Cara Investasi Saham Online dan Pilihan Aplikasinya

investasi saham

Investasi saham semakin populer, terlebih dalam satu tahun terakhir. Anak-anak muda jaman now yang melek finansial pun menambah portofolio mereka dengan investasi saham, baik yang konvensional atau investasi saham syariah.

Sepanjang 2020, Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat ada kenaikan jumlah investor, termasuk investasi reksadana saham, sebesar 56 persen menjadi 3,87 juta single investor identification (SID). Angka ini bahkan naik 4 kali lipat dibanding jumlah investor pada 2016, yakni 894 ribu pemegang SID. 

Khusus untuk investor saham pun mengalami peningkatan pesat, yakni naik 53 persen menjadi 1,68 juta SID. Cukup banyak bukan? Dengan semakin banyaknya investor yang bermain di pasar modal tentu menjadikan investasi di instrumen ini semakin menjanjikan. Investasinya pun menjadi semakin likuid.

Tertarik untuk investasi saham? Sebelum melangkah lebih jauh ke investasinya, yuk simak ulasan dari pengertian, cara, investasi online, hingga pilihan aplikasi trading saham terbaik!

Apa itu investasi saham?

Saham adalah bukti kepemilikan suatu perusahaan yang merupakan klaim atas penghasilan dan kekayaan perseroan. Perusahaan yang sahamnya dapat dibeli di bursa efek Indonesia disebut perusahaan tercatat. 

Saham sendiri merupakan salah satu produk pasar modal yang menjadi salah satu instrumen investasi jangka panjang. Maka tak heran, orang sering bilang kalau investasi saham jangka panjang sifatnya. Pembelian saham dilakukan dalam satuannya, lot. Satu lot saham sama dengan 100 lembar saham. 

Apa itu pasar modal dan Bursa Efek Indonesia?

Investasi saham identik dengan pasar modal. Pasar modal sendiri adalah suatu ekosistem yang mempertemukan pihak yang membutuhkan dana jangka panjang dan pihak yang butuh sarana investasi produk keuangan, seperti saham, obligasi, reksa dana, dan lainnya. 

Sedangkan bursa efek Indonesia (BEI) adalah tempat atau wadah bagi para pelaku saham untuk memperdagangkan atau mentransaksikan setiap saham atau efek yang mereka miliki. 

Ibarat kata nih, BEI itu semacam mal atau toko serba ada yang menyediakan tempat kepada para pihak untuk transaksi saham. 

Cara investasi saham online

Investasi saham sekarang pun lebih mudah. Kalau dulu jual beli saham harus dilakukan secara manual, dengan telepon atau datang langsung ke broker saham, kini semuanya sudah serba-online. 

Transaksi saham bisa dilakukan lewat aplikasi perusahaan sekuritas yang diunduh di ponsel cerdas. Tanpa harus keluar rumah, investasi bisa dilakukan dalam satu genggaman saja. Simpel, gak ribet!

1. Cara beli saham

Ada empat langkah pokok yang perlu kamu ikuti yaitu:

1. Pilih broker alias sekuritas yang tepat

Broker adalah pialang saham yang bertugas jadi perantara dalam transaksi kamu sebagai investasi, dengan pasar modal. Dalam praktiknya, peran broker ini dijalankan oleh perusahaan sekuritas.

Jadi kamu perlu memilih perusahaan sekuritas mana yang cocok dengan kebutuhan kamu. Karena aktivitas transaksinya akan dilakukan melalui aplikasi ponsel, maka pilihkan aplikasi saham terbaik yang dikeluarkan oleh masing-masing sekuritas. 

Beberapa contoh perusahaan sekuritas yang bisa jadi pilihanmu adalah: Mandiri Sekuritas, Indopremier Sekuritas, Mirae Asset Sekuritas, BNI Sekuritas, Ajaib Sekuritas, BCA Sekuritas, dan masih banyak lain. 

Cara Investasi Saham Online dan Pilihan Aplikasinya
Cara Investasi Saham Online dan Pilihan Aplikasinya

2. Buka rekening saham

Setelah memilih broker mana yang cocok, maka selanjutnya kamu perlu membuka rekening saham. Rekening saham diperlukan untuk melakukan transaksi saham. 

Broker atau perusahaan sekuritas biasanya menyediakan opsi untuk membukakan rekening secara online. Jadi rekening ini yang akan jadi rekening transaksi saham kamu. 

3. Setor sejumlah uang sebagai modal awal

Kalau rekening saham sudah ada, maka selanjutnya kamu bisa mentransfer sejumlah dana sebagai modal awal investasi saham. Sejumlah dana bisa kamu transfer ke rekening yang sudah disiapkan sebelumnya. 

Soal jumlah, terserah kamu sebagai investasi. Tapi setiap perusahaan sekuritas mensyaratkan setoran awal yang beda-beda. Ada yang Rp 100.000 atau bahkan Rp 10 juta. Tapi seiring dengan tumbuhnya minat generasi muda yang ingin tahu cara bermain saham, maka kebanyakan sekuritas hanya mensyaratkan modal awal Rp 100.000. Terjangkau bukan?

4. Beli saham online

Ini nih tahap paling penting, yakni transaksi jual-beli saham secara online. Kamu bisa memilih saham emiten apa yang akan kamu beli. Masih bingung? Kamu perlu melakukan analisis fundamental dan teknikal agar saham pilihanmu benar-benar mendatangkan cuan. 

Contoh beli saham online lewat aplikasi:

  • Kamu akan membeli saham Bank BCA dengan kode emiten BBCA. Kamu bisa buka aplikasi kamu dan cari kode tersebut.
  • Lakukan order. Kamu perlu memasang harga pembelian. Di aplikasi akan terlihat harga penawaran (bid) dan harga penjualan (offer). 

Sebagai informasi bid adalah harga yang diajukan oleh investor saham ketika hendak membeli saham tertentu. Investor bisa mengajukan harga beli, bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari harga saat itu. 

Sedangkan offer atau ask adalah kebalikan dari bid. Offer adalah harga yang diajukan oleh investor ketika hendak menjual saham miliknya. Harga yang dipasang bisa lebih tinggi atau lebih rendah dari harga saham saat itu.

Investasi saham juga bisa lewat asuransi unit link. Secara sederhana, produk ini memberikan dua manfaat utama yaitu santunan meninggal dunia dan hasil investasi.

2. Cara investasi saham online syariah

Investasi saham bisa juga dilakukan secara syariah. Tentunya, dengan tetap mematuhi pakem-pakem yang diajarkan agama Islam. Jumlah saham yang dikategorikan sebagai saham syariah juga terus bertambah setiap tahunnya. 

Bagi yang masih bingung, perbedaan mendasar antara saham konvensional dan saham syariah terletak pada operasional emitennya. Saham syariah adalah saham yang prinsip pengelolaannya tidak bertentangan dengan kaidah agama Islam. 

Saham syariah, dimiliki oleh perusahaan yang tidak melakukan kegiatan usaha yang terbilang haram, seperti perjudian, perdagangan yang tidak disertai dengan penyerahan barang/jasa, menerapkan bunga seperti perbankan konvensional, produksi barang/jasa yang haram zatnya, dan praktik lainnya. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan yaitu:

1. Gunakan SOTS

SOTS adalah Sharia Online Trading System. SOTS merupakan sistem perdagangan saham secara online yang memenuhi kaidah syariah. 

Cara Investasi Saham Online dan Pilihan Aplikasinya
Cara Investasi Saham Online dan Pilihan Aplikasinya

Belum semua broker sudah memiliki SOTS. Saat ini SOTS baru dimiliki oleh sekitar 18 broker saham yang tersertifikasi Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. 

Dengan SOTS, maka otomatis investor hanya bisa melakukan jual beli terhadap saham-saham syariah. Namun transaksi dengan SOTS ada sejumlah keterbatasan, di antaranya, transaksi beli hanya dapat dilakukan secara tunai sehingga tidak boleh ada transaksi margin alias margin trading.

Tak hanya itu, investor juga tidak bisa melakukan transaksi jual saham yang belum dimiliki alias short selling. Laporan kepemilikan saham syariah juga dipisah dengan kepemilikan uang sehingga saham syariah yang dimiliki tidak dihitung sebagai modal. 

2. Mengacu daftar efek syariah (DES)

Ternyata ada buku mengenai saham syariah yang mengacu pada daftar efek syariah. Buat investor yang sudah memiliki rekening saham konvensional, maka investasi di efek syariah ini bisa dilakukan dengan memilih saham-saham yang masuk dalam DES. DES biasanya dibuat secara berkala di akhir Mei atau November setiap tahun. 

Berdasarkan DES yang diterbitkan OJK pada November 2019, ada 423 saham syariah yang diperdagangkan di bursa. Jadi sesuai namanya, saham-saham yang masuk dalam DES dipastikan sudah sesuai dengan kaidah Islam. 

Di dalam DES, investor nggak akan menemukan nama-nama emiten seperti bank yang berbasis bunga, perusahaan rokok, atau perusahaan minuman beralkohol. 

3. Cara Investasi saham jangka panjang

Investasi saham bisa dilakukan secara jangka pendek, dengan sistem trading, atau jangka panjang. Investasi jangka pendek butuh kejelian dan analisis teknikal yang mendalam. Prinsip sederhananya sih, beli di harga rendah dan jual di harga tinggi. Tapi tetap diperlukan perhitungan untuk mendapat profit yang maksimal. 

Tapi buat kamu yang pemula dalam investasi, maka investasi jangka panjang alias menabung saham bisa dijadikan referensi. Jika investasi jangka pendek cukup fluktuatif keuntungannya, maka investasi jangka panjang relatif lebih berpotensi selalu naik harganya. 

Cara berinvestasi saham jangka panjang, sama seperti yang sudah dijelaskan di atas. Tahapannya:

  • Siapkan dokumen pribadi, seperti KTP, NPWP (jika ada), dan buku tabungan
  • Isi formulir perusahaan sekuritas
  • Setorkan dana awal ke rekening dana investor. Ingat, masing2 sekuritas memiliki syarat dana deposit yang berbeda-beda. 
  • Beli saham online.

Temukan pilihan perlindungan finansial dari asuransi mobil supaya kamu tidak perlu lagi khawatir dengan mahalnya biaya perawatan dan perbaikan kerusakan mobil di bengkel. Dapatkan rekomendasi asuransi mobil terbaik di Jakarta dan dapatkan promo preminya sekarang juga.

Keuntungan investasi saham dan risikonya

Investasi saham nggak melulu menawarkan untung. Ada juga risiko kerugian yang perlu dipahami dan disadar. Hal ini penting karena pada dasarnya berisiko yang cukup tinggi. 

Investasi ini juga biasanya dilakukan oleh investor yang memiliki profil agresif. Berani mengambil risiko tinggi, maka siap juga menerima untung yang besar atau malah rugi bandar. 

Nah apa saja keuntungan investasi saham dan risikonya?

Keuntungan Saham Risiko Saham
Mendapat capital gain, alias keuntungan dari kenaikan harga Capital loss, alias kerugian dari penurunan harga saham
Mendapat dividen, alias pembagian keuntungan perusahaan Risiko likuidasi, jika perusahaan bangkrut

Keuntungan dan risiko investasi harus kamu sesuaikan dengan profil risiko investasimu. Jika pengin tahu, coba isi Kuis Profil Risiko Investasi dari Lifepal berikut:

Perbedaan investasi saham dan reksa dana saham 

Investasi secara mandiri dan reksa dana sama-sama dilakukan di pasar modal. Tapi ternyata ada perbedaan antara investasi saham dan reksa dana saham. Apa saja?

Perbedaan Investasi saham Reksa dana saham
Pengelolaan portofolio Dilakukan secara mandiri. Artinya investor punya tanggung jawab penuh terhadap pengelolaan portofolionya, mulai dari pemilihan, waktu membeli, dan waktu menjual.  Pengelolaan portofolio dilakukan oleh manajer investasi dengan menggunakan bantuan tim analis yang berpengalaman.
Risiko investasi Risiko lebih besar karena ada keterbatasan waktu, wawasan, dan kemampuan pribadi terhadap pasar modal.  Adanya manajer investasi yang memiliki analisis yang mendalam bisa mengurangi risiko investasi.
Skala pembelian Pembelian suatu saham harus dilakukan minimal 1 lot atau 100 lembar.  Modal awal bisa dilakukan dengan nominal Rp 50 ribu saja karena manajer investasi akan mengumpulkan uang dari berbagai investor untuk digabung, sehingga bisa dipakai untuk beli saham bersama-sama.
Pajak Dikenakan pajak sekitar 0,1 persen dari nilai penjualan saham. Jika dapat dividen, investor tetap dikenakan pajak final sebesar 10 persen. Nasabah cukup melaporkan keuntungan yang didapat dari reksa dana dalam SPT tahunan. 

Pilihan aplikasi saham terbaik

Investasi saham bisa dilakukan secara online. Caranya dengan menggunakan aplikasi saham yang disediakan oleh berbagai perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas ini bertindak sebagai broker alias pialang atau perantara dan transaksi saham. 

Aplikasi saham yang dipakai untuk investasi, tentunya harus seizin Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Apa saja aplikasi saham terbaik untuk pemula tahun 2021 ini?

1. IPOT

IPOT adalah singkatan dari Indo Premier Online Technology. Sampai hari ini, IPOT menjadi aplikasi saham paling populer di Indonesia. Aplikasi ini disediakan oleh PT Indo Premier Sekuritas bagi investor yang ingin melakukan investasi saham, reksa dana, dan ETF. 

2. MOST Mandiri

MOST disediakan oleh Mandiri Sekuritas, salah satu broker besar yang berafiliasi dengan Bank Mandiri Tbk. MOST cukup populer dengan user interface yang ramah dengan pengguna pemula. 

3. BIONS BNI

BIONS, BNI Sekuritas Innovative Trading System, disediakan oleh BNI Sekuritas, anak usaha PT Bank Negara Indonesia Tbk. Sama-sama diterbitkan oleh Bank BUMN terbesar di Indonesia, BIONS pun menghadirkan tampilan tatap muka yang cukup menyenangkan dan ramah untuk pemula. 

4. Stockbit

Stockbit sebenarnya berawal sebagai sebuah forum trading saham alias social trading. Forum ini menawarkan banyak manfaat bagi investor karena bisa saling tukar pikiran mengenai pergerakan bisnis emiten. 

Namun seiring berjalannya waktu, Stockbit pun berkembang sebagai aplikasi yang menyediakan fitur jual beli saham, bekerja sama dengan Sinarmas Sekuritas. 

5. Mirae HOST

Aplikasi ini dihadirkan oleh Mirae Asset Sekuritas Indonesia, salah satu sekuritas terbesar di Tanah Air. Aplikasi Mirae HOST dihadirkan dalam dua jenis, HOST untuk pengguna PC dan NEO HOST investor pengguna ponsel. 

6. Philips POEMS ID

POEMS adalah kepanjangan dari Phillip’s Online Electronic Mart System, dihadirkan oleh Phillip Securities. 

7. BCAS Best Mobile

Aplikasi yang satu ini dihadirkan oleh BCA Sekuritas. Menyasar investor kekinian, user interface aplikasi BCAS Best Mobile pun cukup mudah dikenali dan gampang dipakai.

Kalau kamu punya pertanyaan terkait produk simpanan dan investasi lainnya sekaligus mendapatkan rekomendasi kepada berbagai produk asuransi yang ada di Indonesia, konsultasikan saja di Tanya Lifepal!

Pertanyaan seputar investasi saham online

Apa itu investasi saham?

Investasi saham dilakukan dengan memiliki bukti kepemilikan suatu perusahaan yang ditransaksikan di pasar modal. Saham sebuah perusahaan bisa kita jual belikan dengan tujuan mendapat keuntungan. Investasi saham bisa dilakukan melalui trading untuk jangka pendek atau jangka panjang dengan menabung saham.

Asuransi apa yang menanggung biaya perbaikan kendaraan?

Untuk menanggung biaya servis dan perbaikan mobil, kamu bisa memanfaatkan asuransi mobil.
Asuransi mobil akan menjaminmu dari mahalnya biaya perbaikan dan servis mobil sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak. Sama manfaatnya dengan asuransi motor yang bisa menanggung biaya perawatan dan perbaikan motor.