Investasi Emas Pegadaian dan 3 Investasi yang Cocok Buat Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga bisa mencoba investasi emas Pegadaian. (Shutterstock)

Belakangan, kian banyak orang yang mulai menyadari pentingnya berinvestasi, tak terkecuali mereka yang datang dari kalangan ibu rumah tangga. Ibu rumah tangga bisa terjun ke beberapa jenis investasi, seperti investasi emas pegadaian, reksa dana, dan beberapa lainnya. Namun, masih banyak yang belum paham apa dan bagaimana caranya memulai investasi.

Oleh karena itu, kali ini MoneySmart bakal kasih informasi soal gimana cara ibu rumah tangga buat memulai berinvestasi. Kamu para ibu rumah tangga juga bisa lho investasi tanpa harus merasa kebingungan, lantas berpikir: “mau investasi pakai duit mana lagi? lha wong semua sudah dipakai untuk kebutuhan rumah tangga kok?” Ya, masih banyak ibu rumah tangga yang berpikir, investasi itu hanya untuk mereka yang berduit.

Padahal, kini udah banyak banget instrumen investasi yang modalnya kecil. Intinya, gak mengganggu pengeluaran kebutuhan sehari-hari deh. Jadi, kamu gak perlu khawatir tuh investasi bakal bikin kamu susah makan, bayar listrik, air dan lainnya.

Bahkan dengan mengeluarkan uang cuma beberapa ratusan ribu rupiah, kamu bisa mendapatkan uang hingga jutaan rupiah di beberapa tahun ke depan. Siapa juga sih yang gak mau.

Yuk simak selengkapnya investasi apa saja yang cocok buat ibu rumah tangga dalam ulasan berikut.

1. Investasi emas Pegadaian

Ibu rumah tangga bisa mencoba investasi emas pegadaian. (Shutterstock)
Ibu rumah tangga bisa mencoba investasi emas pegadaian. (Shutterstock)

Jenis investasi pertama yang bisa dimiliki oleh para ibu rumah tangga adalah emas batangan. Lho, harga emas per gram aja sekarang udah menyentuh angka Rp 600 ribu. Mana bisa menyisihkan uang sebesar itu, nanti buat bayar listrik gimana?

Eits.. gak perlu khawatir, kamu bisa coba investasi emas Pegadaian. Ya, karena kini Pegadaian menawarkan program investasi yang memang ditujukan untuk semua kalangan yaitu tabungan emas.

Meski namanya tabungan emas, bukan berarti kamu menabung dalam bentuk emas ya. Kamu tetap menabung uang untuk mendapatkan emas.

Nah, untuk membuka rekening tabungan emas kamu hanya perlu mengeluarkan uang beberapa puluh ribu kok. Tenang, gak sampai Rp 50 ribu. Apa aja?

  • Beli emas minimal 0,01 gram. Harga emas Pegadaian per tanggal 20 November sebesar Rp 680 ribu. Berarti kamu hanya perlu mengeluarkan uang minimal Rp 6.800.
  • Membayar biaya administrasi sebesar Rp 10 ribu.
  • Membayar fasilitas titip emas sebesar Rp 30 ribu per tahun atau Rp 2.500 per bulan.

Jadi, bisa dibilang dengan hanya mengeluarkan uang sebesar Rp 19.300, kamu udah bisa terjun ke investasi emas. Gak berat kan?

Untuk mendaftar, kamu bisa datang langsung ke outlet Pegadaian. Buat kamu yang ogah ribet, kamu bisa juga membuka Tabungan Emas secara online melalui aplikasi Pegadaian Digital Service.

Namanya ibu rumah tangga, gak menutup kemungkinan bakal dihadapkan pada kebutuhan yang datangnya mendadak. Misalkan aja tiba-tiba suami di-PHK. Kalau keluarga gak punya simpanan dana darurat untuk memenuhi kebutuhan pokok selagi suami mencari pekerjaan baru, tabungan emas ini bisa dicairkan kok.

Jangan khawatir, kapan saja kamu bisa menjual kembali tabungan emasmu melalui outlet Pegadaian atau langsung dari aplikasi Pegadaian Digital Service dengan minimal 1 gram dan saldo rekening minimal 0,1 gram. Penjualan melalui aplikasi dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 2500.

2. Reksa dana

Ibu rumah tangga bisa mencoba reksa dana. (Shutterstock)
Ibu rumah tangga bisa mencoba reksa dana. (Shutterstock)

Selain investasi emas Pegadaian, reksa dana juga kini tengah menjadi pilihan banyak orang yang udah melek investasi. Kenapa?

Pasalnya, instrumen investasi yang satu ini minim risiko tapi dapat memberikan return atau keuntungan yang relatif besar.

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Kamu juga gak perlu takut, uangmu hilang atau bangkrut karena mengalokasikan danamu ke reksa dana. Karena, uangmu akan dikelola oleh manajer investasi yang memang udah ahli di bidangnya. Kamu hanya tinggal duduk manis dan menunggu uangmu beranak pinak deh.

Untuk modal investasinya pun juga minim lho yaitu mulai dari Rp 100 ribu. Bahkan kini udah banyak sekuritas yang menawarkan investasi dengan hanya keluar uang Rp 50 ribu aja.

Kamu juga bisa melakukan investasi reksa dana melalui sejumlah aplikasi online keluaran financial technology (fintech) yang bergerak di bidang investasi. Hanya saja, pastikan bahwa fintech tersebut sudah terdaftar dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ya. Tujuannya, supaya danamu terjamin keamanannya.

3. Tabungan berjangka

Ibu rumah tangga bisa mencoba tabungan berjangka. (Shutterstock)
Ibu rumah tangga bisa mencoba tabungan berjangka. (Shutterstock)

Investasi itu intinya dilakukan dalam jangka panjang demi masa depan yang lebih baik. Kamu juga bisa tuh mengembangbiakkan pundi-pundi rupiahmu dengan membuka rekening tabungan berjangka.

Gak perlu besar, nabung itu intinya konsisten. Tabungan berjangka itu memiliki fitur auto debet yang akan menarik uangmu setiap bulan. Jadi, mau gak mau kamu akan dipaksa untuk menabung setiap bulan.

Tabungan berjangka juga memiliki tenor hingga 20 tahun. Jadi, cocok banget buat para ibu rumah tangga yang ingin menjamin masa depan sang buah hati.

Nah, kalau tabungan berjangka ini sejatinya adalah salah satu cara untuk belajar berinvestasi. Pasalnya, seseorang akan dituntut untuk ‘merelakan’ sebagian uangnya ditarik ke rekening tabungan berjangka tiap bulannya. Selain itu, orang juga belajar untuk hemat dan memprioritaskan menabung ketimbang membelanjakan uangnya untuk hal lain yang tidak terlalu penting.

4. P2P Lending

Ibu rumah tangga bisa mencoba P2P Lending. (Shutterstock)
Ibu rumah tangga bisa mencoba P2P Lending. (Shutterstock)

P2P Lending atau peer to peer lending sebenarnya investasi yang terbilang baru di Indonesia. Tapi jenis investasi ini sukses menarik perhatian banyak orang.

P2P Lending adalah penyelenggara layanan jasa keuangan untuk mempertemukan Pemberi Pinjaman dengan Penerima Pinjaman dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam melalui sistem elektronik dengan menggunakan jaringan internet.

Artinya, kamu bisa memberikan uangmu untuk dipinjamkan ke orang lain melalui perantaraan perusahaan P2P lending. Nah, yang bikin P2P Lending menarik itu karena kamu sebagai si pemilik modal akan mendapatkan timbal balik dari besaran pergerakan harga dan return yang didapatkan pun lebih tinggi dari deposito.

Dengan modal Rp 100 ribu, kamu sudah bisa jadi investor P2P Lending. Untuk cara bermainnya sendiri, para calon investor diwajibkan untuk meminjamkan modal ke pelaku bisnis.

Nah, itu dia sekelumit informasi soal investasi emas Pegadaian dan tiga jenis investasi lain yang bisa dilakoni oleh para ibu rumah tangga untuk menjamin masa depan yang lebih baik. Gak perlu keluar modal gede tapi bisa mendapatkan keuntungan. Setuju gak? (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →