Mahasiswa, Gini Cara Berhemat yang Bisa Kamu Lakukan supaya Gak Bokek

Gimana cara berhemat ala mahasiswa? (Shutterstock)

Cara berhemat yang tepat bisa membantu mahasiswa agar uang saku yang diterima cukup buat memenuhi kebutuhannya. Apalagi buat mahasiswa yang tinggal di kos-kosan, uang kiriman bulanan dari orang tua harus dimanfaatkan sebaik-baiknya supaya cukup.

Begitulah rasanya menjadi mahasiswa. Cukup banyak perjuangan yang mesti dilalui, mulai dari menyelesaikan tugas-tugas kampus hingga mengelola uang yang dimiliki agar gak habis duluan sebelum akhir bulan.

Tentu beda cerita buat mahasiswa yang berstatus anak orang kaya. Kesusahan mahasiswa biasa buat hidup dengan dana yang terbatas tentu aja gak mereka rasakan. Singkatnya, soal finansial, jalan mereka sih mulus-mulus aja.

Gimana dengan mahasiswa yang dapat dana terbatas ini? Hal terpenting yang harus dilakukan ya pintar-pintar mengalokasikan pengeluaran. Berikut ini adalah beberapa cara berhemat yang sebaiknya mahasiswa tahu. Apa aja? Yuk, disimak.

Baca Juga: Kelihatan Sepele, Nyatanya 5 Hal Ini Bikin Kamu Cepat Kaya!

1. Hindari membeli barang-barang baru

Hindari beli barang baru adalah salah satu cara berhemat. (Shutterstock)
Hindari beli barang baru adalah salah satu cara berhemat. (Shutterstock)

Pembelian barang-barang baru bisa bikin pengeluaran kamu jadi boros. Kalau dibiasakan, lama-lama bisa tekor lho nantinya.

Cara berhemat yang bisa kamu lakukan agar gak menjadi mahasiswa yang boros adalah dengan menggunakan barang-barang bekas ketimbang barang-barang baru. Seperti yang kamu tahu, cara ini memang efektif buat menekan pengeluaran.

Lagi pula kalau dipikir-pikir, menjadi mahasiswa itu waktunya sekitar 3 – 4 tahun. Jadi, buat apa memiliki banyak barang layaknya baru menempati rumah baru?

2. Manfaatkan lemari pendingin

Memanfaatkan lemari pendingin juga termasuk cara berhemat lho. (Shutterstock)
Memanfaatkan lemari pendingin juga termasuk cara berhemat lho. (Shutterstock)

Makanan jangan dibuang-buang. Kamu pasti setuju dengan hal yang satu ini. Apalagi kalau kamu hidup dengan bujet yang pas-pasan. Makanan yang bisa tahan lama sebisa mungkin jangan sampai terbuang percuma.

Memanfaatkan lemari pendingin buat menyimpan makanan bisa menjadi cara berhemat yang berguna banget lho. Makanan yang gak habis malam ini bisa disimpan di lemari pendingin buat sarapan besok pagi.

Dengan melakukan cara berhemat ini, hitung deh berapa banyak uang yang bisa kamu hemat selama sebulan. Dijamin untung deh.

Baca Juga: 5 Trik Sederhana Mengelola Keuangan di Usia 20-an, Gak Susah Kok!

3. Manfaatkan promo yang bermunculan

Cara berhemat pakai promo, gimana caranya? (Shutterstock)
Cara berhemat pakai promo, gimana caranya? (Shutterstock)

Cara berhemat ini udah umum dilakukan dan sangat berasa manfaatnya. Apalagi, informasi soal promo-promo ini mudah sekali didapat di media sosial. Tinggal follow beberapa akun di Instagram, kamu bakal dapat informasi promo-promo tersebut.

Promo-promo yang ditawarkan pun bermacam-macam. Mulai dari promo transportasi, kuliner, belanja, hingga tiket perjalanan. Syarat yang diminta juga gak ribet kok. Rata-rata sih meminta kamu buat install aplikasi di smartphone kamu. Habis itu kamu bisa nikmati promonya.

Berkat promo-promo tersebut, kamu bisa menghemat banyak pengeluaran lho. Kebayang dong gimana enaknya promo kuliner dengan diskon 30 persen? Udah pasti promo tersebut menguntungkan.

4. Memasak makanan sendiri itu cara berhemat yang ampuh

Memasak makanan sendiri juga cara berhemat yang ampuh lho. (Shutterstock)
Memasak makanan sendiri juga cara berhemat yang ampuh lho. (Shutterstock)

Kalau bisa memasak, kenapa harus beli? Banyak untungnya lho memasak makanan sendiri. Selain bisa menekan pengeluaran buat makan, memasak makanan sendiri lebih terjamin kebersihannya. Masa iya makanan yang kamu masak itu jorok? Gak mungkin kan?

Udah gitu kamu bisa sepuasnya makan makanan yang kamu masak sendiri tersebut. Beda banget kalau kamu membeli. Kadang-kadang puas dengan porsinya, kadang-kadang gak puas. Jadi, daripada beli, lebih baik masak sendiri, bukan?

5. Habiskan akhir pekan dengan traveling yang hemat bujet

Meski terapkan cara berhemat, tetap harus liburan juga dong. (Shutterstock)
Meski terapkan cara berhemat, tetap harus liburan juga dong. (Shutterstock)

Walaupun punya dana yang pas-pasan, bukan berarti kamu menghabiskan akhir pekan dengan terkurung sepanjang hari di rumah atau kos-kosan. Manfaatkan waktu akhir pekan dengan traveling yang hemat bujet.

Lebih hemat lagi kalau kamu ajak teman-temanmu buat habiskan akhir pekan bareng-bareng. Soalnya kalau bareng-bareng jalannya, kamu bisa menghemat ongkos transportasi. Lumayan untung bukan ketimbang kamu jalan sendiri?

Soal makan, pastikan mendapatkan tempat makan yang ada promonya ya. Terus kalau minum, manfaatkan aja botol minum. Dengan begitu, kalau haus di jalan, kamu gak perlu lagi tuh keluar uang buat minum.

Itu tadi cara-cara berhemat yang bisa dimanfaatkan selagi menjadi mahasiswa. Gimana? Adakah salah satu cara di atas yang udah kamu manfaatkan? Kalau belum, pakai deh cara-cara di atas biar gak bokek. Selamat berhemat ya! (Editor: Ruben Setiawan)