Jadi E-Commerce Muslim Terbesar! Ini Cerita Diajeng Lestari Besarkan Hijup

Diajeng Lestari (instagram @diajenglestari)

Hijup menjadi salah satu e-commerce fashion muslim yang kini sedang digandrungi para wanita.

Berbagai merek desainer kenamaan Tanah Air tumpah ruah di sana, mulai dari Dian Pelangi, Restu Anggraini hingga Barli Asmara.

Di Hijup, kamu bisa melihat koleksi dari pakaian, tas, sepatu, kosmetik, aksesoris busana muslim, serta berbagai busana pria yang trendy banget.

Untuk harganya pun terbilang murah yaitu mulai dari Rp 40 ribu hingga Rp 2 juta. Soal kualitas juga tak perlu diragukan lagi, karena kebanyakan yang dijual pun buatan desainer terkenal di Indonesia.

Kesuksesan Hijup tak lepas dari perjuangan dan kerja keras sang pendiri, Diajeng Lestari. Ketekunannya dalam membangun dan mengembangkan Hijup, membuat perusahaan tersebut menjadi ‘raksasa’ yang layak diperhitungkan.

Kali ini MoneySmart mau mengajak kamu buat menyimak lebih detail sosok Diajeng Lestari yang sangat inspiratif. Hmm, para ibu rumah tangga, yuk ikutan baca!

Mengenal sosok Diajeng Lestari dibalik kesuksesan Hijup

View this post on Instagram

Bersedekah bisa kita lakukan dgn bermacam cara. Salah satunya dgn senyum 😊 yang merupakan anjuran dari Rasullah SAW. Terlebih melakukannya tidak membutuhkan effort yang banyak 😊💫 Dari Abu Dzarr ra dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Senyummu kepada saudaramu merupakan sedekah, engkau memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari kemungkaran juga sedekah, engkau menunjukkan jalan kepada orang yang tersesat juga sedekah, engkau menuntun orang yang berpenglihatan kabur juga sedekah, menyingkirkan batu, duri, dan tulang dari jalan merupakan sedekah, dan engkau menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu juga sedekah.” (HR. Tirmidzi). "Caruban" Exclusive Scarf 🧕🏻 Ria Miranda X HIJUP available @hijup and HIJUP store. #lookgood #feelgood #dogood

A post shared by Diajeng Lestari (@diajenglestari) on

Wanita kelahiran 17 Januari 1986 ini sebelumnya tak pernah membayangkan dirinya akan menjadi seorang pengusaha sukses dengan mendirikan Hijup.com.

Pasalnya, sebelumnya ia merupakan seorang karyawan swasta di salah satu perusahaan ternama di Jakarta.

Namun, bisnis sebenarnya sudah menjadi hal yang tak asing lagi untuk Ajeng. Pasalnya, sejak kecil, Ajeng sudah diperkenalkan mengenai berbagai jenis penjualan. Bahkan, ia sering diajak ke berbagai bazar oleh sang ibu yang tak lain adalah seorang wirausahawan.

Jadi, tanpa disadari jiwa berbisnis sudah terbentuk sejak ia kecil. Bahkan sejak duduk di bangku sekolah dasar, wanita yang kini berusia 32 tahun ini sudah mulai membuat kerajinan tangan yang kemudian dijual ke teman-temannya.

Gak disangka, ternyata banyak teman-temannya yang menyukai kerajinan tangan buatan ibu tiga orang anak ini.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Dari sana, Ajeng mulai merasakan enaknya mendapatkan uang dari hasil kerja kerasnya. Namun, hal tersebut tak serta merta membuat Ajeng langsung ingin membangun bisnis.

Keinginannya terjun ke dunia bisnis justru tumbuh saat ia bekerja dan mulai mengetahui berbagai aspek tentang kreativitas masyarakat Indonesia. Hal itu ia pelajari selama bekerja di sejumlah perusahaan yang berfokus di bidang marketing research.

Alasan memilih jualan fashion muslim

Beberapa tahun yang lalu dunia fashion muslim belum berkembang dan tumbuh pesat seperti saat ini. Banyak orang yang merasa kesulitan mencari busana muslim yang kekinian dan trendy.

Gak heran kalau dahulu, gak sedikit orang yang beranggapan kalau busana muslim itu identik dengan sesuatu yang kuno dan “ibu-ibu banget”. Hal itu juga dialami oleh Ajeng yang mengalami kesulitan mendapatkan busana muslim kekinian. Pasalnya saat itu, perusahaan tempatnya bekerja menuntutnya untuk tampil fashionable, bersih dan rapi mengenakan hijab.

Sebenarnya di tahun itu sudah banyak brand-brand fashion muslimah terkenal yang mengeluarkan produk-produk kekinian, contohnya saja Dian Pelangi. Namun, kala itu produk jualannya belum tersistem dengan baik sehingga banyak orang yang masih kebingungan untuk membelinya.

Hal itulah yang membuat Ajeng tertarik dan berkeinginan membuat sebuah platform untuk tempat berjualan para desainer. Tujuannya, agar masyarakat dapat dengan mudah membeli produk dari desainer idolanya.

Gak cuma itu, Ajeng juga memiliki keinginan untuk membuat produk fashion muslim yang lengkap dan eksklusif. Jadi, para konsumen tak hanya dapat membeli pakaian muslim tapi juga produk fashion lainnya.

Berdirinya Hijup.com

https://www.instagram.com/p/BibC4wWgNH3/?hl=en&taken-by=diajenglestari

Di tahun 2011, Ajeng memutuskan untuk berhenti dari pekerjaannya dan mulai fokus membangun serta membesarkan Hijup.

Keinginan Ajeng itu pun didukung oleh orang-orang terdekat terutama sang suami yang tak lain adalah pendiri dari e-commerce Bukalapak, Achmad Zaky.

Selain dukungan moril, Ajeng juga dibantu dalam hal teknis seperti pembuatan website serta pendukung lainnya di dunia digital.

Agen Asuransi Mitra Lifepal
Agen Asuransi Mitra Lifepal

Namun, ada hal yang lebih berat lagi dari itu. Ajeng harus mendirikan Hijup seorang diri. Ia pun harus merangkap sebagai Direktur, Manager hingga office girl.

Selain itu, Ajeng juga harus menerima tekanan batin karena bisnisnya sempat dipandang sebelah mata dan dianggap remeh oleh banyak orang.

Akan tetapi, hal tersebut tak membuatnya menyerah dan mundur. Ia terus berjuang dan berusaha keras karena ia yakin kalau bisnis yang dijalaninya ini akan berhasil dan sukses.

Hal yang diyakini oleh Ajeng pun menjadi kenyataan. Kini Hijup menjadi salah satu e-commerce fashion muslim terbesar di Indonesia.

Bahkan setiap tahunnya, Hijup terus berkembang, kuat dan terkenal di berbagai negara. Salah satu contohnya, Hijup sukses mengirim beberapa koleksinya ke 50 negara di dunia.

Selain itu, semakin banyak pula tenant yang menawarkan produknya untuk dijual di Hijup dan semakin tinggi juga animo masyarakat yang berbelanja di situsnya.

Gak cuma itu, Hijup juga membuat gebrakan dengan tampil di London Fashion Week 2018 yang bertempat di Victoria House, Bloomsbury London pada 17-18 Februari 2018 silam.

Wah, salut banget ya sama Diajeng Lestari ini. Masih muda tapi udah sukses membangun sebuah perusahaan hingga menjadi raksasa seperti sekarang ini.

Siapa yang terinspirasi dari kisah ini? Yuk, mulai bangun bisnismu sendiri dari sekarang. Eits.. tapi perlu dipertimbangkan dengan matang juga ya. Jangan tergesa-gesa yang akhirnya bikin kamu susah sendiri nantinya.

Marketplace Asuransi #1 Indonesia
Jaminan termurah sesuai anggaran Layanan gratis dari beli hingga klaim Proses praktis, polis langsung terbit Pilihan polis dari 50 asuransi terpercaya
Lihat Penawaran Promo →