Sempat Mati Suri, Ini Kisah Bangkitnya Bakmi GM yang Kini Jadi Favorit

Bakmi GM. (Tempo/Rini)

Kemungkinan besar banyak dari pembaca MoneySmart.ID yang gak asing sama Bakmi GM. Yap! Outlet berbagai olahan mie dan nasi tersebut udah tersebar dimana-mana. Padahal dahulu restoran tersebut sempat mati suri lho. Apa sih resep Bakmi GM sehingga bisa menguasai pasar di sebagian besar wilayah Indonesia?

Bakmi GM udah hadir di berbagai provinsi di Pulau Jawa, dari DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, hingga Jawa Timur. Kamu bisa dengan mudah menemukan restoran ini di mal ataupun pusat keramaian lain, termasuk stasiun kereta.

Intinya, kalau lagi lapar dan pengin cepat namun juga masih makan makanan enak, Bakmi GM seringkali jadi jawaban tepat.

Melihat kesuksesan tersebut, ternyata Bakmi GM gak semudah itu mencapai posisinya sekarang, lho. Pasalnya, outlet yang banyak menyediakan menu Chinese food tersebut dulu pernah diterpa berbagai rumor hingga mati suri.

Bermula dari Jalan Gajah Mada 77 Sejak 1962

Bakmi GM. (Instagram/@bakmigmania)
Bakmi GM. (Instagram/@bakmigmania)

Bakmi GM dulunya bernama Bakmi Gajah Mada. Nama tersebut diambil dari alamat restoran tersebut yang memang berada di Jalan Gajah Mada 77, DKI Jakarta. Pendiri restoran tersebut adalah Tjhai Sioe Tjhung.

Awal mula berdiri, outlet makanan tersebut mungkin belum layak disebut sebagai restoran. Sebab, outlet tersebut cuma bisa menampung sekitar 15 sampai 20 orang aja alias cuma sekitar 5 meja. Kala itu, kompor yang digunakan pun masih kompor minyak tanah.

Sang pendiri pun saat itu berjualan bakmi karena memang tuntutan untuk memenuhi kebutuhan keluarga sehari-hari. Tjhai Sioe Tjhung memiliki sebelas anak. Kini, anak bungsu dari Tjhai-lah yang melanjutkan usaha sang ayah.

Sempat Diterpa Berbagai Rumor Menyakitkan

Bakmi GM. (Instagram/@bakmigmania)
Bakmi GM. (Instagram/@bakmigmania)

Sayangnya, saat masih bernama Bakmi Gajah Mada, restoran tersebut sering diterpa rumor cukup menyakitkan. Ada yang mengisukan bahwa outlet tersebut menggunakan pesugihan, dan resep Bakmi GM disebut-sebut menjijikkan.

Biasa sih emang terjadi seperti itu. Dalam persaingan bisnis, kadang kala rumor-rumor gak enak bisa jadi dihembuskan buat menjatuhkan sebuah usaha. Bakmi Gajah Mada sempat kandas.

Meski terlihat hampir gak ada harapan ternyata Bakmi Gajah Mada melawan balik isu tersebut. Manajemen restoran tersebut pun mengadakan konferensi pers. Termasuk pula digelar open house yang bertujuan buat membuktikan bahwa rumor tersebut gak benar. Strategi tersebut ternyata berhasil.

Dari situ, Bakmi Gajah Mada kini dikenal sebagai Bakmi GM. Ekspansi pun dilakukan secara bertahap seiring permintaan konsumen.

Kualitas Rasa dan Layanan Jadi Resep Bakmi GM Buat Sukses

Bakmi GM. (Instagram/@bakmigmania)
Bakmi GM. (Instagram/@bakmigmania)

Yang jadi resep Bakmi GM sesukses sekarang adalah peningkatan fasilitas. Awal berdiri, tempat makan tersebut cuma menyediakan lima meja. Namun, lama-kelamaan usaha tersebut berkembang dan diharuskan berpindah tempat. Dengan demikian, Bakmi GM bisa memfasilitasi pelanggan buat duduk dengan nyaman.

Selain itu, Bakmi GM punya aturan buat menyediakan pesanan dalam waktu delapan sampai lima belas menit aja. Dengan gitu, pelanggan gak bakal menunggu lama. Asyik banget, kan?

Yang pasti, kualitas rasa Bakmi GM ini dipertahankan dari masa ke masa. Oleh sebab itu, para pelanggan Bakmi GM makin bertambah. Bahkan, alasan pendirian outlet Bakmi GM di mal ternyata karena permintaan konsumen yang tinggi.

Jadi, kamu udah pernah coba bakmi ini dan menu lainnya?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →