Punya Usaha Kecil-kecilan? 4 Film Inspiratif Ini Bantu Bisnismu Sukses

inspirasi usaha

Untuk mendapatkan inspirasi usaha, kamu bisa mencarinya dari mana saja. Pastinya, inspirasi adalah suatu hal yang wajib kita miliki sebelum memulai segalanya termasuk menjalankan sebuah usaha.

Mau usaha modal kecil atau usaha modal besar sekalipun, kalau gak punya panutan yang menginspirasi, kayaknya bakal sulit deh untuk sukses. Semuanya itu bisa didapat dari kisah-kisah orang sukses atau kisah keseharian para miliarder agar mendapatkan inspirasi usaha.

Tapi, di zaman serbacanggih ini, kamu juga bisa mendapatkan inspirasi usaha dari menonton sebuah film. Tak cuma jadi media untuk melepaskan penat, film pun bisa memberikan pengaruh positif bagi kita semua.

Nggak jarang semangat diri kita kembali menyala setelah mendapatkan inspirasi dari pesan moral film yang ditonton. Bahkan, beberapa film juga bisa memotivasi penontonnya untuk segera bergerak mengejar mimpi.

Karena memang sejatinya, setiap karya pasti mengandung pesan-pesan tersirat untuk penikmatnya.

Nah ngomong-ngomong soal film, kita mau kasih deretan karya layar lebar yang bisa memberi inspirasi usaha buat kamu yang baru memulainya dengan modal kecil.

Film-film berikut mengajarkan kamu tentang asam manisnya usaha, yang dapat membuatmu tetap bersemangat dalam menghadapi aneka rintangan dalam berusaha.

Apa saja? Untuk mengetahuinya, yuk simak di sini: 

Baca juga: 6 Film Barat Ini Punya Pelajaran Finansial yang Sangat Berharga, Patut Dicontoh!

1. Forest Gump salah satu inspirasi usaha

inspirasi usaha
Poster film Forest Gump. (jpc.de)

Film yang dibintangi oleh Tom Hanks ini memiliki kisah-kisah yang inspirasional. Sejak kecil, Forest sebagai tokoh utama memiliki kekurangan daripada anak-anak lainnya.

Kondisi fisiknya yang kurang sempurna bikin dia di-bully terus-terusan. Tapi, di balik kekurangan selalu ada kelebihan, hingga suatu saat dia menyadari talentanya dalam bidang olahraga, ia mampu berlari dengan sangat cepat.

Kelebihan di tengah kekurangannya ini dimanfaatkannya untuk meraih prestasi. Menjadi atlet rugby, menjadi tentara, atlet ping pong, hingga membesarkan perusahaan tambak udangnya sendiri hingga sukses.

Dia hanya menjalani apa yang diinginkannya, seperti misalnya saat ia ingin berlari, ia bahkan bisa lari puluhan kilometer, tanpa mementingkan penghargaan.

Pelajaran yang bisa dipetik adalah tak perlu menjadi jenius dan sempurna untuk bisa sukses. Yang terpenting, lakukan saja apa yang sudah kamu niatkan. Dalam dunia bisnis, mulai bergerak membuka bisnismu lebih penting ketimbang memikirkan untung atau rugi.

Masalah untung rugi adalah urusan belakangan. Kalau tidak dimulai, kamu gak akan tahu bakal sukses atau tidak ke depannya.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Walaupun usahamu hanya memiliki modal yang kecil, jangan takut untuk memulainya. Forest saja bisa mulai membuka tambak udang hanya dengan bermodalkan satu perahu dan tanpa anak buah.

Baca juga: Dari Nol hingga Berharta, Ini Deretan Film yang Memotivasi Agar Sukses

2. The Wolf of Wall Street

inspirasi usaha
Poster film The Wolf of Wall Street. (imdb)

Film ini berkisah tentang pialang saham bernama Jordan yang diperankan oleh Leonardo DiCaprio.

Saat ia dipecat dari kantornya, Jordan memilih membuka kantor sekuritas kecil yang diberi nama Stratton Oakmont. Meski kecil, namun ia telah meraih kesuksesan dengan sangat mudah.

Tapi, rahasia suksesnya ternyata berkat kecurangan. Jordan menjual saham berharga murah dengan harga yang cukup tinggi ke klien-kliennya. Hingga akhirnya aksi curangnya ini terendus oleh FBI dan kemudian ditangkap serta dijebloskan ke penjara.

Lalu, apa inspirasi usaha yang bisa dipetik? Meski kamu membuka usaha dengan modal pas-pasan, berbisnislah dengan jujur. Kesuksesan yang bermula dari ketidakjujuran suatu saat akan jatuh juga.

Film ini mendemonstrasikan bermacam-macam hal, mulai dari yang bisa dibeli dengan uang, hingga yang tak bisa dibeli dengan uang.

Film ini mengajarkan kepadamu untuk selalu memperbaiki diri demi mencapai sebuah kesuksesan yang kamu tuju. Rajin-rajinlah mengevaluasi setiap pekerjaanmu, dan tentukan apa tujuan hidup yang terbaik setiap waktu.

Jadi lebih baik sukses secara perlahan dengan cara yang baik dan tidak merugikan orang, ketimbang sukses sesaat kemudian terpuruk.

Selain itu, dalam film ini juga mengajarkan bahwa sebagai seorang investor kamu tidak harus cerdas saja melainkan, cekatan, berpikir kritis, tepat dan juga berani.

Baca juga: 5 Pelajaran Hidup dari Film Kartun Jepang yang Bisa Bikin Sukses

3. Inspirasi usaha dari film Rocky

inspirasi usaha
Poster film Rocky. (Amazon)

Ketika kamu sebagai pengusaha kecil merasa lelah dan hampir menyerah berkompetisi dengan yang lainnya, coba tonton film Rocky.

Film yang diperankan oleh Sylvester Stallone ini mengisahkan tentang seorang petinju yang mendapatkan kesempatan untuk melawan juara kelas berat Apollo Creed.

Rocky sendiri bukanlah petinju yang difavoritkan, sebelum menerima tantangan tersebut, ia pun yakin kalau dia hanya akan dijadikan bahan olok-olokan.

Hingga akhirnya demi hadiah uang dalam jumlah besar ia berlatih dengan serius setiap harinya. Berkat kerja kerasnya kemenangan pun berhasil diraih.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Rocky berlatih habis-habisan dan tidak pernah gentar dalam menghadapi lawan-lawannya. Sikap mental seperti inilah yang diperlukan oleh pengusaha untuk mencapai puncak kesuksesan.

Inspirasi usaha yang didapat, meskipun kamu memulai bisnis dengan modal kecil, gak seperti pebisnis-pebisnis lainnya, kamu harus tetap semangat.

Teruslah berusaha untuk meningkatkan daya saing. Suatu saat, kamu pasti bisa menyaingi para pebisnis besar.  Syaratnya, jangan mudah menyerah!

4.  The Pursuit of Happyness

inspirasi usaha
Poster film Pursuit of Happynes. (Sonypictures.com)

Film yang satu ini menampilkan beragam kisah haru dari seorang sales peralatan medis, Chris Gardner yang diperankan oleh Will Smith.

Chris Gardner menghabiskan seluruh hartanya untuk membeli peralatan medis dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Tapi sayang, dagangannya tersebut tak diminati oleh dokter karena terlalu mahal.

Keadaan keuangannya pun semakin terpuruk, ia pun ditinggal oleh sang istri, dan harus mengurus seorang anak. Saking gak punya uangnya, Chris dan anaknya harus rela tinggal di penampungan tunawisma.

Suatu ketika ia mendapatkan kesempatan untuk masuk ke pelatihan menjadi pialang saham. Selama 6 bulan ia pun mengikuti pelatihan tersebut yang padahal gak digaji sama sekali.

Kesempatannya untuk lolos pun kecil, karena memang gak punya background sebagai pialang. Namun, akhirnya ia yang terpilih dan sukses menjalankan karier di dunia saham.

Film ini dinilai menginspirasi lantaran menunjukkan berbagai macam alasan mengapa kamu dilarang menyerah serta jangan pernah membiarkan lingkungan sekitar menghancurkan seluruh mimpi-mimpimu. Jangan biarkan orang lain mengatakan kepadamu bahwa kamu tak mampu melakukan apapun ya!

Sebagai pengusaha kecil, kamu bisa mendapat inspirasi usaha berharga dari film ini. Meskipun modalmu kecil dan bahkan bisnismu stagnan, jangan menyerah. Cobalah untuk berinovasi untuk meraih kesuksesan, jangan hanya berdiam diri saja.

Itulah empat film layar lebar yang bisa kamu jadikan panutan atau inspirasi usaha milikmu. Semoga setelah membaca artikel ini, kamu jadi termotivasi, terus bekerja keras, dan gak gampang nyerah meski terbelenggu oleh segala keterbatasan. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →