Jadi Dirut PLN, Mari Lihat Kembali Gebrakan Rudiantara Semasa Jadi Menteri

direktur utama pln rudiantara

Tokoh profesional Rudiantara bakal menduduki kursi Direktur Utama PLN. Ia mengisi jabatan yang selama ini ditinggalkan Sofyan Basir karena terseret kasus KPK. Beberapa media telah memberitakan proses pelantikan Rudiantara akan berlangsung Senin (16/12) pekan depan. 

Rudiantara bukanlah sosok yang baru di Indonesia. Pria jebolan Universitas Padjajaran ini pernah menduduki kursi strategis di beberapa perusahaan pelat merah, sampai di pemerintahan.

Karier di BUMN dimulainya di Indosat pada tahun 1996. Perusahaan telekomunikasi itu dulunya masih masuk ke dalam bagian BUMN, sebelum akhirnya dijual sepenuhnya ke pihak swasta. 

Pria yang akrab disapa Chief RA itu bekerja di Indosat hingga mencapai jabatan strategis sebagai General Manager Business Development. 

Setelah dari Indosat, Chief RA juga pernah bekerja di XL dan Telkom dengan posisi Chief Operation Officer. Karena kinerjanya yang apik, ia bahkan diangkat sebagai dewan komisaris di Telkom. 

Soal pengalamannya di perusahaan energi sudah gak perlu diragukan lagi. Pada tahun 2008-2009, ia pernah menjabat sebagai Wakil Direktur PLN. Meski hanya setahun menjabat, prestasi terbesarnya adalah berhasil mengumpulkan dana untuk megaproyek pembangunan listrik 10 ribu megawatt. 

Di tahun 2014, Presiden Jokowi meliriknya untuk mengisi posisi Menteri Komunikasi dan Informatika. Rudiantara berhasil menjalankan tugasnya dengan sangat baik selama lima tahun penuh. 

Menarik rasanya membahas tentang gebrakan-gebrakan yang dilakukan pria kelahiran 1959 ini selama menjabat sebagai menteri. Berikut ini rangkumannya. 

Baca juga: Ditunjuk Jadi Dirut PLN, Rudiantara Eks Menkominfo Miliki Mercedes-Benz dan Kekayaan Rp 106 Miliar

1. Membangkitkan wacana Palapa Ring 

direktur utama pln rudiantara
Serah terima jabatan menteri Kominfo kepada Johny G. Plate. (Twitter/@rudiantara_id)

Proyek Palapa Ring bukanlah proyek yang baru dirancang semasa Menteri Rudiantara, melainkan sudah ada sejak tahun 2007. Proyek ini berupa pemasangan serat optik di seluruh wilayah Indonesia. Tujuannya tentu saja untuk menyediakan layanan internet yang merata ke seluruh daerah, bahkan sampai yang terpencil. 

Proyek ini sempat mandek, tapi di tahun 2015, kembali dilanjut dengan tiga paket pengerjaan, Palapa Ring Barat, Tengah, dan Timur. 

Palapa Ring Timur yang pembangunannya paling lama karena medan geografis, akhirnya berhasil selesai dan dapat beroperasi. Peresmiannya dilakukan pada tanggal 14 Oktober lalu oleh Presiden Jokowi. 

Baca juga: Hati-Hati, Handphone Ilegal Bakal Segera di Blokir

2. Meluncurkan gerakan 1000 startup 

direktur utama pln rudiantara
Dalam Sidang International Telecommunication Union di Dubai. (Twitter/@rudiantara_id)

Calon Direktur Utama PLN ini menjabat di era perusahaan rintisan mulai menjamur. Menanggapi trend ini, Rudiantara kemudian justru membuat wadah bagi startup-startup untuk berkembang, melalui Gerakan 1000 Startup. 

Gerakan ini hadir dalam bentuk pelatihan dan pembinaan terhadap perusahaan rintisan berbasis digital di berbagai kota di Indonesia. Selain itu, Menkominfo juga memberikan banyak fasilitas pendukung di antaranya adalah co-working space yang bisa digunakan secara gratis. 

Hingga kini jumlah pendaftarnya sudah mencapai lebih dari 4.000 perusahaan rintisan. 

Baca juga: Pemerintah Batasi Fitur-Fitur Media Sosial, Ini Alasannya

3. Blokir akses internet 

direktur utama pln rudiantara
Saat menjadi salah satu pelari pembawa obor Asian Games 2018. (Twitter/@rudiantara_id)

Kalau gebrakan yang satu ini justru menimbulkan polemik di masyarakat. Beberapa kali melakukan pemblokiran terhadap akses internet di Papua. 

Alasan pemblokiran itu adalah untuk meredam konflik yang sempat terjadi di sana. Menurut pemerintah, hoax yang tersebar lewat pesan instan maupun media sosial bisa memicu konflik menjadi lebih besar lagi. 

Namun sayangnya, upaya baik tersebut dinilai oleh sebagian pihak sebagai langkah yang salah. Pembatasan akses justru dinilai melanggar hak-hak masyarakat untuk mendapatkan informasi. 

4. Blokir ponsel ilegal

direktur utama pln rudiantara
Bersama Mendagri dan Komunikasi Jepang Masatoshi Ishida. (Twitter/@rudiantara_id)

Di penghujung masa jabatannya sebagai Menkominfo, Rudiantara kemudian mengeluarkan kebijakan untuk memblokir ponsel ilegal atau black market. Cara mengidentifikasinya dengan menggunakan IMEI atau nomor unik khusus setiap ponsel. Apabila IMEI tidak terdaftar di website Menkominfo, berarti ponsel tersebut ilegal dan berpotensi untuk diblokir. 

Ketika ponsel diblokir, otomatis perangkat tersebut tidak bisa digunakan untuk berkomunikasi atau terhubung dengan jaringan internet. 

Tujuan dari kebijakan ini adalah untuk melindungi industri pasar telekomunikasi di Indonesia. Peraturan telah disahkan pada Oktober 2019 lalu. 

Itulah empat gebrakan yang pernah dilakukan Rudiantara selama menjabat sebagai Menkominfo. Semoga saja ketika ia menduduki jabatan Direktur Utama PLN, bisa meningkatkan kinerja perusahaan dan juga mewujudkan ketersediaan listrik bagi seluruh rakyat Indonesia. (Editor: Ruben Setiawan)

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →