Selain Hong Kong, Tempat Ini Pernah Bikin Heboh Akibat Hujan Uang

Gara-gara bikin heboh dengan menciptakan hujan uang, seorang pria ditangkap polisi di Hong Kong. Kejadian yang terjadi pada 15 Desember 2018 yang lalu tersebut sempat viral di media sosial.

Gimana gak bikin heboh? Uang yang ditebar besaran nilainya gak main-main, yaitu sebesar 100 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 180 ribuan.

Polisi yang menerima laporan adanya hujan uang di Sham Shui Po, suatu area di Hong Kong, langsung menuju lokasi dan mengamankan pria yang menebar dolar Hong Kong tersebut. Usut punya usut, pria pencipta hujan uang tersebut bernama Wong Ching-kit.

Selain mengamankan Wong Ching-kit, polisi Hong Kong juga mengamankan uang sebanyak 5.000 dolar Hong Kong atau sekitar Rp 9 jutaan.

Ada dugaan Wong Ching-kit sengaja menciptakan hujan uang ini buat mempromosikan bisnis kriptokurensinya, Epoch Cryptocurrency. Namun, Wong Ching-kit membantah tuduhan tersebut.

Baca juga: Gak Melulu Emas dan Reksadana, Kamu Bisa Pilih 6 Mata Uang ini Buat Investasi

Menariknya, hujan uang ini gak cuma terjadi di Hong Kong lho. Hujan uang sebelumnya pernah terjadi dan bikin gempar di beberapa tempat. Malahan peristiwa ini tercatat juga pernah terjadi di Indonesia. Seperti apa ceritanya? Disimak yuk.

1. Hujan uang di Jakarta

Hujan uang sempat menghebohkan warga ibu kota, (Youtube).

Bulan Februari lalu, warga ibu kota dikejutkan dengan terjadinya hujan uang di Jalan Kuningan, Jakarta. Uang yang ditebar dua orang di atas crane. Nominal uang yang disebar mulai dari Rp 2 ribu, Rp 5 ribu, dan Rp 10 ribu.

Orang-orang yang melintas di Jalan H.R. Rasuna Said berhenti begitu melihat hujan uang yang terjadi di hadapan mereka. Sontak aja mereka berlarian dan memunguti uang-uang yang berserakan di jalanan.

Baca juga: Raup Uang dari Investasi Reksadana? Ketahui Dulu 4 Jenis dan Cara Kerjanya di Sini

Setelah ditelusuri, ternyata hujan uang ini diprakarsai aplikasi yang bernama 17Q. Aplikasi ini adalah aplikasi kuis live game show atau kuis trivia di Indonesia. Kabarnya nih hujan uang ini dibikin sebagai cara mereka dalam mempromosikan aplikasi mereka.

Sayangnya, acara hujan uang ini dihentikan polisi. Sebab acara ini dianggap berpotensi bikin macet arus lalu lintas di sepanjang jalan H.R. Rasuna Said.

2. Hujan uang senilai Rp 100 juta pernah terjadi di Banten

Hujan uang juga sempat terjadi di kota Banten, (Youtube).

Motivator kondang Tung Desem Waringin pernah bikin heboh dengan pertunjukan hujan uang yang ia ciptakan pada tahun 2008. Tung Desem diberitakan menghambur-hamburkan lembaran uang kertas dari atas pesawat kecil di Serang, Banten.

Jumlah uang yang dibagikannya tersebut gak tanggung-tanggung besarannya, yaitu mencapai Rp 100 juta. Rupanya Tung Desem menyebar uangnya tersebut dengan tujuan mempromosikan buku yang berjudul “Marketing Revolution”.

Baca juga: Jelang Tahun Baru, Ini Tips Mudah Bikin Daftar Resolusi Keuangan

Tung Desem mengaku ide hujan uang ini lahir karena dirinya terinspirasi promosi yang dilakukan Richard Branson. Menurutnya, bos Virgin America tersebut selalu sukses mengundang perhatian banyak orang lewat promosi yang dilakukannya.

3. Hujan uang di Bekasi

Hujan uang juga sempat terjadi di Bekasi, (Ilustrasi/Shutterstock).

Pada 29 Juni 2016, Bekasi pernah ramai jadi pemberitaan karena terjadinya hujan uang di kota tersebut. Orang-orang yang berada di Jalan Raya Sultan Agung, Medan Satria dibikin tercengang dengan uang Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu yang melayang-layang di depan mereka.

Lembaran uang yang berjatuhan di badan jalan dan trotoar tersebut lantas jadi rebutan banyak orang. Seorang saksi mata yang kebetulan berada di lokasi kejadian memperkirakan uang yang disebar dari mobil tersebut jumlah Rp 2 juta – Rp 3 juta.

Gara-gara kejadian hujan uang ini, kemacetan sepanjang 300 meter terjadi di Jalan Raya Sultan Agung.

4. Kota dari negara kaya minyak pernah dilanda hujan uang

Kota dari negara kaya minyak pernah dilanda hujan uang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sebagai ibu kota dari negara kaya minyak, pastinya Dubai berisikan banyak orang kaya. Saking kayanya nih, pernah ada lho peristiwa terjadinya fenomena ini di sana.

Seperti yang terjadi pada tahun 2015 yang lalu, arus lalu di Jalan Jumeirah mendadak macet gara-gara fenomena jatuhnya uang dari langit. Lembaran 500 Dirham atau senilai Rp 1,9 jutaan berterbangan dan menarik perhatian banyak orang.

Sopir taksi yang melihat kejadian langsung keluar dari mobil dan merebut uang Dirham yang melayang-layang di atas mereka. Ada dugaan uang tersebut sengaja ditebar salah satu orang kaya Kota Dubai dari apartemennya.

Itu tadi lima kejadian fenomena yang pernah bikin heboh dan jadi viral di dunia maya. Ada-ada aja ya motif mereka yang bikin hujan uang ini. Mulai dari tujuan promosi hingga sekadar iseng.

Kalau dipikir-pikir, lumayan untung juga sih kalau dapat banyak uang dari fenomena langka ini. Hitung-hitung bisa nambah dana buat investasi, setuju? (Editor: Mahardian Prawira). 

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →