Internet Banking Bank Jatim – Cara Daftar dan Limit Transfer

Internet Banking Bank Jatim

Pada era 4.0 saat ini, segala aktivitas sudah bisa dilakukan secara online, termasuk dalam bertransaksi keuangan. Kita kini mengenal namanya mobile banking, dompet digital, dan internet banking. Salah satunya adalah Internet Banking Bank Jatim atau iBank Bank Jatim.

Bank Jatim sebagai bank pembangunan daerah milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur juga terus bertransformasi memberikan pelayanan yang terbaik bagi nasabahnya.

Dengan layanan internet banking dan mobile banking, nasabah bisa mengecek informasi rekening hingga transfer antarbank dengan bantuan jaringan internet, di mana pun dan kapan pun. 

Bagi nasabah perorangan, kini gak perlu repot-repot lagi ke bank atau ke ATM untuk transfer uang. Cukup menggunakan komputer saja dan buka Internet Banking Bank Jatim.

Apa itu Internet Banking Bank Jatim?

Internet Banking Bank Jatim adalah layanan electronic channel atau e-channel yang memungkinkan nasabahnya melakukan transaksi keuangan ataupun nonkeuangan secara praktis. 

Dengan internet banking ini, nasabah Bank Jatim bisa mengakses rekening mereka di mana saja, kapan saja, dengan bantuan jaringan internet.

Fitur-fitur yang dulunya hanya bisa dilakukan melalui mesin ATM, kini bisa dilakukan melalui perangkat komputer nasabah, seperti pembayaran dan transfer uang. 

Keuntungan menggunakan iBank Bank Jatim

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, layanan ini membantu nasabah untuk mendapatkan segudang keuntungan, terutama dalam bertransaksi keuangan. Berikut ini tiga keuntungan utama yang didapat nasabah.

1. Kemudahan dalam transaksi

Bertransaksi keuangan, seperti transfer uang, pembelian, dan pembayaran bisa kamu lakukan di mana saja dan kapan saja dengan bantuan internet. Layanan ini bisa diakses selama 24 jam x 7 hari nonstop.

Pengoperasiannya juga terbilang ringkas karena kamu akan mendapatkan panduan terlebih dahulu oleh petugas Bank Jatim. 

2. Fitur yang lengkap

Fitur-fitur di dalamnya sangatlah lengkap. Bisa menunjang seluruh kebutuhan dan keperluan nasabah, mulai dari transfer dana, pembayaran, pembelian, dan layanan lainnya.

3. Level keamanan

Keamanan bertransaksi dengan iBank Bank Jatim sangat terjamin. Pasalnya, mereka menggunakan teknologi dan sistem canggih untuk mencegah tindakan pembobolan atau penyalahgunaan rekening, seperti misalnya auto logout apabila nasabah lupa log out dan penggunaan token untuk bertransaksi keuangan.

Fitur-fitur yang tersedia di iBank Bank Jatim

Salah satu keuntungan dari penggunaan internet banking ini adalah fitur-fiturnya yang lengkap dan praktis. Sebab memang itu tujuan dari perusahaan perbankan, yaitu memberikan keleluasaan kepada nasabahnya. 

Dalam iBank Bank Jatim, ada empat fitur yang utama, yaitu pengecekan informasi, pembayaran, pembelian, dan transfer. Berikut rincian fiturnya.

  • Pengecekan informasi: Cek suku bunga, cek saldo, cek mutasi rekening, dan cek kode bank. 
  • Pembayaran: Pembayaran tagihan air, tagihan listrik, tagihan telepon, pajak, TV kabel, kartu kredit, tiket pesawat, dan tiket kereta api. 
  • Pembelian: Pembelian voucer pulsa hingga voucer listrik. 
  • Transfer: Transfer antarrekening Bank Jatima atau transfer ke rekening lain. 

Cara daftar Internet Banking Bank Jatim

Sayangnya, cara daftar Internet Banking Bank Jatim lewat HP belum bisa dilakukan nasabah. Mereka harus melakukan pendaftaran langsung secara offline di Kantor Cabang Bank Jatim. 

Internet Banking Bank Jatim – Cara Daftar dan Limit Transfer
Internet Banking Bank Jatim – Cara Daftar dan Limit Transfer

1. Daftar langsung ke Kantor Cabang Bank Jatim

Pertama, kamu harus mendatangi Kantor Cabang Bank Jatim terdekat atau ke kantor cabang tempat kamu melakukan pembukaan rekening. Setelah itu, mengambil nomor antrean untuk ke customer service

Setelah dipanggil, kamu bisa mengatakan ke petugas yang ingin melakukan registrasi atau pendaftaran iBank Bank Jatim. 

2. Tunjukkan dokumen-dokumen ke petugas

Jangan lupa untuk menunjukkan dokumen-dokumen yang diminta, seperti buku tabungan dan kartu identitas (KTP). Nantinya, kamu akan mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke email atau SMS. 

3. Konfirmasi kode verifikasi

Setelah itu, masuk ke situs resmi Bank Jatim dan login dengan kode verifikasi tersebut sambil memasukkan CIF ID dan nomor rekening, lalu tinggal pilih “verify”. Setelah itu kamu mulai bisa membuat akun untuk internet banking kamu. 

4. Minta token

Kemudian, petugas akan memberikan kamu token yang bisa digunakan untuk bertransaksi keuangan. 

Contoh cara penggunaan iBank Bank Jatim

Setelah internet banking aktif dan telah mendapatkan token, kamu mulai bisa menikmati seluruh layanan dan fitur yang ditawarkan Bank Jatim, mulai dari pembayaran, cek saldo, hingga transfer ke rekening lain. 

Cara cek saldo Bank Jatim

Fitur yang bisa dilakukan pertama adalah informasi saldo. Kamu bisa mengecek kapan saja dan di mana saja saldo rekening Bank Jatim. 

  1. Masuk ke dalam platform iBank Bank Jatim. 
  2. Pilih “Informasi Rekening”.
  3. Pilih “Informasi Saldo”.
  4. Kamu bisa memilih rekening mana yang ingin dicek saldonya. Tapi jika hanya memiliki satu rekening bisa lanjut dengan menekan “Tampilkan”.
  5. Saldo akan keluar di layar. 

Cara transfer dengan iBank Bank Jatim

Untuk transfer antar bank, pastikan kalau kamu telah memasukkan nomor rekening tujuan dahulu. Tujuan dari memasukkan nomor rekening adalah untuk memudahkan nasabah dalam transfer uang, apalagi kalau ke banyak rekening. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut.

  1. Masuk ke internet banking kamu. 
  2. Pilih “Manajemen Transfer”.
  3. Pilih “Daftar Penerima Transfer”.
  4. Pilih “Rek Bank Jatim” atau “Bank Dalam Negeri” (sesuaikan dengan penerima).
  5. Masukkan nama alias dan nomor rekening tujuan.
  6. Lalu pilih “Konfirmasi”. 

Setelah nomor rekening telah masuk ke daftar transfer, sekarang kamu bisa mulai transfer uang dengan cara sebagai berikut: 

  1. Pilih “Manajemen Transfer”.
  2. PIlih “Transfer Antar Rekening Bank”.
  3. Pilih “Rekening Asal”.
  4. Masukkan nominal transfer yang diinginkan. 
  5. Pilih deskripsi dan keterangan transfer. 
  6. Pilih rekening tujuan di daftar transfer. 
  7. Pilih metode instruksi “Langsung” atau “Tanggal Instruksi”(transfer terjadwal), atau “Transfer Berkala”(transfer terjadwal berkala).
  8. Konfirmasi. 

Biaya administrasi dan limit transfer Internet Banking Bank Jatim

Sama seperti produk layanan bank lainnya, bertransaksi atau transfer uang melalui Bank Jatim juga akan dikenakan biaya. Adapun biaya admin dan limit transfernya: 

Jenis Transaksi  Limit Transfer  Biaya Administrasi
Silver Gold
Transfer ke sesama Bank Jatim  Rp 25 juta Rp 50 juta Gratis
Transfer ke rekening lain di luar Bank Jatim Rp 10 juta Rp 15 juta Rp 6.500

Buat kamu yang mau tahu lebih banyak tentang perbankan atau asuransi? Lihat pertanyaan populer seputar topik-topik tersebut di Tanya Lifepal.

Tanya jawab seputar Internet Banking Bank Jatim