Intip Besarnya Gaji Karyawan di Perusahaan Unicorn Indonesia

perusahaan unicorn indonesia

Startup menjadi perusahaan yang banyak menarik hati para pelamar kerja. Selain lingkungannya yang menarik, jenis pekerjaan unik, kultur kantor  energik dan kreatif membuat banyak orang ingin bekerja di sini. Jangan lupakan juga, gaji pegawai perusahaan unicorn Indonesia yang angkanya melejit lho. 

Di Indonesia, startup paling terkenal sudah pasti Bukalapak, GoJek, Traveloka dan juga Tokopedia. Sudah jadi rahasia umum perusahaan startup yang telah berkembang menjadi unicorn ini berani membayar karyawannya dengan gaji dua digit. 

Bukan hanya gaji, perusahaan unicorn Indonesia ini juga memberi berbagai fasilitas menarik dan benefit bagi pegawainya. Belum lagi lingkungan kantornya yang sungguh memanjakan mata dan jadi idaman semua karyawan. 

Walau dilingkupi dengan fasilitas dan reward yang menggugah selera. Tentunya, pegawai di perusahaan unicorn ini diberi tanggung jawab yang tinggi. Level hasil kerja mereka pun dituntut harus di atas rata-rata. Karena itulah gaji pegawai unicorn di Indonesia pun di atas rata-rata.

Dengan semua tanggung jawab dan beban kerja yang tinggi di perusahaan unicorn berteknologi ini, berapa sih gaji para pejuang di startup unicorn ini? Berapa gaji pegawai unicorn di Indonesia?

Lifepal kasih intip beberapa gaji pegawai unicorn di Indonesia yang paling terkenal aja ya Startup-nya. Berikut artikel soal gaji di 4 perusahaan unicorn Indonesia, yang bersumber dari Glassdoor dan Qerja.com:

Bukalapak

Salah satu e-commerce ternama milik negeri ini juga ternyata sudah jadi perusahaan unicorn Indonesia lho. Nilai perusahaan Bukalapak hingga lebih dari US$1 miliar atau setara Rp14 triliun. Mesti belum diketahui jelasnya pendaan Bukalapak darimana aja, tapi menurut kabar, Emtek Group jadi salah satu investor di perusahaan garapan Achmad Zaky ini.

Meski sering kasih promo diskon dan gratis ongkir, gaji perusahaan unicorn di Indonesia ini hingga dua digit lho. Untuk posisi Software Engineer aja, Bukalapak sanggup gaji mereka dengan nominal Rp16 juta perbulan. Angka gaji segitu, kira-kira berapa kali gaji kamu saat ini?

Ya, untuk menjajal posisi Software Engineer kamu diwajibkan punya background mahir IT. Kuliahmu harus di bidang komputer sehingga kedepannya kamu bisa mendapat posisi kerja di situ. 

GoJek

Satu lagi aplikasi karya bangsa yang sudah menggapai unicorn ini menggaji karyawannya dengan harga tinggi. Perusahaan dengan nilai valuasi sampai US$1 miliar, juga ditasbihkan sebagai perusahan lokal pertama yang raih predikat unicorn di Indonesia.

Gak sembarangan, Go-Jek dengan Go universenya mulai dari GoCar, GoClean, GoSend, GoMart dan lain sebagainya ini miliki banyak investor kelas wahid. Sebut saja ada Google, Tencent, JD.com, Astra, hingga Djarum ada di belakang perusahaan yang didirikan oleh Menteri Pendidikan Indonesia Nadiem Makarim. 

Perusahaan yang bermarkas di Blok M dan Kemang ini berani menggaji pegawainya dengan harga yang mengejutkan. Sebut saja, posisi Software Engineer yang jadi posisi dengan gaji terbesar di perusahaan ini, bisa mendapat Rp14 – 15 juta perbulan. Trus gimana dengan posisi lainnya, berikut hasil beberapa posisi dan bayaran yang mereka terima dikutip dari situ Qerja.com

Untuk Staff Assistant Marketing mendapatkan Rp19,5 juta kemudian, Sales Manager mendapat Rp19,5 Juta, IT App Development  mendapatkan Rp10 juta, Staff Manajemen  mendapatkan Rp14 juta dan  Business Development mendapatkan Rp12 juta. Semua ini adalah perkiraan gaji yang diterima sebulan.

Tokopedia 

Jika tadi sudah ada e-commerce warna merah, kini ada lagi perusahaan e-commerce hijau yang sudah pasti kamu kenal semua. Ya, Tokopedia yang awalnya hanya perusahaan rintisan kini menjelma jadi raksasa e-commerce, dengan nilai US$7 miliar atau Rp98 triliun.

E-commerce yang memiliki icon burung hantu ini, memiliki beberapa investor ternama mulai dari SoftBank, Alibaba Group, Beenos Partner, CyberAgent, hingga East Ventures. Banyaknya investor ini menjadikan Tokped, panggilan akrabnya Tokopedia ini jadi perusahaan lokal yang berhasil meraih predikat unicorn.  Oleh karena itu pegawai di Tokopedia  mendapat gaji Tokopedia yang besar,

Di Tokped juga, untuk posisi Software Engineer mendapatkan gaji yang tinggi pula hingga dua digit. Besaran gajinya mencapai Rp10 jutaan, dan ada posisi Product Manager yang besaran gajinya Rp11 juta-Rp12 juta.

Dikutip  dari Qerja.com berikut beberapa posisi dengan gaji fantastis lainnya, ada Senior Software Engineer dengan gaji Rp14,8 juta, kemudian Front End Developer dengan gaji Rp12 juta., lalu ada Senior Programmer: Rp10 juta. Selain itu juga ada IT Developer yang mendapatkan gaji Rp30 juta dan  Technical Architect dengan perkiraan gaji Rp 75 juta. Semua itu diterima mereka dalam waktu sebulan kerja. 

Traveloka

Jika kamu senang jalan-jalan, staycation atau sekadar beli tiket  kereta dan pesawat secara online, pasti kenal aplikasi ini. Ya. traveloka juga menawarkan pegawainya gaji yang cukup besar lho.

Perusahaan dengan nilai valuasi mencapai US$ 4,1 miliar atau Rp 57 triliun ini juga sudah mendapat label unicorn. Menurut beberapa kabar, sejumlah investor besar berada belakang pencapaian Traveloka menjadi unicorn. 

Ada Expedia, Sequoia, East Venture, JD.com, Hillhouse Capital, Global Founder, hingga East Ventures. Dengan begitu banyaknya investor, wajar jika target yang ingin dicapai traveloka ini gede, makanya pegawainya pun sampai dibayar mahal.

Untuk posisi Software Engineer di traveloka, gaji yang diterima perbulan sebesar Rp15 juta.  Sedangkan posisi yang mendapat bayaran dua digit lainnya adalah Media Planner yang perbulan mendapat Rp10 juta. Dikutip dari situ Qerja.com, berikut beberapa posisi lainnya yang mendapat gaji fantastis di traveloka. 

UI/UX Designer mendapat gaji Rp12,9 juta, lalu People and Organization Development Specialist mendapat Rp14 juta, kemudian Business Development Manager mendapatkan Rp19,5 juta. Itu yang belasan juta, jika kamu berhasil sampai minimal tahap manager, maka kamu bisa mendapat gaji sebesar Rp26 juta perbulan. Jika jenjangmu lebih tinggi, maka angkanya bisa lebih tinggi lagi. 

Itu belum sama beberapa benefit lainnya loh. Bagi Ios Engineer mereka mendapat bonus tahunan jalan-jalan seharga Rp3 juta. Kemudian bagi Operational Administration mendapatkan fasilitas berupa makan siang gratis, parkir (member) gratis,  asuransi kesehatan, bayaran yang layak jika harus masuk di libur nasional.

Jika dilihat dari posisinya tentu kamu mulai sadar bahwa ada beberapa posisi yang baru yang sebelumnya belum pernah ada. Ini karena perusahaan startup membutuhkan banyak sekali lulusan muda yang mahir di bidang teknologi, digital dan komputerisasi. Dan pada posisi ini pula, gaji pegawai unicorn di perusahaan Indonesia terbilang besar.

Misalnya saja untuk Business Development dengan pengalaman diatas dua tahun, memiliki gaji sebesar Rp6-7 juta bulan. Sedangkan untuk pekerjaan yang bersifat entry level atau administratif berada di kisaran angka Rp4-5 juta. Sedangkan jika kamu menguasai IT, minimal kamu bisa menerima gaji Rp5 juta sebagai developer, dan untuk Senior Developer kamu bisa meraih gaji hingga Rp10 juta.

Jumlah yang menggiurkan bukan? oleh karena itu jika ingin sampai ke posisi tersebut rajin-rajinlah dalam menuntut ilmu, tekuni hobimu secara serius, agar kemampuanmu bisa terbentuk dan terus terasah. Perbanyak magang jika kamu masih di bangku kuliah, selain guna meningkatkan kemampuanmu, pengalaman lama selama magang biasanya berharga dan punya daya tarik lebih bagi fresh graduate yang baru mau masuk dunia kerja.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →