Gaji Rata-rata 12 Jutaan, Segini Biaya Hidup di Malaysia

Biaya hidup di Malaysia, foto: Kuala Lumpur. (Shutterstock)

Biaya hidup di Malaysia wajib diketahui siapa aja yang niat kerja di sana.

Katanya sih biaya hidup di sana gak semahal di sini. Coba aja cari tahu harga bahan bakar di sana. Masih lebih murah dari Indonesia.

Namun, murahnya harga bahan bakar bukan berarti murah juga biaya hidupnya. Bisa aja barang-barang yang biasa kita beli murah ternyata lebih mahal.

Mau tahu berapa detailnya? Simak yuk.

1. Belanja bulanan

Biaya hidup di Malaysia pertama yang bakal kita bahas adalah belanja bulanan.

Bisa dibilang harga komoditas pokok di Malaysia beda-beda tipis dengan di Indonesia. Contohnya aja harga beras. Sama-sama suka makan nasi, harga beras di Malaysia sekitar 3,88 Ringgit atau Rp 13 ribuan. Sementara di Indonesia harganya rata-rata Rp 12 ribuan.

Berbeda dengan harga jual daging sapi. Di Malaysia harganya per kilogram sekitar 27,11 Ringgit atau Rp 96 ribuan. Kalau di Indonesia harga jual per kilogramnya sekitar Rp 117 ribuan.

Kalau dihitung rata-rata, biaya bahan pokok yang satu ini masih lebih murah Malaysia ketimbang Indonesia.

2. Biaya sewa tempat tinggal

Gimana dengan harga sewa apartemen di sana? Buat kamu yang emang berniat kerja di Malaysia, penting banget nih cari tahu salah satu komponen biaya hidup yang satu ini.

Di Malaysia, biaya sewa apartemen satu kamar selama sebulan di pusat kota sekitar 1.477 Ringgit atau Rp 5,2 jutaan. Lain dengan biaya sewa apartemen satu kamar di luar kota yang jauh lebih murah, yaitu 954 Ringgit atau Rp 3,3 jutaan per bulan.

3. Ongkos transportasi

Walau harga bahan bakar di Malaysia lebih murah ketimbang di Indonesia, ternyata ongkos transportasinya lebih mahal.

Asal tahu aja nih, di Malaysia harga tiket buat satu kali perjalanan itu sekitar 3 Ringgit atau Rp 10 ribuan. Di Indonesia, lebih tepatnya Jakarta ongkos sekali jalan cuma Rp 4.000.

Tarif taksi di sana juga terbilang mahal. Per satu kilometernya mencapai 2 Ringgit atau Rp 7.121. Beda dengan di Indonesia yang sekilonya dimulai dari Rp 4.500.

4. Pakaian

Komponen biaya hidup di Malaysia yang ini juga lebih mahal daripada di Indonesia. Contohnya aja celana jeans. Di Malaysia harga celana jeans sekitar 226 Ringgit atau Rp 800 ribuan. Sementara di Indonesia harganya mencapai Rp 458 ribuan.

Sementara kalau kamu pengin beli sepatu pantofel, harganya di Malaysia 261 Ringgit atau Rp 929 ribuan.

5. Makanan

Pengin makan di restoran? Ternyata biayanya juga gak kalah mahal dibanding biaya-biaya yang lainnya.

Makan di restoran yang murah aja minimal keluarkan uang 10 Ringgit atau Rp 35 ribuan. Di Indonesia aja modal Rp 25 ribu udah cukup. Malah Rp 15 ribu aja udah bikin kenyang.

Buat air mineral, kamu gak usah khawatir sama harganya. Di Malaysia air mineral dalam botol 330 mililiter dijual dengan harga 1,28 Ringgit atau Rp 4.557. Lebih mahal sedikitlah dengan harga jual di Indonesia.

Dari uraian harga-harga di atas, bisa disimpulkan biaya hidup di Malaysia lebih mahal ketimbang di Indonesia, meski gajinya jauh lebih besar.

Gimana? Tertarik kerja di sana?

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →