Bisa Disewakan dan Dapat Cuan, Ini 5 Keuntungan Investasi Properti

Investasi Properti Berikan Keuntungan yang Bikin Kaya Raya (Shutterstock).

Investasi properti menjadi salah satu alternatif lain selain bermain saham dan membeli emas. Namun banyak orang kurang melirik bidang investasi yang satu ini karena berbagai macam faktor seperti harga serta biaya pemeliharaannya yang gak murah. Padahal properti memberikan banyak keuntungan yang menggiurkan lho!

Siapa sih di dunia ini yang hidupnya gak memerlukan rumah, semua orang pasti membutuhkan rumah sebagai kebutuhan primer yang gak bisa ditawar-tawar lagi. Berbeda dengan saham dan emas yang keperluannya kurang mendesak, udah gitu gak perlu repot ngecek harganya setiap hari lagi.

Apa aja keuntungan investasi properti?

Mungkin dari penjelasan tersebut bisa meningkatkan rasa ketertarikan kamu untuk memulai berinvestasi properti. Masih kurang yakin? Tenang aja karena ada beberapa faktor tambahan yang bisa meyakinkan kamu bahwa investasi properti adalah cara terbaik buat kamu untuk melipatgandakan harta. Yuk kita simak berikut ini.

1. Investasi properti bisa disewakan

Keuntungan pertama yang bisa kamu dapatkan jika membeli sebuah rumah adalah bisa memanfaatkannya sebagai sumber pendapatan tambahan melalui sistem kontrak. Cara seperti ini sebetulnya bukanlah hal yang baru dilakukan oleh penduduk di perkotaan.

Harga rumah yang mahal untuk dibeli menjadi alasan utama kenapa orang memilih mengontrak rumah. Apalagi bagi mereka yang kerjanya nomaden atau sering berdinas ke luar kota.

Selain bisa mendapatkan uang dari kontrakkan, kamu juga bisa menghemat uang maintenance rumah seperti listrik, telepon dan asisten rumah tangga. Jadi bisa dibilang keuntungan yang bisa didapatkan 2 kali lipat nih dibandingkan investasi lain.

2. Risiko investasi properti relatif kecil

Dibandingkan dengan investasi saham, membeli rumah atau properti relatif memiliki risiko kerugian yang lebih kecil. Ini dikarenakan kebutuhan rumah di kota-kota besar terutama semakin tahun terus meningkat.

Ditambah dengan sedikitnya lahan yang tersedia untuk membangun rumah membuat properti bisa menjadi alternatif investasi yang menjanjikan di masa depan. Bahkan bisa dibilang harga tanah atau rumah yang menurun hampir gak pernah kita dengar beritanya di Tanah Air.

3. Bisa bebas dari pajak

Keuntungan ketiga yang bisa kamu dapatkan dari investasi properti adalah bebas dari membayar pajak. Namun dengan satu syarat, kamu harus menyewakannya kepada pihak lain dan menyertakan perjanjian bahwa pajak dan biaya administrasi lainnya akan ditanggung oleh pihak penyewa.

Ini akan sangat terasa jika properti yang kamu miliki punya luas tanah dan bangunan besar. Daripada kamu menghindar dari membayar pajak, mending biayanya diserahkan ke orang lain, bukan?

4. Aman dari inflasi

Setiap tahunnya pasti perekonomian Indonesia mengalami yang namanya inflasi atau peningkatan harga suatu barang dan komoditas seiring daya beli masyarakat yang bertambah. Ini tentunya membuat kamu gak perlu khawatir lagi dalam jangka waktu yang panjang untuk segera memulai investasi properti.

Beberapa contoh investasi lain yang harganya fluktuatif adalah perak. Meski jarang tapi kadang jenis investasi yang satu ini bikin pemiliknya khawatir di kondisi tertentu.

5. Manfaatnya langsung bisa dinikmati

Keuntungan terakhir yang bisa kamu dapatkan dari membeli rumah ialah bisa langsung merasakan manfaatnya. Poin ini bisa dirasakan bila kamu menggunakan properti tersebut sebagai tempat tinggal pribadi.

Berbeda dengan emas atau saham yang harus menunggu momen harganya meningkat atau justru menurun. Selain itu investasi ini cocok banget untuk kamu keluarga muda yang baru merintis kehidupan berumah tangga. Pastinya kamu gak mau kan tinggal di rumah mertua lagi?

Lindungi aset kamu dengan asuransi rumah

Setelah tertarik untuk investasi di dunia properti, khususnya rumah, kamu juga perlu memahami tentang asuransi rumah. Untuk apa? Tidak hanya untuk investor properti, untuk siapa pun yang memiliki rumah, rumah merupakan salah satu aset yang sangat berharga dan memiliki nilai jual yang tinggi setiap tahunnya.

Oleh karena itu, proteksi rumah menjadi kebutuhan wajib terutama untuk melindung dana yang diperoleh dari keuntungan investasi properti kita. Apalagi, mengingat kita tinggal di Indonesia yang rawan akan bencana.

Bencana alam seperti banjir dan tanah longsor, juga bencana buatan semisal kebakaran rumah dan pembobolan rumah oleh maling merupakan masalah yang nantinya akan ditemui oleh orang yang memiliki aset berupa hunian (rumah).

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat sudah terjadi 1.545 bencana di Indonesia sejak 1 Januari hingga 28 Juni 2020. Akibat bencana tersebut, puluhan ribu hingga ratusan ribu unit hancur. Mulai dari risiko kerusakan ringan hingga terberat tentu saja membuat pemilik rumah rugi.

Melihat begitu tingginya intensitas bencana yang cukup tinggi di Indonesia, kamu patut mempertimbangkan untuk mendaftarkan aset propertimu di perusahaan asuransi properti.

Sebelum kamu mulai mencari tahu perusahaan asuransi properti, ada baiknya kamu mengetahui beberapa hal dasar seperti jenis asuransi yang tersedia untuk rumah. Berdasarkan situs resmi Otoritas Jasa Keuangan (OJK), secara umum jenis asuransi rumah terbagi menjadi dua jenis.

1. Asuransi Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI)

Asuransi ini merupakan polis asuransi standar yang memberikan jaminan ganti rugi atas risiko kebakaran, sambaran petir, ledakan, kejatuhan pesawat, dan asap.

2. Asuransi rumah all risk

Sama seperti Asuransi PSAKI yang memberikan jaminan ganti rugi atas risiko terjadinya kebakaran, sambaran petir, ledakan, tertimpa pesawat, dan asap. Akan tetapi, Asuransi Rumah All Risk ini bersifat unnamed perils, yaitu memberikan jaminan akan seluruh jenis kerusakan. Termasuk jika terjadi bencana alam angin topan, badai, banjir, tanah longsor, dan gempa bumi.

Fungsi dan manfaat asuransi rumah

perjanjian sewa rumah

Singkatnya, betapa pentingnya asuransi rumah hingga kamu harus benar-benar mempertimbangkan untuk segera mendaftarkan rumah kesayanganmu ke perusahaan asuransi. Sebagai bahan pertimbangan agar kamu lebih matang dalam mendaftarkan polis asuransi rumah untuk rumah kesayangan, Lifepal akan merinci kembali fungsi dan manfaat dari asuransi properti (rumah).

1. Urgensi dan manfaat asuransi

Dengan memiliki polis asuransi rumah, itu merupakan suatu tindakan preventif untuk mengalihkan risiko dan kerugian finansial akibat kerusakan pada yang lebih ahli, yaitu perusahaan asuransi properti. Setelah mengetahui bahwa aset yang paling berharga sudah memiliki perlindungan khusus, tentu hidup jadi lebih tenang, bukan.

2. Melindungi risiko kehilangan

Manfaat lain dari asuransi rumah adalah penggantian atau perbaikan saat rumah mengalami kerusakan yang diakibatkan dari kebakaran atau bencana alam lainnya. Termasuk juga risiko kehilangan akibat pencurian atau perampokan untuk harta benda yang ada di dalam rumah.

3. Melindungi nilai rumah

Melihat bahwa investasi properti yang menggiurkan, nilai asetnya yang terus bertambah setiap tahunnya, kamu harus lebih aware dengan perlindungan nilai rumah di masa depan. Bisa saja sewaktu-waktu terjadi bencana, perusahaan asuransi akan melakukan penggantian atas dampak bencana tersebut. Akhirnya, satu aset investasi yang berharga terlindungi!

4. Memberikan tempat sementara

Fyi, beberapa perusahaan asuransi memberikan tempat tinggal sementara bagi nasabah saat rumahnya dalam masa renovasi, lho. Fasilitas akomodasi ini tentu saja mengurangi biaya tempat tinggal sementara dan kekhawatiran akan tinggal di mana saat rumah sedang direnovasi. Keuangan? Jadi tetap aman dan terjaga, dong.

Nah itulah keuntungan investasi properti yang bisa kamu dapatkan sekaligus proteksi dari asuransi rumah untuk melindungi keuanganmu. Jadi tunggu apa lagi, yuk kita mulai investasi sekarang juga sebelum harganya segera naik.