Ada yang Sampai Rp 560 T! Ini 10 Istana Negara Termahal Sejagat

Istana negara Zhongnanhai

Istana negara yang umumnya mewah wajar jika memiliki harga luar biasa mahal. Pasalnya, Istana negara merupakan kediaman dari kepala negara yang notabene merupakan orang nomor satu di negara tersebut.

Jika kita bicara soal biaya pembangunan atau valuasi harga dari aset properti berupa istana negara, masing-masing negara tentu sangat beragam. Ada yang harganya sedang-sedang saja, ada yang luar biasa mahal.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas istana-istana para petinggi negara yang dinyatakan sebagai istana presiden termahal di dunia, versi Daily Social dan situs Love Property.

Penasaran? Yuk simak ulasannya di bawah sini, dimulai dari yang termurah ya:

10. Gedung Putih – Rp 542 miliar

Gedung Putih (www.whitehouse.gov)
A view of the North Portico of the White House, Wednesday June 14, 2017 in Washington D.C. (Official White House Photo by Joyce N. Boghosian)

Bangunan ini sudah jadi rumah dari para Presiden Amerika Serikat. Sayangnya, George Washington gak pernah merasakan ngantor di sini, mengingat pada saat masa kepresidenannya, Gedung Putih masih digarap.

Gedung Putih yang dibangun pada 1792 silam memiliki eksterior yang terinspirasi bangunan ala Yunani kuno. Mungkin agak-agak mirip kuil dewa, dan penampakan itu bisa kamu saksikan dari bentuk pilar-pilarnya.

Meski penampakan luarnya gak pernah berubah, gaya interior Gedung Putih justru berubah-ubah mengikuti selera sang presiden.

Baca juga:

Mengintip Rumah Jokowi di Istana Bogor yang Terlihat “Sederhana”

9. Istana Elysee – Rp 1,6 triliun

Istana Elysee (scd.france24.com)
Istana Elysee (scd.france24.com)

Setelah Gedung Putih, istana negara termahal selanjutnya adalah Istana Elysee yang ada di Prancis.

Elysee diambil dari nama Elysium, sebuah nama surga dalam kisah mitologi Yunani kuno yang menjadi tempat persinggahan para anak dewa. Bicara soal anak dewa, mereka adalah Hercules cs ya.

Bangunan ini didirikan pada tahun 1722 silam, dan resmi menjadi rumah Presiden Prancis di tahun 1840. Istana ini memang sangat cantik, dan klasik. Di dalamnya banyak koleksi karya seni yang sangat artistik.

Baca juga:

Telan Biaya Rp 6,5 M, Ini Istana yang Jadi Tempat Resepsi Pernikahan Nick Jonas

8. Istana Moncloa – Rp 2 triliun

Istana Moncloa (letstalkmadrid.com)
Istana Moncloa (letstalkmadrid.com)

Palacio de la Moncloa sudah jadi rumah dari Perdana Menteri Spanyol di tahun 1977, lebih tepatnya usai kematian Francisco Franco yang memimpin negeri matador ini dengan tangan besi.

Di tahun 1977, Pemerintah Spanyol melakukan renovasi besar-besaran. Alhasil, dibangunlah lapangan tenis, dan berbagai fasilitas lainnya.

Bangunan ini didominasi warna putih, dan merah di bagian luarnya.

7. Rashtrapati Bhavan – Rp 7,5 triliun

Rashtrapati Bhavan (wikimedia.org)
Rashtrapati Bhavan (wikimedia.org)

Istana negara India ini terdiri dari empat lantai dan memiliki 340 ruangan. Istana ini dibangun pada masa pendudukan Inggris di Negeri Bollywood.

Seorang arsitek bernama Edwin Luthyen mengombinasikan gaya arsitektur India dan Inggris. Dan di tahun 1929, pembangunan istana ini rampung total. Taman yang mengelilingi istana ini juga terlihat sangat cantik.

6. Istana AK Saray – Rp 9,4 triliun

Istana AK Saray (i.sozcu.com.tr)
Istana AK Saray (i.sozcu.com.tr)

Istana bernama Ak Saray yang merupakan Istana Negara Turki, dinobatkan sebagai salah satu istana presiden terbesar di dunia. Pembangunan istana itu dinilai kontroversial.

Pasalnya, proyek itu jelas menghabiskan banyak uang, sementara rakyat Turki masih banyak yang miskin. Belum lagi, istana itu dibangun di Hutan Lindung Attaturk yang luas wilayahnya mencapai 300 ribu meter persegi.

Ak Saray punya 1.100 kamar, 250 di antaranya dipakai oleh keluarga Presiden. Yang bikin merinding nih, total harga karpet di sana mencapai 7 juta poundsterling atau setara Rp 130 miliar.

Sementara biaya pembuatan pintunya mencapai 5 juta poundsterling atau Rp 92 miliar, serta wallpaper 2.000 poundsterling (Rp 37 juta) per gulung.

5. Istana Kantei – Rp 10 triliun

Istana Kantei (www.ft.com)
Istana Kantei (www.ft.com)

Istana yang letaknya di pusat Kota Tokyo ini merupakan rumah Perdana Menteri Jepang. Bangunannya terbuat dari batu, dan memiliki unsur bambu.

Dengan jumlah lantai ada lima, mereka juga punya satu basement atau ruang bawah tanah.

Kantei dibangun pada 1999 silam, dan sudah resmi digunakan sejak 2002. Desainnya benar-benar mengadopsi bangunan-bangunan ala Negeri Sakura yang benar-benar cantik.

4. Istana Quirinal – Rp 17 triliun

Istana Quirinal (wikimedia.org)
Istana Quirinal (wikimedia.org)

Istana negara yang dibangun pada 1583 ini sekarang digunakan sebagai tempat tinggal Presiden Italia sejak tahun 1947. Tapi, berdasarkan sejarah, istana ini pernah menjadi tempat tinggal para paus hingga raja.

Nama Quirinal diambil dari Quirinus, Dewa Perang Romawi yang bersenjatakan tombak. Istana Quirinal memiliki arsitektur bangunan layaknya di Vatikan. Unsur Romawi kunonya sangatlah kental.

3. Kremlin – Rp 18 triliun

Kremlin (www.tripsavvy.com)
Kremlin (www.tripsavvy.com)

Di pusat Kota Moskow, berdirilah sebuah istana negara sekaligus benteng megah yang bernama Kremlin yang memiliki 20 menara. Yang paling terkenal ialah, Menara Spasskaya (tingginya 67,3 m) dengan jam bergaris tengah 6 m.

Di Kremlin, ada peninggalan lama seperti tempat pemakaman tsar-tsar Rusia. Wajar saja, dulu bangunan seluas 27 hektare ini merupakan istana yang dihuni oleh Tsar Rusia.

Sebelum akhirnya diduduki oleh Pemerintahan Uni Soviet, dan menjadi tempat tinggal Presiden Rusia.

Kremlin artinya adalah “benteng di dalam kota”. Di dalamnya juga terdapat sebuah museum yang ramai dikunjungi wisatawan.

2. Cheong Wa Dae – Rp 19 triliun

Cheong Wa Dae (Wikimedia.org)
Cheong Wa Dae (Wikimedia.org)

Tang kedua termahal ternyata adalah istana negara Korea Selatan atau yang kerap disebut sebagai Rumah Biru.

Bangunan ini punya arsitektur klasik yang tampak layaknya bangunan tradisional ala Negeri Ginseng. Terdapat pohon pinus yang usianya lebih dari 300 tahun, yang menyimbolkan sebuah suksesi kepemimpinan di Korea Selatan.

Satu hal yang bikin Cheong Wa Dae makin indah adalah pemandangannya. Di belakang istana negara ini, terlihat pemandangan Gunung Bugaksan.

1. Zhongnanhai – Rp 560 triliun

Zhongnanhai
Zhongnanhai

Dan istana negara termahal ternyata adalah istana yang berada di balik Tembok Raksasa Cina. Saat ini, Istana Zhongnanhai juga menjadi rumah dari Presiden Cina Xi Jinping.

Terletak di sebelah barang Forbidden City, istana megah yang satu ini gak terbuka untuk umum. Gak semua orang bisa masuk ke sini, dan belum ada pula media yang mengulas soal seberapa mewahnya istana ini.

Kalau dipikir-pikir, jika valuasinya sebesar itu jelas istana ini jauh lebih megah ketimbang yang lainnya. Seandainya kamu penasaran coba saja mampir ke sana.

Itulah 10 istana negara termahal sejagat. Situs Love Property juga memasukkan Istana Negara Indonesia lho, akan tetapi istana Presiden RI itu gak masuk dalam 10 besar.

Mungkin lain waktu kita akan bahas soal fakta-fakta Istana Negara RI ya. (Editor: Chaerunnisa)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →