Investasi Emas Online Kian Marak, Ini Alternatif Pilihan Penjual Terpercaya

Investasi Emas Marak (Shutterstock)

Investasi emas online kerap menjadi pilihan masyarakat ketika ingin mengamankan aset. Selain mudah didapatkan,  dicairkan, dan dijual kembali, harga emas juga cenderung terus mengalami kenaikan dari waktu ke waktu. 

Awalnya, investasi emas dilakukan dengan membelinya secara langsung lewat gerai Antam atau toko-toko perhiasan. Kemudian revolusi digital membawa perubahan pada gaya beli masyarakat.

Kini orang-orang mulai tertarik menggunakan aplikasi investasi emas online. Pasalnya, cara tersebut dirasa lebih praktis dan terjangkau. Kamu bisa membeli emas hanya dengan uang Rp500 saja! 

Pilihan aplikasi investasi emas secara online

Terus, aplikasi investasi emas online mana saja sih yang tepercaya? Simak ulasan Lifepal berikut ini.

Pegadaian Digital Service

Pegadaian memang sudah dikenal sebagai tempat jual beli emas sejak dulu. Nah sekarang, mereka membuat layanan beli emas online lewat aplikasi Pegadaian Digital Service! Aplikasi ini sudah eksis sejak April 2018. 

Untuk melakukan jual beli, kamu akan diminta menyerahkan nomor identitas diri untuk membuat rekening tabungan emas. Lalu, kamu bisa membeli emas mulai dari 0,01 gram, atau Rp80 ribu aja! Terjangkau banget kan?

BukaEmas

Gak hanya Sampoerna, Tokopedia, dan Orori, Bukalapak juga menyediakan layanan investasi emas yakni Buka Emas. Layanan BukaEmas ini merupakan kerja sama antara Bukalapak dengan PT Sinar Rezeki Handal (Indogold) dan PT Aneka Tambang Tbk. (Antam).

Di sini, Bukalapak berperan sebagai penyedia platform dan Indogold sebagai penjual. Melalui program BukaEmas melalui aplikasi Bukalapak, pengguna dapat membuka tabungan emas dengan minimal transaksi mulai dari 0,0001 gram atau kurang lebih senilai Rp100.

Pengguna dapat melakukan transaksi jual, beli, dan tarik emas cukup menggunakan akun Bukalapak milik pengguna tanpa harus melakukan pendaftaran lagi. 

Sayangnya, BukaEmas menagihkan biaya sertifikat dan biaya asuransi kalau kamu ingin menabung di sini.

Lakuemas

Lakuemas adalah layanan jual beli emas online yang dikelola oleh perusahaan pemilik brand Frank n Co, Miss Mordial, The Palace, dan Mondial. Uniknya, Lakuemas menawarkan fasilitas Laku Tunai untuk menjamin emas dan Laku Titipan untuk menyimpan emas.

Minimal pembelajaan emas di sini adalah Rp50 ribu ya. Cukup terjangkau kan?

Emas Digi

Emas Digi adalah salah satu penyedia investasi emas unik, karena punya fitur menagih dan mengirimkan emas ke sesama pengguna. Emas Digi juga bekerja sama dengan DOKU dalam melayani investasi emas online. Jadi, kita bisa topup saldo emas lewat dompet digital tersebut. 

Sayangnya, ada batas minimum penarikan emas, yaitu 5 gram dan ada biaya transaksi 2 persen dari saldo kamu.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Tokopedia Emas

Guna memudahkan masyarakat berinvestasi emas dalam bentuk tabungan,Pegadaian dan Tokopedia menjalin kolaborasi. Mereka meluncurkan fitur juaI-beli emas secara online melalui aplikasi Tokopedia atau situs resmi Tokopedia.

Untuk mendaftar, kamu cukup buka aplikasi Tokopedia, pilih menu emas, silahkan isi deh jumlah gram emas yang ingin ditabung. Selain mudah, dan aman, investasi emas juga bisa melindungi nilai aset kalian lho, supaya gak tergerus inflasi setiap tahunnya. Lewat fitur ini kamu bisa investasi mulai dari Rp500 aja lho!

Bagi yang berminat, jangan khawatir, instrumen investasi ini resmi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kok!

Pluang

Malas topup pakai debit karena terbiasa pakai e-wallet? Tenang aja, ada kok aplikasi nabung emas yang layanin topup pakai Gopay. Salah satunya adalah Pluang. Selain nawarin tabungan emas, Pluang juga punya fitur tabungan berjangka, valuta asing, dan saham. Lengkap banget kan!

Treasury

Treasury melayani jual beli emas milik UBS. Selain berupa aplikasi, Treasury juga punya website lho! Kamu bisa memantau harga emas dari sana. 

Untuk membeli emas di sini, minimal kamu harus mengeluarkan uang Rp20 ribu. 

Tips Memilih Investasi Emas Online dari Pakar

Kenapa harus investasi emas salah satunya emas Antam

Setelah mengetahui apa aja platform investasi emas online yang tersedia di Indonesia, pasti kamu mulai bingung gimana milihnya. Ikutin tips dari Pengamat Keamanan Siber, Alfons Tanujaya berikut yuk!

Menurut beliau, seiring dengan perkembangan teknologi, tak dapat dipungkiri investasi emas secara online bisa menjadi pilihan. Akan tetapi masyarakat harus lebih teliti dan cermat dalam memilih perusahaan penyedia investasi emas secara online.

Hal utama dalam investasi emas secara online adalah kredibilitas perusahaan. Sebelum melakukan transaksi harus dipastikan perusahaan penyedia layanan emas online terpercaya dan terdaftar resmi sebagai perusahaan penyedia layanan investasi emas online.

Sebab, dengan ini, transaksi akan lebih aman, dan dapat terhindar dari penipuan. Kalau mau investasi atau membeli emas, cari vendor yang berpengalaman dan dapat dipercaya.

Menurutnya, dengan perusahaan yang legalitasnya jelas dan memiliki rekam jejak yang baik, maka keamanan bertransaksi akan semakin terjaga. Selain itu keamanan produk yang dijual juga terjamin keasliannya.

Tak hanya itu, masyarakat yang memilih investasi emas secara online, juga harus menjaga nomor ponselnya dengan baik. Sebab segala transaksi yang dilakukan akan melalui nomor ponsel yang terdaftar dalam akun aplikasi dengan proteksi keamanan melalui one time password (OTP).

“Karena kalau aplikasi itu menggunakan one time password (OTP) untuk akses masuk sampai transaksi, harus benar-benar dijaga jangan sampai hilang dan disalahgunakan,” tegasnya.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →