Ipot Fund: Mengelola Investasi Reksadana secara Online

reksadana ipot fund

Ipot Fund adalah marketplace yang menyediakan produk investasi, terutama reksadana. Ipot Fund atau penulisan yang sebenarnya IPOTFUND ini adalah situs web investasi dari Indo Premier.

Sebelum mencari tahu tentang reksadana di Ipot Fund dan cara membelinya, kita harus paham dulu apa itu reksadana. Reksadana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat (investor). Dana ini nantinya akan diinvestasikan oleh seorang manajer investasi ke dalam beberapa instrumen lainnya, seperti saham, obligasi, atau deposito.

Ipot Fund juga menampilkan daftar manajer investasi yang akan mewakili investor untuk bertransaksi dalam instrumen investasi sesuai dana dan keinginan investor sendiri.

Jenis Reksadana yang Tersedia di Ipot Fund

jenis reksadana

Saat ini terdapat 243 produk reksadana konvensional, syariah, dan jenis reksadana lainnya di Ipot Fund. Perlu diketahui, reksadana syariah berbeda dari reksadana konvensional, ya.

Dalam reksadana syariah, tidak ada unsur riba dalam sistem pencarian keuntungannya sesuai syariah Islam sebagaimana sistem investasi ini menawarkan sistem bagi hasil. 

Berikut deretan reksadana yang tersedia di Ipot Fund.

1. Reksadana berdasarkan tujuan investasi

Reksadana berdasarkan tujuan investasi memiliki karakteristik produk yang disesuaikan dengan tujuan investasi dan risikonya. Di dalam kategori reksadana ini terdapat empat jenis lagi.

1. Reksadana saham

Reksadana yang menempatkan minimal 80 persen uang investasi pada instrumen saham. Reksadana ini cocok untuk investasi jangka panjang minimal lima tahun.

2. Reksadana pendapatan tetap atau obligasi

Reksadana ini fokus pada pembelian surat utang (obligasi) dan cocok untuk investasi jangka pendek antara 1-3 tahun. Tenor investasi ini sesuai dengan jatuh tempo obligasi yang biasanya tidak terlalu lama.

3. Reksadana campuran

Reksadana ini menempatkan maksimal 79 persen uang investasi pada saham dan sisanya obligasi dan deposito. Reksadana campuran cocok untuk investasi jangka menengah antara 3-5 tahun.

4. Reksadana pasar uang

Reksadana yang 100 persen penempatannya pada instrumen jangka pendek, seperti obligasi dan deposito perbankan. Reksadana ini cocok untuk investasi jangka sangat pendek, yaitu kurang dari setahun.

2. Reksadana konvensional

Reksadana konvensional adalah reksadana yang bisa diinvestasikan ke semua jenis efek keuangan yang meliputi saham, obligasi, dan deposito. Namun, tetap ada batasan dan aturan tertentu sebagaimana telah ditetapkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) selaku pengawas dan regulator industri jasa keuangan di Tanah Air.

Berikut jenis-jenis reksadana konvensional lainnya.

1. Reksadana terstruktur (structured fund)

Reksadana yang dikembangkan dari reksadana konvensional ini terbagi dalam tiga kategori, yaitu:

Asuransi & Investasi
Asuransi & Investasi
  • Reksadana indeks (index fund), yaitu reksadana yang portofolio investasinya mengacu pada indeks tertentu.
  • Reksadana terproteksi (capital protected fund), yaitu reksadana yang memproteksi nilai investasi awal investasi investornya.
  • Reksadana dengan penjaminan (capital guaranteed fund), yaitu reksadana yang menggaransi nilai investasi awal investor dengan cara perjanjian antara manajer investasi dan guarantor (perusahaan asuransi).

2. Reksadana ETF

Reksadana exchange traded fund (ETF) adalah pengembangan baru dari reksadana konvensional. Pada ETF, unit penyertaannya dapat diperdagangkan di bursa. Jika ditelusuri lebih lanjut, ETF merupakan pengembangan dari reksadana indeks.

