini jadi ladang penghasilan tersendiri. 

Selain juga menghasilkan uang, teman kamar di rumah mu bisa sekaligus menjaga dan membantumu membersihkannya. So, gak mubazir banget lah punya kamar lebih dan terbengkalai. 

17. Agen Asuransi

Menjadi agen asuransi tidak memerlukan modal besar. Berbekal wawasan mengenai asuransi dan juga kemampuan menjual, kamu bisa langsung menjadi agen asuransi. 

Kerja tanpa terikat, kamu bisa mendapatkan komisi lebih jika bisa mengajak orang beli asuransi tersebut.

Nah itu dia peluang bisnis yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan tambahan tanpa harus berhenti dari pekerjaan tetap. Cara ini bisa kamu jalani nih selama masih work from home. 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →