Ini Daftar Bank yang Menyediakan Produk Simpel, Sarana Pendidikan Keuangan Sejak Dini

pendidikan keuangan sejak dini

Demi mendorong gerakan gemar menabung dan belajar mengelola keuangan sejak usia dini, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama beberapa bank meluncurkan Simpel (Simpanan Pelajar) pada 14 Juni 2015 lalu.

 

Produk tabungan dengan setoran minimal Rp 5 ribu untuk tabungan konvensional dan Rp 1000 untuk tabungan syariah ini menyasar pelajar mulai dari level PAUD hingga SMA.

 

Fiturnya pun diciptakan khusus untuk para pelajar, salah satunya adalah gak ada biaya administrasi. Rekening pun diberi nama sesuai nama pelajar itu sendiri. Hal ini bertujuan agar anak-anak lebih dekat dengan akses perbankan. Inilah salah satu alat dalam pendidikan keuangan sejak dini. 

 

[Baca: Pendidikan Keuangan Sejak Dini Patutkah Memberi Anak Uang untuk Melakukan Tugas Rumah]

 

 

Lalu ada berapa banyak sih sebenarnya bank yang berpartisipasi dalam produk Simpel? Hingga 24 November 2015, tercatat ada 15 bank konvensional dan 11 bank syariah yang menyediakan produk tabungan Simpel.

 

Simpel Konvensional:

1. Bank Mandiri

2. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

3. Bank Central Asia (BCA)

4. Bank Negara Indonesia (BNI)

5. BPD Jatim

6. BPD Kalimantan Selatan

7. BPD NTB

8. BPD Riau Kepri

9. BPD Sumselbabel

10. Bank Tabungan Negara (BTN)

11. Bank Permata

12. BPD Jabar dan Banten (BJB)

13. BPD Jambi

14. Bank Panin

 

Simpel iB (Bank Syariah):

1. Bank Syariah Mandiri

2. BRI Syariah

3. BCA Syariah

4. BNI Syariah

5. Bank Panin Syariah

6. Bank Victoria Syariah

7. Bank Syariah Bukopin

8. BJB Syariah

9. Bank Mega Syariah

10. Unit Usaha Syariah (UUS) BPD Jambi

11. BPRS Al-Salaam

 

Berikut produk Simpel dari 4 bank yang sudah familiar dan mudah diakses terutama oleh para pelajar di lingkungan sekitar kita:

 

1. Bank Rakyat Indonesia (BRI)

 

pendidikan keuangan sejak dini

 Bank BRI salah satu bank yang paling mudah ditemui di lingkungan sekitar kita kan

 

 

Bank yang bisa dibilang sangat dekat dengan masyarakat kalangan menengah ke bawah ini, bersama dengan 219 sekolah, sudah menjalin kerja sama untuk produk tabungan Simpel.

 

Semenjak 16 Oktober 2015, sebanyak 46.816 pelajar sudah membuka rekening tabungan BRI Simpel. Dengan 10.551 unit kerja dan 178.278 e-channel yang tersebar di seluruh Indonesia, nasabah gak perlu khawatir. Kebutuhan para pelajar di seluruh Indonesia bakalan dilayani dengan baik deh oleh Bank BRI.

 

2. Bank Mandiri

 

PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) berencana mempromosikan Simpel di area Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi terlebih dahulu. Hingga saat ini, Bank Mandiri sudah menggandeng 27 SD, 35 SMP dan satu SMA untuk produk Simpel.

 

Untuk produk Smpel, target yang dibidik oleh Bank Mandiri sendiri adalah sebanyak 15 ribu rekening dari 200 – 300 sekolah di seluruh Indonesia.

 

pendidikan keuangan sejak dini

Tampilan Simpel dari Bank Mandiri yang sangat menarik untuk para pelajar

 

 

[Baca: Kenapa Harus Bingung Memilih Asuransi Pendidikan]

 

 

3. Bank Central Asia (BCA)

 

Siapa sih yang gak kenal dengan Bank Central Asia (BCA) ya? Hingga akhir tahun 2015, BCA sudah bekerja sama dengan beberapa Sekolah Dasar untuk produk Simpel. Sekolah tersebut adalah SD Bintang Madani, SDN Lengkong Kecil, SDN Lengkong Besar,  SDN Sukapura dan SDN Parakan Waras.

 

Sosialisasi produk Simpel juga aktif dilakukan oleh BCA di beberapa sekolah loh! Diantaranya, SMA Negeri 7, SMA 23, SMK Nasional, SMA Sumatra 40, SMP Angkasa, SMP Al Fallah, Yayasan Nasional, BPK Penabur, MA & MTS Sirna Miskin dan MAN 1 Bandung.

 

Sebanyak 2000 pelajar sudah memiliki rekening Simpel di BCA.

 

pendidikan keuangan sejak dini

Para pelaar diharapkan terbiasa untuk melakukan transaksi perbankan sendiri

 

 

4. Bank Negara indonesia (BNI)

 

Ada sekitar 86 sekolah yang telah menjalin kerja sama dengan BNI dan BNI Syariah untuk produk Simpel loh! Dari jumlah sekolah tersebut, sebanyak lebih dari 15.842 rekening Simpel telah dibuka.

 

Lebih dari 250 sekolah telah menerima edukasi dan sosialisasi langsung dari BNI dan BNI Syariah. Dari jumlah tersebut, BNI berharap sejumlah 67.874 siswa akan membuka rekening Simpel melalui BNI.

 

Sementara itu, khusus untuk propinsi Jawa Timur, dari 30 sekolah tercatat sebanyak 6.435 rekening baru Simpel telah diaktifkan dan masih akan terus bertambah.

 

pendidikan keuangan sejak dini

Gerakan mendorong para pelajar untuk gemar menabung harus didukung oleh berbagai pihak

 

 

Era persaingan yang pastinya akan semakin ketat, menuntut generasi penerus untuk memiliki kemampuan dalam banyak hal. Salah satu yang paling penting adalah pendidikan keuangan. Anak-anak akan mampu bertumbuh menjadi pribadi yang mandiri dan mapan secara finansial.

 

https://lifepal.co.id/media/4-fakta-kenapa-orangtua-lebih-memilih-tabungan-pendidikan

 

 

Mereka akan terbiasa dan bisa mengatur keuangan di masa yang akan datang. Terutama saat sudah memiliki penghasilan sendiri. Keputusan-keputusan yang berkaitan erat dengan keuangan membutuhkan pemahaman dan disiplin yang tinggi. Nilai-nilai inilah yang diharapkan terpatri dalam diri pelajar hingga dewasa.


Simpanan Pelajar (Simpel) bisa menjadi salah satu media yang mudah bagi pelajar untuk mulai memiliki kesadaran akan pengelolaan keuangan.So, mom and dad, ajak buah hati menabung lewat Simpel dari sekarang yuk!

 

 

 

Image Credit:

  • https://britongas.files.wordpress.com/2012/10/cropped-img01694-20121019-06253.jpg
  • http://static.republika.co.id/uploads/images/inpicture_slide/siswa-menunjukan-buku-tabungan-simpanan-pelajar-usai-peluncuran-produk-_150908160829-818.jpg
  • http://sentananews.com/media/news/i/2015/10/22/00014_BCA_ZR0BzQR.655×330.jpg
  • http://cdn.sindonews.net/dyn/960/photos/2015/09/08/14345/52708_highres.jpg
Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →