Bisa Disewakan dan Hasilkan Cuan, Ini 5 Keuntungan Investasi Properti yang Bikin Tajir

Investasi Properti Berikan Keuntungan yang Bikin Kaya Raya (Shutterstock).

Investasi Properti Berikan Keuntungan yang Bikin Kaya Raya (Shutterstock).

Investasi properti menjadi salah satu alternatif lain selain bermain saham dan membeli emas. Namun banyak orang kurang melirik bidang investasi yang satu ini karena berbagai macam faktor seperti harga serta biaya pemeliharaannya yang gak murah. Padahal properti memberikan banyak keuntungan yang menggiurkan lho!

Siapa sih di dunia ini yang hidupnya gak memerlukan rumah, semua orang pasti membutuhkan rumah sebagai kebutuhan primer yang gak bisa ditawar-tawar lagi. Berbeda dengan saham dan emas yang keperluannya kurang mendesak, udah gitu gak perlu repot ngecek harganya setiap hari lagi.

Mungkin dari penjelasan tersebut bisa meningkatkan rasa ketertarikan kamu untuk memulai berinvestasi properti. Masih kurang yakin?

Tenang aja karena ada beberapa faktor lain yang bisa meyakinkan kamu bahwa investasi properti adalah cara terbaik buat kamu melipat gandakan harta. Yuk kita simak daftarnya berikut ini:

1. Investasi properti bisa disewakan

Investasi Properti
Investasi rumah juga cukup baik dilakukan saat ini (Shutterstock).

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan jika membeli sebuah rumah adalah bisa memanfaatkannya sebagai sumber pendapatan tambahan melalui sistem kontrak. Cara seperti ini sebetulnya bukanlah hal yang baru dilakukan oleh penduduk di perkotaan.

Harga rumah yang mahal untuk dibeli menjadi alasan utama kenapa orang memilih mengontrak rumah. Apalagi bagi mereka yang kerjanya nomaden atau sering berdinas ke luar kota.

Selain bisa mendapatkan uang dari kontrakkan, kamu juga bisa menghemat uang maintenance rumah seperti listrik, telepon dan asisten rumah tangga. Jadi bisa dibilang keuntungan yang bisa didapatkan 2 kali lipat nih dibandingkan investasi lain.

2. Risiko investasi properti relatif kecil

Investasi Properti
Risiko investasi (Ilustrasi by Shutterstock).

Dibandingkan dengan investasi saham, membeli rumah atau properti relatif memiliki risiko kerugian yang lebih kecil. Ini dikarenakan kebutuhan rumah di kota-kota besar terutama semakin tahun terus meningkat.

Ditambah dengan sedikitnya lahan yang tersedia untuk membangun rumah membuat properti bisa menjadi alternatif investasi yang menjanjikan di masa depan. Bahkan bisa dibilang harga tanah atau rumah yang menurun hampir gak pernah kita dengar beritanya di Tanah Air.

3. Bisa bebas dari pajak

Investasi Properti
Ilustrasi tax free (Shutterstock).

Keuntungan ketiga yang bisa kamu dapatkan dari investasi properti adalah bebas dari membayar pajak. Namun dengan satu syarat, kamu harus menyewakannya kepada pihak lain dan menyertakan perjanjian bahwa pajak dan biaya administrasi lainnya akan ditanggung oleh pihak penyewa.

Ini akan sangat terasa jika properti yang kamu miliki punya luas tanah dan bangunan besar. Daripada kamu menghindar dari membayar pajak, mending biayanya diserahkan ke orang lain, kan?

4. Aman dari inflasi

Investasi Properti
Ilustrasi pertumbuhan inflasi (Shutterstock).

Setiap tahunnya pasti perekonomian Indonesia mengalami yang namanya inflasi atau peningkatan harga suatu barang dan komoditas seiring daya beli masyarakat yang bertambah. Ini tentunya membuat kamu gak perlu khawatir lagi dalam jangka waktu yang panjang untuk segera memulai investasi properti.

Beberapa contoh investasi lain yang harganya fluktuatif adalah perak. Meski jarang tapi kadang jenis investasi yang satu ini bikin pemiliknya khawatir di kondisi tertentu.

5. Manfaatnya langsung bisa dinikmati

Investasi Properti
Keluarga muda yang baru saja pindah rumah (Shutterstock).

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan dari membeli rumah ialah bisa langsung merasakan manfaatnya. Poin ini bisa dirasakan bila kamu menggunakan properti tersebut sebagai tempat tinggal pribadi.

Berbeda dengan emas atau saham yang harus menunggu momen harganya meningkat atau justru menurun. Selain itu investasi ini cocok banget untuk kamu keluarga muda yang baru merintis kehidupan berumah tangga. Pastinya kamu gak mau kan tinggal di rumah mertua lagi?

Nah itulah 5 keuntungan investasi properti yang bisa kamu rasakan. Jadi tunggu apa lagi, yuk kita mulai investasi sekarang juga sebelum harganya segera naik. (Editor: Winda Destiana Putri).

Marketplace Asuransi #1 di Indonesia

Cari Asuransi Terbaik Sesuai Anggaranmu

  • Bandingkan > 100 polis asuransi
  • Konsultasi & bantuan klaim gratis