Namun, ada perbedaan antara dua reksadana ini, yaitu ETF bisa dibeli di pasar sekunder alias langsung kepada pialang (broker) atau manajer investasi. Sementara, reksadana indeks dan konvensional lain hanya bisa dibeli langsung di manajer investasi.

3. Reksadana yang mendukung sektor riil

Jenis reksadana ini memungkinkan pembiayaan bagi sektor riil. Sektor riil dikaitkan dengan kegiatan perdagangan barang dan jasa masyarakat secara langsung. Sektor riil ini yang akan dijadikan acuan pemerintah dalam menentukan pertumbuhan ekonomi masyarakat di suatu wilayah tertentu.

Salah satu wujudnya adalah reksadana penyertaan terbatas (RDPT), yaitu reksadana yang menghimpun dana dari pemodal profesional dan selanjutnya diinvestasikan pada portofolio efek.

Portofolio pada efek ini tidak terbatas pada instrumen pasar modal, namun juga bisa pembiayaan pada sektor riil. Pemodal profesional yang dimaksud di sini adalah investor yang memiliki kemampuan menganalisis risiko reksadana dan memiliki minimum modal Rp5 miliar. Selain itu, disebut terbatas karena paling banyak investor yang terlibat tidak lebih dari 49 orang. 

3. Reksadana syariah

Reksadana syariah yang dimaksud adalah reksadana yang dikelola sesuai prinsip syariah dalam Islam. Contoh penerapan prinsip syariah dalam pengelolaan reksadana antara lain:

  • Berinvestasi pada saham dan obligasi yang masuk dalam Daftar Efek Syariah (DES).
  • Ada prinsip cleansing, yaitu kegiatan menyumbangkan porsi pendapatan yang tidak memenuhi ketentuan syariah (apabila ada) untuk kegiatan amal.
  • Terdapat Dewan Pengawas Syariah.

Cara Membeli Reksadana di Ipot Fund

Cara beli Reksadana

Sebagai marketplace reksadana yang mengandalkan jaringan internet, Ipot Fund menjadi salah satu wadah investasi reksadana online. Keunggulan pembelian ataupun penjualan reksadana secara online inilah yang banyak menjadi pilihan investor.

Dengan cara online, nasabah tidak perlu mendatangi kantor cabang. Bahkan, marketplace ini menyediakan fasilitas pick-up dokumen dan pendaftaran via telepon.

Sementara itu, investor yang menjual reksadana juga tidak ribet karena hasil penjualan ditransfer ke rekening mana saja sesuai keinginan nasabah. Berikut langkah-langkah membeli reksadana di IPOTFUND.

1. Membuka rekening

Membuka rekening bisa lewat situs web resmi Indopremier.com. Indopremier adalah broker yang memiliki IPOTFUND. Caranya dengan klik Open An Account, lalu pilih umum (berarti reksadana konvensional) atau syariah. 

Selain via online, kita juga bisa memilih via telepon untuk mengisi formulir. Setelah itu, isi sejumlah data termasuk Nomor Pokok Wajib pajak (NPWP).

2. Masuk IPOTFUND

Setelah pembukaan rekening selesai, investor mendapat User ID dan Password untuk login dengan data tersebut. Setelah itu, klik Our Products yang menampilkan semua layanan yang dimiliki Indo Premier.

Pilih Reksa Dana, lalu klik List Reksa Dana dan kita sudah bisa mulai membeli. Namun sebelumnya, kita harus memasukkan dana sebelum bisa bertransaksi.

3. Menyetor dana

Ketika ingin melakukan pembelian, transfer dana ke rekening atas nama sendiri di IPOTFUND. Rekening ini disebut Rekening Dana Investasi (RDI) yang dibuka bersamaan saat pendaftaran.

RDI ini hanya bisa didapatkan lewat Bank BCA dan menjadi milik nasabah. Setelah mentransfer dana, kita bisa cek untuk melihat saldo dan mutasi RDI lewat internet banking KlikBCA.

4. Pesan reksadana

Setelah menempatkan dana di RDI, nasabah siap melakukan investasi. Pertama pilih reksadana  dalam daftar. Reksadana bisa kita saring berdasarkan jenis yang ingin dibeli untuk memudahkan pemilihan.

Setelah memilih, kita hanya perlu klik Beli di ujung kanan. Setelah itu akan ada informasi mengenai jumlah investasi dan dana yang tersedia di rekening kita.

5. Pantau pembelian

Setelah pesanan efektif, kepemilikan reksadana menjadi portofolio. Investor sudah bisa memantaunya kapan saja dan di mana saja. Nantinya, portofolio ini menunjukkan sejumlah informasi, yaitu nama reksadana yang dibeli, nilai pembelian, nilai reksadana saat ini, potensi untung-rugi, dll.

6. Menjual reksadana

Untuk menjual atau mencairkan reksadana, investor harus membuka aplikasi dan pilih Jual Reksadana. Setelah itu form penjualan akan muncul dan menampilkan semua reksadana yang dimiliki.

Setelah itu, kita hanya perlu klik reksadana yang mau dijual. Kemudian, dana hasil penjualan bisa ditransfer ke rekening sesuai kemauan nasabah.

Kelebihan dan Kekurangan Ipot Fund

untung rugi reksadana

Setiap pasar swalayan investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan berbeda. Begitupun dengan IPOTFUND. Bagi pemain baru dalam dunia reksadana bisa membandingkan terlebih dahulu marketplace mana yang sesuai.

Serunya, rata-rata pembelian reksadana bisa dimulai hanya dengan Rp100 ribu. Namun, perhatikan biaya-biaya lain yang dikenakan, misalnya jasa manajer investasi. Berikut kelebihan dan kekurangan dari marketplace milik Indo Premier ini.

1. Kelebihan

IPOTFUND menawarkan berbagai kelebihan yang salah satunya menjamin keamanan data investor. Sesuai aturan OJK, data investor hanya akan dibuka jika ada indikasi pencucian uang atau pendanaan terorisme. Berikut kelebihan beli reksadana di IPOTFUND.

  • Memiliki 243 reksadana dari berbagai jenis termasuk syariah dan 92 manajer investasi. Jadi, lebih banyak pilihan.
  • Semua manajer investasi dan IPOTFUND sendiri sudah terdaftar dan memiliki izin dari OJK. So, lebih aman!
  • Terdapat informasi, edukasi mengenai investasi reksadana, serta strategi berinvestasi reksadana secara cuma-cuma alias gratis.
  • Terdapat fitur untuk membandingkan kinerja setiap reksadana.
  • Terdapat fitur untuk menyeleksi reksadana berdasarkan jenis, kategori, dan indikator lain.
  • Fitur Perdagangan Reksa Dana memudahkan investor untuk langsung bertransaksi hanya dengan Rp100 ribu.
  • Bebas biaya untuk pembelian dan penjualan dengan manajer investasi Indo Premier dan beberapa lainnya. Namun, untuk manajer investasi lain mengenakan biaya untuk 1-2 tahun pertama.

2. Kekurangan 

Meski diawasi OJK, ada beberapa kekurangan jika investasi reksadana dilakukan online. Salah satunya tidak ada jaminan modal dan hasil investasi sesuai prospek sebelumnya. Berikut kekurangan lainnya.

  • Risiko likuiditas yang masih lebih minim dalam menjualnya kembali dibandingkan instrumen investasi lain.
  • Risiko inflasi yang terdapat pada sebagian produk investasi, tidak terkecuali reksadana.
  • Risiko efek atau risiko yang terjadi karena permasalahan dengan efek.
  • Risiko manajer investasi yang terjadi kesalahan strategi investasi pada manajer investasi yang telah dipilih.
  • Risiko pencurian data hingga penipuan yang kerap terjadi dalam transaksi internet.

Dengan semua kelebihan dan kekurangannya, membeli reksadana di Ipot Fund tidak ada salahnya. Marketplace ini menjadi salah satu pilihan terbaik, terutama bagi investor pemula. Selamat mencoba, guys!

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →