Mulai Rp300 Ribu, Ini Tips Pelesir ke Nusa Penida buat yang Belum Pernah ke Sana

nusa penida timur

Nusa Penida memang sangat indah, ada yang bilang mirip Raja Ampat, Phi-Phi Island di Thailand, dan bahkan kerap disamakan dengan Pantai Navagio Yunani. Gak heran kalau tempat wisata di Pulau Dewata ini kerap jadi destinasi impian banyak orang.

Mau buat honeymoon, liburan sekolah, liburan cuti, atau apapun, intinya pulau yang Instagramable ini memang layak dikunjungi. Gak gaul deh kalau kamu sebagai orang Indonesia, belum pernah menyambangi tempat ini.

Hanya dengan bujet Rp300 ribuan, sejatinya kamu bisa mendatangi tempat wisata ini dengan menggunakan speedboat dari Pelabuhan Pantai Matahari, Sanur, Bali. Namun, sebelum pergi ke sana, ada beberapa hal wajib yang harus kamu ketahui.

Hal-hal ini gak cuma berkaitan dengan bujet, melainkan juga soal keamanan untuk perjalananmu ke Nusa Penida. Berikut ulasannya berikut ini yuk.

1. Cari penginapan dekat Sanur

Pelabuhan Pantai Matahari Terbit. (Instagram/@yogiayobali)

Satu hal yang kamu harus perhatikan adalah, titik keberangkatan ke Nusa Penida itu ada di Pelabuhan Pantai Matahari Terbit, Sanur. Jam keberangkatan kapalnya adalah jam 08.00 pagi. 

Sekiranya nginap di wilayah Seminyak, maka ongkos taksi online ke sana berkisar antara Rp60 ribuan lho. Selain itu, kamu juga harus berangkat paling lambat pukul 06.30, karena Bali itu macet.

Cobalah cek AirBnB, Traveloka, Tiket.com, atau aplikasi booking penginapan lainnya untuk mencari hotel atau homestay di Sanur. 

2. Rp300 ribuan itu cuma bisa didapat kalau perginya rame-rame

Nusa Penida Timur. (Aulia Akbar)

Memang benar, ongkos trip ke pulau ini adalah mulai dari Rp350 ribuan. Itu sudah termasuk tour guide, biaya makan, dan transportasi.

Akan tetapi, tarif itu hanya berlaku jika kamu membawa rombongan lho ya alias lebih dari lima orang. Kalau cuma satu atau dua orang, maka tarif per-orangnya bisa Rp500 ribu. Lumayan mahal kan?

Terkadang, tanggal kepergianmu juga bakal mempengaruhi harga. So, pertimbangkan baik-baik ya soal tarif yang satu ini. 

3. Nusa Penida Timur atau Barat?

Nusa Penida Barat. (Instagram/@yogiayobali)

Nah ini juga harus kamu ketahui, sebelum kamu berangkat ke sana. Mau ke Barat atau ke Timur? 

Dua wilayah ini benar-benar berbeda lho. Wilayah barat memang agak mainstream. Mungkin kamu sering lihat teman atau kerabatmu berfoto di sini, lebih tepatnya di Pantai Kelingking yang bentuknya menyerupai dinosaurus, Broken Beach, Angel’s Billabong, Pohon Angels dan Crystal Bay.

Wilayah barat memang lebih bersahabat dalam akses dan treknya. Lain dengan bagian timur yang dipenuhi trek terjal, dan luar biasa melelahkan, akan tetapi Nusa Penida Timur itu gak mainstream dan gak kalah keren.

Nusa Penida Timur. (Aulia Akbar)

Beberapa tempat yang bisa dikunjungi di antaranya adalah rumah pohon, Pantai Diamond, Pantai Atuh, dan Bukit Teletubbies. Dijamin deh, kamu bakal foto-foto terus ketika ada di sini. 

Intinya, jika masih muda, masih fit, masih kuat, Nusa Penida Timur wajib kamu tuju. Namun jika kamu membawa orangtuamu, atau mungkin kondisi fisikmu sedang gak fit, lebih baik jangan dipaksa ya. Akses menuju Pantai Diamond itu luar biasa melelahkan lho, anak tangganya kecil-kecil dan curam, akses baliknya pun berasa lagi panjat tebing. 

4. Mau nyewa motor? Hmmm… pikir-pikir dulu ya

Pantai Diamond, Nusa Penida Timur. (Aulia Akbar)

Gak mau bayar tour guide dan memilih sewa motor sendiri mungkin adalah ide bagus untuk menghemat biaya. Namun dari segi keselamatan memang agak riskan.

Infrastruktur di pulau ini memang sudah bagus, jalanan pun sudah diaspal. Namun tikungannya memang terjal, dan penuh dengan tanjakan.

Alangkah lebih baik untuk menyerahkan urusan transportasi ini ke tour guide yang sudah paham dengan medan alias jalanan di Nusa Penida.

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat mengunjungi Nusa Penida untuk pertama kali. 

Oh ya ada sedikit tambahan nih, pilihlah pakaian yang nyaman ya. Sengatan matahari itu panas, jadi hindari mengenakan atasan berwarna hitam atau gelap. 

Pilihlah celana dengan bahan yang gak kaku dan nyaman, apalagi jika kamu ingin menuju Nusa Penida Timur. Treknya gak bersahabat dan bisa merobek celanamu yang kaku. 

Yang terakhir adalah, jangan bete juga ya pas pulang. Mengapa? karena kadang kapal yang mengantarmu pulang dari Nusa Penida ke Sanur telat datang. Santai-santai dulu di pelabuhan jadi opsi paling baik kalau kamu mengalami hal ini. Jadi, kapan nih ke Nusa Penida? (Editor: Ruben Setiawan)