Investasi Sneakers Bisa Raih Cuan Gede Lho, Begini Perhitungannya!

dua orang pria dan wanita sedang memegang sneakers

Banyak orang sekarang membeli sneakers untuk investasi dibandingkan berinvestasi saham atau obligasi. Mereka mencari keuntungan dari investasi sneakers dengan menjualnya kembali. 

Berdasarkan data dari Financial Times, di Amerika Serikat investasi pada sepatu sneakers menembus $ 2 miliar pada tahun 2020, dan diproyeksikan mencapai $ 6 miliar pada tahun 2025.

Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata, tren ini juga mewabah di Tanah Air. Meski mungkin belum ada data resmi berapa valuasi pasar sneakers di sini. 

Penyebabnya, selain jumlah toko online yang meningkat dan jasa titip (jastip) untuk jual atau beli sneakers keluaran luar negeri, saat ini juga sneakers lokal jadi sarana investasi karena turut menjadi buruan.

Lantas, apakah para pemburu sneakers termasuk berinvestasi seperti halnya saham atau reksa dana dan obligasi? 

“Kalau dibandingkan dengan saham, mungkin ini lebih mirip trading daripada investasi, yang harus pandai melihat tren/momentum untuk beli/jual dan menentukan ‘hot items’ yang akan laris di pasar,” jelas Perencana Keuangan Metta Anggreani CFP.

Dengan kondisi itu, sambungnya, tentu saja rumusan investasi tetap berlaku. Di mana pada investasi jenis inipun tetap mengusung high risk, high return

“Untuk ini perlu keahlian tersendiri dan effort yang luar biasa untuk mendapatkan sneakers incaran dan memasarkannya secara aman. Rumusan investasi yang sama tetap berlaku yaitu high risk, high return,” imbuh dia.

Syarat sneakers bisa jadi investasi

seorang pria sedang memilih membeli sneakers yang mana

Banyak pencinta kets menjadikan alas kaki satu ini sebagai instrumen investasi. Pasalnya, harga jual kembali sneakers dapat melesat tinggi.

Meski begitu, tidak semua sneakers dapat dijadikan investasi. Sneakers yang dimaksud harus memiliki sejarah tersendiri sehingga bernilai tinggi.

“Sneaker yang bisa dijadikan investasi biasanya sneakers limited release, jadi jumlah yang diproduksi hanya seberapa saja. Semakin langka, semakin tinggi nilai jualnya. Selain itu, tentunya sneakers yang memiliki sejarah-sejarah sendiri, seperti Air Jordan,” kata Danny, salah seorang kolektor yang juga reseller sneakers.

Bicara soal investasi, Danny menyebut ada beberapa hal yang harus dipenuhi untuk mendapat keuntungan dari memperjualbelikan sneakers.Tak hanya dilihat dari desain, sepatu yang tersedia dengan jumlah terbatas dan banyak diminati.

Tak butuh waktu yang lama, sneakers bisa bernilai tinggi hanya dalam hitungan bulan. Jika saat itu kets tersebut punya permintaan yang lebih banyak dari ketersediaan stok, harga bisa melonjak 500 hingga 600 persen.

“Nilai jual sneaker biasa naik immediately saat habis ludes. Tergantung demand and supply juga,” papar dia. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Danny mengaku, kecintaan terhadap sneakers didorong karakternya yang simple dan lebih kekinian. Karena itu, dia tak segan melengkapi koleksi sneakers hingga ke luar negeri.

“Aku biasa ke Singapura atau Jepang kalau memang (sneakers-nya) rare banget. Tapi bisa juga beli lewat nike.com atau kalau di Jakarta ada toko-toko seperti Hoops Point, Hoops Indonesia, Invincible, Seek, dari situ bisa dapat harga retail,” ungkapnya.

Raih cuan besar 

sepasang sneakers Air Jordan 1 Spiderman

Pada pertengahan tahun 2019, akun instagram @investsneaker telah mendata sembilan tipe sneakers yang mengalami kenaikan harga paling tinggi. Sneakers dengan merek Nike, Adidas, dan New Balance ini rata-rata mencatat kenaikan harga di atas 200%.

Berdasarkan data dari investsneaker, kenaikan harga tertinggi dialami Nike dengan tipe Air Jordan 5 yang berkolaborasi dengan The Trophy Room. 

Harga pasaran awal dari sneakers ini adalah US$ 200. Namun, kenaikan harganya saat ini telah mencapai 2.506% dengan harga reseller US$ 5.213.

Pengalaman tersebut seperti yang dialami Danny. Saat itu, pada tahun 2018, dia membeli sepasang sneakers Air Jordan 1 Spiderman dengan harga Rp 2.389.000. Namun, di tahun sama harganya meroket jadi Rp 10 juta!

Pasalnya, saat itu sneakers tersebut merupakan edisi khusus saat film animasi Spiderman keluar tahun 2018 lalu.

Dari pengalaman di atas, bagaimana Danny menyisihkan pendapatannya yang Rp 20 juta untuk membeli sneakers dialokasikan ke investasi? Yuk, kita hitung-hitungan di sini!

Perhitungan
Gaji Rp 20.000.000
Biaya hidup bulanan untuk single Rp 10.000.000
Tabungan 20% Rp   4.000.000
Membeli sneakers untuk investasi @Rp 2,389 juta x 2 Rp    4.778.000
Sisa dialokasikan untuk tabungan dana darurat Rp     1.222.000

Berinvestasi sneakers

Jual 1 sneakers @Rp 2.389.000 Rp 10.000.000
Dapat cuan Rp     7.611.000

Dengan perhitungan di atas, maka Danny bisa meraih keuntungan lebih dari 30 persen gajinya. Tapi, angka ini bisa berubah sesuai dengan harga sneakers yang dibeli dan terjual. 

Kerugian instrumen investasi ini

sebuah sneakers nike jordan

Investasi sneakers memang memberi keuntungan lebih menggiurkan dibandingkan logam mulia (LM) yang rata-rata hanya mengalami kenaikan 30% per tahun. Sementara itu, harga sneakers bisa melonjak tiga hingga empat kali lipat dalam hitungan bulan saja.

Meski begitu, sneakers yang punya nilai jual kembali yang tinggi, juga punya risiko seperti halnya produk investasi lain. 

Risiko-risiko ini yang harus diperhatikan sebelum investasi sneakers. Pasalnya, bila selera pasar berubah, bisa saja sneakers mengalami fluktuasi harga yang tinggi atau bisa jadi harga jualnya tidak sesuai dengan ekspektasi investor. 

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi

Tidak seperti emas atau saham yang punya acuan harga pasar yang jelas, harga acuan sneakers tidak jelas alias belum terbentuk kuat. Itu membuatnya bisa melonjak tinggi dengan cepat dan kebalikannya. 

Tips merawat sneakers

Nah, buat kamu yang ingin investasi sneakers, perlu merawatnya dengan baik. Simpan sepatu di ruangan tinggi sirkulasi agar tidak lembap dan tidak mudah teroksidasi. Biasanya sepatu akan menguning akibat teroksidasi. Selain itu, jika disimpan di dalam lemari, berikan antilembap.

Lalu, jika kamu berniat menyimpannya di dalam kotak atau kardus, usahakan ditaruh di ruangan sirkulasi tinggi. Hindari ruangan tertutup karena kardus merupakan bahan yang sangat mudah lembap.

Itulah fakta menarik mengenai investasi sneakers yang bisa meraih banyak cuan. Meski menjanjikan keuntungan menggiurkan, tetap kenali risiko produk ini sebelum menjadikannya sebagai investasi!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →